Comscore Tracker

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!

Yang sering pakai pomade wajib baca, ya!

Biasanya kebanyakan cowok memakai pomade untuk menambah gaya pada rambut. Karena rambut adalah salah satu bagian tubuh selain wajah yang dilihat pertama kali oleh orang lain.

Namun, dibalik penggunaan pomade juga memiliki efek samping bagi kesehatan rambut lho. Misalnya menyebabkan rambut rontok, ketombean, bahkan bisa membuat wajah kamu jadi jerawatan.

Untuk itu, butuh penanganan yang baik dalam memakai pomade agar tidak terjadi kerusakan pada rambut. Nah, berikut ini tujuh tips merawat rambut untuk kamu pemakai pomade. Mau tau tipsnya? Scroll sampai bawah!

1. Pakai jenis pomade yang tepat

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!Ilustrasi merawat rambut pengguna pomade (pexels.com/Ron Lach)

Pemilihan jenis pomade tidak boleh asal-asalan. Karena itu dapat berpengaruh pada kulit kesehatan rambut kamu. Ada dua jenis pomade yang perlu kamu ketahui. 

Pertama ada oil base pomade untuk memberikan minyak tambahan pada kulit kepala dan water based pomade yang cenderung lebih aman dipakai untuk kamu yang dari sananya sudah punya banyak minyak di wajah maupun rambut.

2. Pakai sampo pembersih pomade

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!Ilustrasi merawat rambut pengguna pomade (pexels.com/Scandinavian Biolabs)

Jika kamu pikir cukup keramas dengan sampo biasa untuk rambut yang diberi pomade, itu salah. Karena, kalau pakai sampo biasa kamu berpotensi mengalami beberapa efek samping di atas. Selain itu, penggunaan sampo biasa akan sulit menghilangkan sisa-sisa minyak pomade pada kulit kepala.

Buat kamu pemakai oil based pomade, disarankan untuk keramas memakai sampo khusus menghilangkan pomade di rambut. Biasanya ada tulisan 'deep cleansing' sampo yang khusus untuk menghilangkan pomade. 

3. Pakai conditioner rambut

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!Ilustrasi conditioner (pexels.com/Sarah Chai)

Untuk yang mempunyai tipe rambut kering, conditioner sangat pas untuk dipakai supaya meningkatkan kelembapan rambut. Buat yang belum tahu, sampo dan conditioner adalah dua hal yang berbeda walaupun pemakaiannya sama-sama keramas.

Sampo digunakan untuk membersihkan rambut dari kotoran dan menjaga kesehatan rambut. Sedangkan conditioner digunakan untuk melembutkan rambut dan menjaga rambut tetap lembap. Kalau kamu pakai pomade, gak ada salahnya untuk pakai conditioner setelah keramas dengan shampo supaya menjaga rambut tetap halus.

Baca Juga: 5 Tips Memilih dan Menggunakan Pomade untuk Cowok Rambut Tipis

4. Pakai hair mask

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!Ilustrasi merawat rambut pengguna pomade (pexels.comMídia)

Selain cewek, para cowok juga bisa melakukan perawatan rambut dengan hair mask. Cowok bisa melakukannya, apalagi jika memakai pomade setiap hari.

Pemakaian hair mask, atau bisa juga dengan melakukan creambath di salon, bertujuan untuk mencegah rambut agar tidak rusak. Kamu bisa melakukan perawatan ini cukup sebulan sekali bro.

5. Istirahatkan rambut

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!Ilustrasi merawat rambut pengguna pomade (unsplash.com/Arrul lin)

Kamu bisa mengistirahatkan pemakain pomade sebentar saja. Jika kamu memakai pomade hampir tiap hari, maka tanggalkan satu hari per minggu untuk tidak memakai pomade sama sekali.

Selama rambut diberi istirahat, kamu bisa melakukan beberapa perawatan rambut seperti hal-hal di atas. Misalnya kamu memakai minyak zaitun atau produk perawatan rambut lainnya sebelum keramas.

6. Makan sehat teratur

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!Ilustrasi makanan sehat (unsplash.com/Louis Hansel)

Cukup makan teratur, rambut kamu akan terawat dengan sendirinya. Tapi dengan catatan gaya hidup juga diperhatikan, karena kesehatan rambut sangat berpengaruh dari gaya hidup yang kita lakukan.

Banyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dan K, seperti sayur-sayuran hijau, susu dan daun bawang. Selain makan, kamu juga harus terapkan gaya hidup sehat seperti tidur yang cukup dan olahraga.

7. Bersihkan pomade sebelum tidur

7 Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade, Biar Tetap Sehat!Ilustrasi tidur (pixabay.com/Olichel)

Setelah beraktivitas seharian biasanya badan ingin cepat-cepat istirahat. Tapi sebelum istirahat, untuk kamu pengguna pomade dianjurkan untuk membersihkan pomade pada rambut terlebih dulu. Karena pomade jenis apapun akan menempel pada kulit kepala saat kamu tidur, dan akan menyebabkan ketombe.

Jika kamu memakai pomade, pastikan kamu keramas dengan membersihkan sisa-sisa pomade yang ada di kepalamu dengan benar. Biasanya water-based pomade lebih mudah dibersihkan daripada oil-based pomade, tapi disarankan kamu tetap memakai sampo khusus membersihkan rambut.

Itulah ketujuh tips merawat rambut untuk kamu yang memakai pomade setiap hari. Ikuti tips-tipsnya dengan benar supaya kesehatan rambut kamu tetap terjaga dan hasilnya maksimal. Jadi jangan salah lagi, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pomade yang Tepat Sesuai Jenis Rambut

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya