Comscore Tracker

5 Kesalahan Pria yang Bisa Menyebabkan Kebotakan, Wajib Dihindari!

Jangan sampai kamu melakukannya lagi

Memiliki rambut yang sehat dan terawat akan membuat penampilan seorang pria terkesan rapi dan lebih percaya diri. Tapi, jika ingin memiliki rambut yang bagus kamu perlu melakukan perawatan yang benar dan menghindari beberapa kebiasaan buruk.

Pasalnya, kebanyakan pria secara tidak sadar sering melakukan kebiasaan buruk ini. Padahal, kebiasaan buruk ini akan merusak kualitas rambut, salah satunya bisa menyebabkan kebotakan. Nah, berikut ini lima kesalahan yang pria lakukan tanpa sadar bisa menyebabkan kebotakan. Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Jarang keramas

5 Kesalahan Pria yang Bisa Menyebabkan Kebotakan, Wajib Dihindari!Ilustrasi pria keramas (pexels.com/Scandinavian Biolab)

Buat kamu yang jarang keramas, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini. Jarang keramas bisa membuat jamur tumbuh subur pada kulit kepala sehingga membuat rambut lebih mudah rontok. Selain itu, jamur yang menumpuk pada kulit kepala juga dapat menyumbat folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut pun terhambat.

Tapi, terlalu sering keramas juga tidak baik untuk kesehatan rambut itu sendiri. Sebab,
dapat menurunkan produksi minyak alami pada rambut. Kemudian rambut pun akan menjadi kering dan lebih mudah rontok. Oleh sebab itu, cukup keramas satu kali sehari saja, tidak perlu keramas setiap kamu mandi.

2. Menggunakan air panas saat mandi dan keramas

5 Kesalahan Pria yang Bisa Menyebabkan Kebotakan, Wajib Dihindari!Ilustrasi air panas (unsplash.com/Nicole Queiroz)

Mungkin saat kamu mandi air panas bisa menghangatkan badan, tetapi penggunaan air panas itu sendiri bisa menurunkan produk minyak alami rambut sekaligus membuat kulit dan pori -pori kepala menjadi kering. Sehingga akan menyebabkan kerusakan pada akar rambut.

Rusaknya akar rambut akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh, sehingga rambut jadi lebih mudah patah dan rontok. Maka dari itu, usahakan jangan terlalu sering mandi dan keramas dengan memakai air panas. Kalau terpaksa mandi menggunakan air panas, cukup guyur air panas pada bagian badan saja, gunakan air biasa pada kepala.

Saat rambut dalam keadaan basah, kutikula rambut akan membesar sehingga lebih memungkinan rambut patah dan rontok. Sehingga, berhati-hatilah saat mengeringkan dan menyisir rambut setelah mandi atau keramas.

3. Melakukan program diet yang salah

5 Kesalahan Pria yang Bisa Menyebabkan Kebotakan, Wajib Dihindari!Ilustrasi makanan diet (unsplash.com/Brooke Lark)

Menjalani program diet yang salah akan membuat tubuhmu kekurangan nutrisi-nutrisi penting, salah satunya protein. Jika tubuh kekurangan protein, tubuh akan mengambil protein yang ada pada rambut. Hal ini akan membuat rambutmu menjadi rontok dan menipis, Bro!

Meskipun kamu sedang menjalani program diet, tetaplah menghitung dan penuhi asupan gizi yang kamu butuhkan setiap harinya. Makanan yang kaya akan protein seperti ikan, kacang- kacangan akan menjaga rambutmu tetap tebal serta terhindar dari masalah kerontokan rambut.

Baca Juga: 5 Produk Perawatan Rambut yang Wajib Dimiliki Pria, Catat! 

4. Merokok

5 Kesalahan Pria yang Bisa Menyebabkan Kebotakan, Wajib Dihindari!Ilustrasi pria merokok (unsplash.com/Luka Malic)

Selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan
kerontokan pada rambut. Hal ini disebabkan karena pada saat merokok sirkuslasi pada
pembuluh darah menjadi tidak lancar.

Maka produksi darah yang menuju folikel rambut menjadi terhambat. Oleh sebab itu, usahakan untuk kurangi merokok dan bila perlu berhenti total.

5. Stres berlebihan

5 Kesalahan Pria yang Bisa Menyebabkan Kebotakan, Wajib Dihindari!Ilustrasi pria stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Stres yang berlebih bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Biasanya rambut akan mulai rontok dan menipis saat kamu mengalami tekanan yang berlebihan. Pada saat pria mengalami stres, produksi hormon pun akan meningkat, terutama hormon testosteron dan dehidrotestoteron.

Kedua hormon ini akan meresap ke batang rambut dan menyebabkan penipisan. Kemudian, rambut menjadi rusak dan rontok, bahkan bisa menyebabkan kebotakan permanen pada kepala.

Nah, itulah lima kesalahan yang pria lakukan tanpa sadar bisa menyebabkan kebotakan. Maka demi kesehatan tubuh, hindarilah lima kebiasaan buruk tadi supaya kamu memiliki rambut yang bagus dan gak mudah rontok.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kebotakan Bagi Pria di Usia Muda, Perhatikan!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya