Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pacaran dengan Wanita yang Lebih Tua

Tidak ada salahnya mencoba

Ada pepatah yang mengatakan bahwa usia hanyalah angka. Benar, usia memang seharusnya tidak menjadi penghalang bagi cinta sejati. Karena itulah, banyak sekali bermunculan pasangan lintas generasi saat ini seperti pria yang pacaran dengan wanita yang jauh lebih tua, atau sebaliknya.

Jika kamu seorang pria muda yang jatuh cinta pada wanita yang jauh lebih tua, itu bukan kesalahanmu. Tidak ada salahnya kamu mencoba memperjuangkannya, akan tetapi kamu perlu mempertimbangkan 5 hal berikut ini sebelum memutuskan pacaran dengan wanita yang lebih tua.

1. Gaya hidup yang berbeda

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pacaran dengan Wanita yang Lebih Tuapixabay.com/Pexels

Ketika kamu ingin memiliki hubungan spesial dengan wanita yang lebih tua, penting untuk menyadari bahwa kamu dan dia kemungkinan memiliki gaya hidup yang sangat berbeda. Apalagi jika kamu masih dalam tahap membangun karier atau masih tinggal bersama orangtua, sementara dia sudah lebih mandiri atau bahkan sudah pernah berkeluarga. 

Kamu mungkin akan kesulitan dengan perbedaan gaya hidup tersebut. Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu bagaimana gaya hidupnya. Jika kamu yakin bisa menerimanya dan tidak akan muncul konflik di kemudian hari, maka tidak ada salahnya menyatakan perasaan.

2. Tantangan dalam keluarga

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pacaran dengan Wanita yang Lebih Tuapixabay.com/Olessya

Kamu pasti tahu bahwa banyak di antara pasangan lintas generasi yang bermasalah soal keluarga. Entah itu tidak mendapat restu orang tua atau pun masalah lainnya. Kamu perlu mempertimbangkan ini sebelum mulai menjalin hubungan.

Bukan hanya soal keluargamu yang mungkin tidak setuju kamu berhubungan dengan wanita yang lebih tua, tapi bisa saja kamu mendapat tantangan dari keluarga si wanita. Apalagi jika dia sudah memiliki anak, maka kamu harus benar-benar punya keseriusan dan tekad yang kuat.

3. Dia mungkin lebih berpengalaman

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pacaran dengan Wanita yang Lebih Tuapixabay.com/Pexels

Usianya yang lebih tua bisa jadi membuat dia memiliki pengalaman yang lebih banyak darimu. Bukan hanya dalam hal percintaan, tapi juga dalam hal lainnya. Wanita yang lebih berpengalaman kedengarannya menyenangkan, tapi kamu juga harus mempertimbangkannya.

Apalagi jika ia memiliki pengalaman buruk dalam percintaan di masa lalu, kamu harus bekerja ekstra untuk meyakinkannya. Keraguan bisa saja datang mengingat kamu lebih muda dan pengalamanmu mungkin tak sebanding dirinya.

Baca Juga: Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan Punya Pasangan yang Lebih Tua

4. Dia mungkin memperlakukanmu seperti adik

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pacaran dengan Wanita yang Lebih Tuapixabay.com/StockSnap

Sadar tidak sadar, wanita yang jauh lebih tua kadang kala memperlakukan pasangannya yang jauh lebih muda seperti seorang adik. Kamu dan dia mungkin sama-sama tidak sadar, tapi biasanya orang lain yang melihat akan menyadarinya. 

Perlakuan tersebut bisa muncul dengan sendirinya. Meski kamu dan dia melakukan hal-hal yang biasa dilakukan pasangan kekasih, tapi akan ada berbagai perlakuan yang membuat kalian terlihat seperti kakak dan adik.

5. Serius atau main-main?

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pacaran dengan Wanita yang Lebih Tuapixabay.com/scottwebb

Tidak mudah menemukan keseriusan dalam hubungan seperti ini. Kamu sendiri harus menanyakan pada dirimu terlebih dahulu, apakah kamu serius atau hanya main-main? Penting untuk memastikan perasaanmu sendiri, baru setelah itu memastikan perasaan dia padamu.

Wanita yang lebih tua mungkin mencari pasangan yang serius, tapi banyak juga yang hanya main-main dengan pria yang lebih muda. Meski demikian, jangan terburu-buru menyimpulkan. Tidak ada salahnya mencoba memastikan apakah dia serius denganmu atau tidak.

Sejatinya, cinta memang tidak mengenal usia, karena itu tidak ada salahnya memperjuangkan wanita yang lebih tua jika kamu benar-benar serius dan merasa sanggup melewati berbagai hal yang mungkin bisa jadi masalah. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Pria Menikahi Perempuan yang Lebih Tua

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You