Comscore Tracker

6 Kebiasaan Ini Buat Rambut Pria Rontok Semakin Parah Seiring Usia

Hindari ya...

Kerontokan rambut menjadi masalah yang melanda baik pada pria maupun wanita, dan khususnya pada pria, kerontokan parah hingga kebotakan lebih sering dijumpai ketika usia sudah mulai menua. Kerontokan yang terjadi kerena pengaruh usia pada pria adalah akibat respon tubuh terhadap meningkatnya hormon DHT (Dihidrotestosteron) yang muncul seiring bertambahnya usia.

Namun ternyata selain itu ada banyak hal semasa muda yang juga ikut mempengaruhi semakin parahnya kerontokan rambut yang dialami pria seiring usia. Maka untuk mencegah kepalamu botak, hindari dari sekarang ya.

1. Stres berlebihan

6 Kebiasaan Ini Buat Rambut Pria Rontok Semakin Parah Seiring Usiapixabay.com/davivqr

Stres memang merupakan sumber dari banyak penyakit, bukan hanya akan mempengaruhi jiwa, namun juga tentu saja kesehatan tubuh termasuk juga kesehatan dan kekuatan rambut. Stres berperan besar dalam peran penyebab kerontokan rambut. Daniel K. Hall-Flavin, M.D, psikiater dari Mayo Clinic mengatakan ada 3 kondisi kerontoak rambut yang disebabkan oleh stres yaitu Alopecia areata, yaitu kerontokan yang terbatas pada area tertentu, Telogen effluvium yang menyebabkan rambut berada pada fase istirahat dari tumbuh dan Trikotilomania adalah kondisi dimana memiliki kecenderungan jiwa untuk terus menarik-narik rambutnya.

Dan yang cukup banyak kita temui pada pria adalah Alopecia areata, kondisi ini terjadi karena sel darah putih menyerang folikel rambut pada area tertentu, sehingga menghentikan kemampuan rambut untuk tumbuh dan kemudian menjadi rontok.

2. Pola hidup dan makan yang tak sehat

6 Kebiasaan Ini Buat Rambut Pria Rontok Semakin Parah Seiring Usiapixabay.com/pexels

Keseimbangan nutrisi pada tubuh dibutuhkan untuk membuat rambut sehat dan kuat, namun jika ini tidak diperhatikan makanan-makanan dengan gizi yang rendah selain hanya akan menumpuk lemak dan menyebabkan banyak penyakit juga membuat rambut anda kekurangan nutrisi dan kemudian melemah hingga rontok. Penting untuk memperhatikan kandungan gizi seperti protein dan zat besi dari makanan untuk senantiasa mendapatkan rambut yang sehat dan terawat.

3. Penataan rambut berlebihan

6 Kebiasaan Ini Buat Rambut Pria Rontok Semakin Parah Seiring Usiagofundme.com/hairgodzito

Penataan rambut dan penggunaan bahan-bahan kimia yang kelewat sering juga akan menimbulkan dampak jangka panjang yang kurang baik, penggunaan gel dan wax rambut yang terlampau sering dan lama akan menyebabkan bertumpuknya lapisan sebum pada kulit kepala sehingga menyebabkan pori-pori kulit kepala tertutup dan menimbulkan malnutrisi folikel rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok, mulai menipis dan sulit tumbuh.

4. Menyisir rambut saat basah

6 Kebiasaan Ini Buat Rambut Pria Rontok Semakin Parah Seiring Usiapouted.com

Kebiasaan menyisir rambut saat masih dalam keadaan basah akan menyebabkan kekuatan rambut melemah sehingga rambut akan lebih mudah patah dan rontok, sebaiknya setelah keramas keringkan rambut dengan handuk, tetapi jangan digosok-gosok terlalu keras, tekan-tekan lembut handuk pada rambut dan biarkan dulu rambut hingga kering. Dan terlalu sering keramas juga sebetulnya tidak baik karena dapat menghilangkan minyak alami pada rambut, sebaiknya lakukan keramas 2-3 hari sekali saja.  

5. Diet yang salah

6 Kebiasaan Ini Buat Rambut Pria Rontok Semakin Parah Seiring Usiamedicalnewstoday.com

Diet juga bisa menjadi salahsatu penyebab rambut rontok, secara umum banyak terjadi pada pria yang menjalani diet protein, seperti para vegan dan vegetarian. protein dan zat besi yang kurang didapatkan tubuh dapat melemahkan struktur dan kekuatan rambut dan akan menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Oleh karena itu jika anda seorang vegan atau vegetarian penting untuk menggantikan asupan protein dan zat besi yang tak bisa anda dapatkan dari produk hewani. Seperti konsumsi alpukat, kurma dan bayam yang mengandung protein dan zat besi yang tinggi.

6. Merokok

6 Kebiasaan Ini Buat Rambut Pria Rontok Semakin Parah Seiring Usiapixabay.com/geralt

Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh termasuk juga salah satunya adalah kerontokan rambut. Meski tak tertulis di bungkusnya, pada faktanya merokok dapat menghambat sirkulasi darah sehingga menjadi tidak lancar dan menyebabkan pasokannya yang menuju folikel rambut juga berkurang sehingga rambut akan mudah mengalami kerontokan dan pertumbuhan rambut menjadi terhambat.

Baca Juga: 7 Kebiasaan di Toilet Ini Dapat Berdampak Buruk bagi Kesehatan loh!

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya