Comscore Tracker

5 Bahan Alami untuk Obati Iritasi Akibat Pisau Cukur, Cobain Bro!

Bahan-bahannya mudah ditemui

Saat mencukur berewok, kumis, atau jenggot, dengan menggunakan pisau cukur jika tidak hati-hati kamu bisa terkena iritasi ketika mencukur. Dengan begitu kulit wajah akan terluka dan menjadi sensitif jika terkena sentuhan apa pun.

Untuk mengobati iritasi akibat mencukur, mungkin kamu akan menggunakan produk buatan untuk mengatasinya. Tetapi, ternyata kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk mengobati iritasi akibat mencukur, lho!

Bahan-bahan alami ini juga bisa dengan mudah kamu temukan di dapur rumahmu. Nah, berikut ini lima bahan alami yang bisa obati iritasi akibat pisau cukur. Untuk lengkapnya, simak ulasan ini ya, Bro!

1. Lemon

5 Bahan Alami untuk Obati Iritasi Akibat Pisau Cukur, Cobain Bro!Lemon (pexels.com/Sarah Chai)

Selain dipakai untuk bahan makanan dan minuman, ternyata bisa digunakan untuk pengobatan. Lemon diketahui mampu untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi bila memakai pisau cukur.

Cara penggunannya pun cukup mudah, dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian kemudian peras airnya ke dalam mangkuk, lalu oleskan ke area yang terkena iritasi. Kamu cukup biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

2. Madu

5 Bahan Alami untuk Obati Iritasi Akibat Pisau Cukur, Cobain Bro!Madu (unsplash.com/Arwin Neil Baichoo)

Bahan alami ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di dapur rumahmu. Madu memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba pada madu yang diakui secara ilmiah mampu bekerja dengan baik untuk mengurangi iritasi lebih lanjut.

Ternyata madu sudah digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka dan masalah kulit sejak berabad-abad silam. Selain untuk pengobatan, madu juga bagus untuk menjaga kelembapan kulit dan mengurangi peradangan atau pembengkakan pada area kulit yang sakit.

Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu secara perlahan pada area iritasi, lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian, kamu tinggal bilas dengan air hangat.

3. Tea tree oil

5 Bahan Alami untuk Obati Iritasi Akibat Pisau Cukur, Cobain Bro!Ilustrasi tea tree oil (unsplash.com/Christin Hume)

Tea tree oil merupakan salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan iritasi akibat pisau cukur. Minyak ini kaya akan sifat anti bakteri, anti septik, dan anti inflamasi sehingga merupakan salah satu solusi terbaik dalam menangani kulit iritasi karena pisau cukur.

Ambil lima tetes tea tree oil  dalam dua sendok makan. Lalu, oleskan pada bagian area kulit yang iritasi. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan ir hangat. Kamu bisa menerapkannya sehari dua kali sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 7 Cara Cukur Jenggot yang Aman untuk Pria Berjerawat, Jadi Makin Pede!

4. Es batu

5 Bahan Alami untuk Obati Iritasi Akibat Pisau Cukur, Cobain Bro!Ilustrasi es batu (unsplash.com/Scott Rodgerson)

Cara mengobati iritasi akibat pisau cukur selanjutnya bisa dengan menggunakan es batu. Mengompres dengan es batu atau air dingin adalah salah satu cara yang sangat mudah namun sangat efektif untuk mengatasi luka akibat pisau cukur.

Cara memakainya dengan membungkus es batu dengan handuk tipis. Kemudian, letakkan handuk pada area iritasi selama 3-5 menit. Kamu juga bisa meredam handuk dengan air dingin, dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

5. Lidah buaya

5 Bahan Alami untuk Obati Iritasi Akibat Pisau Cukur, Cobain Bro!Lidah buaya (pexels.com/Cintia Siqueira)

Bahan alami ini juga bisa untuk mengobati luka iritasi karena pisau cukur. Lidah buaya bisa menghilangkan iritasi setelah mencukur karena sifat anti bakteri dan anti peradangannya.

Untuk mengobati luka akibat pisau cukur, kamu cukup mengoleskan tipis-tipis kandungan gel lidah buaya ke area yang luka. Nah, itulah lima bahan alami untuk obati iritasi akibat pisau cukur. Kamu bisa mencoba salah satu bahan alami ini untuk mengobati luka iritasi. Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Pria Terbaik, Praktis dan Anti Ribet!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya