Comscore Tracker

Bukan Cuma Buat Kondangan, Ini 5 Alasan Cowok Wajib Punya Batik!

#IDNTimesMen bisa bikin OOTD-mu kekinian dan trendi abis Bro

Batik telah dikenal dunia sebagai identitas Indonesia. Selain penting sebagai outfit di acara resmi, karisma sebagai seorang pria ketika menggunakan batik juga jadi berlipat ganda, lho. Pokoknya, bikin penampilan makin keren abis, deh!

Bukan cuma itu aja, ini ada beberapa  alasan lain kenapa kamu wajib punya batik, Bro! Penasaran kan? Simak ulasannya di bawah ini. Baca sampai habis!

1. Bisa digunakan untuk acara formal atau informal 

Bukan Cuma Buat Kondangan, Ini 5 Alasan Cowok Wajib Punya Batik!Ilustrasi batik pria(Unsplash/Adrian Hartanto)

Kalau selama ini kamu hanya berpikir batik cuma bagus dipakai buat kondangan, anggapan itu salah besar. Sebab dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita membutuhkan batik untuk acara semi formal seperti kumpul keluarga atau bahkan ketemu orang istimewa layaknya calon mertua.

Jenis batik yang multifungsi ini biasanya berupa kaus, celana, atau aksesori seperti tas. Karena bagaimanapun juga, pesona batik itu gak pernah salah! 

2. Penampilan jadi lebih berkarisma dan berjiwa nasionalis

Bukan Cuma Buat Kondangan, Ini 5 Alasan Cowok Wajib Punya Batik!Ilustrasi batik pria(Unsplash/Heqi Valiansyah)

Aura cowok yang memakai batik juga berbeda lho. Tanpa kamu sadari, penampilan bakal terlihat lebih karismatik karena batik memberi tingkat kerapian OOTD yang berbeda.

Orang yang melihatnya juga sontak berpikir bahwa kamu adalah tipe orang yang menghargai hal-hal penting dan juga berjiwa nasionalis. Udah gagah, bangga budaya Indonesia juga lagi. Gimana gak keren maksimal nih, Bro?

 3. Ada banyak pilihan batik modern yang bikin OOTD kian trendi 

Bukan Cuma Buat Kondangan, Ini 5 Alasan Cowok Wajib Punya Batik!Ilustrasi batik pria(Unsplash/Drew Graham)

Jangan cuma menganggap batik hanya berjenis kemeja yang kaku dan formal seperti orang tua. Kini para UMKM lokal pun telah berinovasi dan menciptakan batik trendi dalam berbagai pilihan model, seperti jaket, outer, hingga aksesori topi atau tas selempang.

Variasi warna dan motif batik Indonesia juga ada banyak banget, kamu tinggal pilih mana item batik yang sesuai dengan acara atau suasana OOTD yang diinginkan. 

Baca Juga: 9 OOTD Artis Pria dengan Outfit Batik, Gagah Maksimal!

4. Menambah nilai kerapian pada outfit sehari-hari

Bukan Cuma Buat Kondangan, Ini 5 Alasan Cowok Wajib Punya Batik!Ilustrasi batik pria(Unsplash/Isaac Quesada)

Seperti yang sudah disebut tadi, batik memang ampuh mendongkrak nilai rapi dalam penampilanmu. Mau cuek kayak apa pun kalian memilih OOTD, tapi kalau ada batik di dalamnya, pasti hasilnya bakal jadi lebih rapi dan enak dipandang.

Karena itu, batik sebenarnya cocok bagi kamu yang suka tampil praktis dan gak mau ribet sama mix n match yang bikin pusing. 

5. Cocok dipadukan dengan berbagai gaya fashion

Bukan Cuma Buat Kondangan, Ini 5 Alasan Cowok Wajib Punya Batik!Ilustrasi batik pria(Unsplash/Rodolfo Sanches Carvalho)

Mau jadikan batik sebagai outer? Bisa! Mau buat ke acara formal? Bisa! Atau kamu mau santai? Bisa juga! Semua gaya fashion bisa kamu kombinasi dengan model batik yang kekinian. Udah saatnya kita bangga dan mengangkat batik ke era modern agar terus terjaga eksistensinya. Setuju, Bro?

Jadi mulai sekarang kamu gak perlu ragu untuk mengoleksi banyak batik nih, Bro. Karena ternyata bisa kamu mix n match dan gunakan dalam berbagai kesempatan. Pasti berguna dan pastinya tetap trendi!

Baca Juga: Mengenal 5 Motif Batik Khas Jawa Barat, Ada Batik Rancangan Kang Emil

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya