5 Kesalahan yang Harus Cowok Hindari Saat Merawat Rambutnya

Salah satunya, terlalu sering keramas

Sebagai cowok, rambut juga aset yang berharga. Penampilan yang maksimal juga didukung dengan tatanan rambut yang baik dan sesuai dengan karakter diri maupun momen yang akan dihadapi. 

Namun, cowok juga seringkali melakukan beberapa kesalahan dalam merawat rambutnya. Apa saja kesalahan yang mesti dihindari oleh kaum adam?

Yuk, simak ulasan berikut!

1. Gaya potong rambut yang tidak sesuai dengan bentuk wajah

5 Kesalahan yang Harus Cowok Hindari Saat Merawat Rambutnyapixabay/FreePhotos

Gaya rambut dengan bentuk wajah tidak sesuai. Itulah kesalahan yang cukup sering kita temukan. Kamu harus pintar-pintar memilih gaya potong rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu. Tidak semua style pasti cocok. 

Jidat lebar tidak cocok bergaya rambut spiky jika tanpa poni. Model undercut juga tidak cocok untuk wajah persegi. Itu sebabnya, kamu harus berkonsultasi dengan ahlinya. Bisa lewat video ataupun pakar rambut. 

2. Aplikasi produk saat rambut masih basah

5 Kesalahan yang Harus Cowok Hindari Saat Merawat Rambutnyapixabay/SJJP

Selanjutnya, hindari penggunaan produk rambut untuk rambut yang masih basah. Sangat beralasan karena semua produk tersebut dikhususkan untuk rambut dalam kondisi kering.

Apa dampaknya? Produk rambut tersebut akan mudah jatuh ke dasar atau kulit kepala sehingga fungsinya tidak tepat. Sebelum apply produknya, keringkan rambutmu dengan handuk atau hairdryer terlebih dahulu. 

Baca Juga: 6 Panduan Keramas yang Efektif untuk Rambut Cowok, Catat Bro!

3. Terlalu sering keramas

5 Kesalahan yang Harus Cowok Hindari Saat Merawat Rambutnyapixabay/OlichelAdamovich

Jangan terlalu keras menggosok rambut dan juga jangan terlalu sering keramas. Sebab, rambut sangat sensitif. Dampak buruknya, rambutmu akan mudah terkikis. Cukup 1 kali sehari untuk jadwal rutin keramasmu. 

4. Menggunakan semua produk rambut dalam sekali pakai

5 Kesalahan yang Harus Cowok Hindari Saat Merawat Rambutnyapixabay/Pexels

Berlebihan itu tidak baik, termasuk untuk urusan rambutmu, Bro! Hindari penggunaan banyak produk dalam sekali pakai untuk rambutmu. Selain membuatnya kaku layaknya sapu ijuk, rambut juga akan mudah rontok dan rusak. Kamu juga akan terkesan boros jika menggunakan semuanya sekaligus. 

5. Sembarangan dalam penggunaan produk rambut tanpa mempertimbangkan kesesuaiannya

5 Kesalahan yang Harus Cowok Hindari Saat Merawat Rambutnyapixabay/hipsterpomadeit

Tidak kalah pentingnya adalah memilih produk rambut yang sesuai dengan kebutuhanmu, bukan asal pakai. Produk rambut yang begitu banyak mulai dari wax, clay, oil base pomade, water base pomade hingga hair spray. Setiap produk tersebut punya peran berbeda.

Jangan gunakan pomade untuk rambut spiky karena akan membuatnya terus mekar sepanjang hayat. Begitu juga dengan model rambut lainnya. Perhatikan gaya rambutmu agar penampilan tetap enak dipandang. 

Nah, itulah kesalahan-kesalahan dalam memperlakukan rambut yang perlu kamu hindari, Bro! Selamat merawat rambut dengan benar!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambutmu Rusak Bro, Duh Serem!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You