Comscore Tracker

Ini 5 Tips Merawat dan Mencuci Kemeja Flanel, Dijamin Bakal Awet Bro!

Outfit andalan yang paling nyaman buat dipakai ke mana aja!

Kemeja flanel atau yang kini populer dengan nama plaid shirt adalah salah satu fashion item andalan buat para pencinta gaya kasual. Motifnya yang klasik tapi keren, memberi kesan penampilan rapi, tapi tetap stylish. 

Nah, kemeja flanel ternyata juga butuh perawatan khusus lho, agar awet dan warnanya tetap seperti kemeja baru. Penasaran bagaimana caranya merawatnya? Baca artikel di bawah ini.

1. Tambahkan pelembut saat mencuci kemeja flanel

Ini 5 Tips Merawat dan Mencuci Kemeja Flanel, Dijamin Bakal Awet Bro!unsplash.com/Waldemar Brandt

Kemeja flanel umumnya mudah terlihat kusam. Hal ini disebabkan karena bahan katun yang berubah tekstur seiring dengan intensitas pemakaian dan pencuciannya. Biar koleksi kemeja flanel kesayanganmu bisa awet dan tahan lama, saat kamu mencucinya jangan lupa untuk menambahkan pelembut. Dengan begitu bahan kemeja flanel tidak mudah terkikis tipis dan robek.

2. Jangan mengeringkan kemeja flanel terlalu lama 

Ini 5 Tips Merawat dan Mencuci Kemeja Flanel, Dijamin Bakal Awet Bro!Unsplas.com/angelinalitvin

Memiliki bahan yang rentan lapuk, kamu tak boleh mengeringkan kemeja flanel menggunakan pengering mesin cuci dalam waktu yang lama. Perputaran dalam mesin pengering akan membuat kemeja flanel kehilangan kelembapannya. Sehingga, saat kamu jemur bahannya menjadi kaku dan mudah sobek karena kain yang lapuk. 

Jika mencuci kemeja flanel, usahakan untuk menjemurnya dalam keadaan lembap. Jadi, saat pengeringan, bahan kemeja flanel tidak tertarik, sehingga kehilangan bentuk aslinya.

Baca Juga: 9 Inspirasi Padu Padan Kemeja ala Jae DAY6, Keren dan Anti Ribet!

3. Hindari mencuci kemeja flanel dengan air hangat 

Ini 5 Tips Merawat dan Mencuci Kemeja Flanel, Dijamin Bakal Awet Bro!unsplash.com/Waldemar Brandt

Mencuci kemeja flanel dengan air hangat sama saja membuat kemeja kesayanganmu menjadi rusak. Pasalnya, air hangat dapat membuat warna kemeja flanel menjadi pudar dan membuat ukurannya menyusut. Cukup cuci kemeja flanel dengan air bersuhu ruang dan bilas dengan detergen secukupnya untuk menghindari pemudaran warna. 

4. Simpan kemeja di lemari dengan gantungan baju

Ini 5 Tips Merawat dan Mencuci Kemeja Flanel, Dijamin Bakal Awet Bro!unsplash.com/Mrushad Khombhadia

Agar kemeja flanelmu selalu tampak seperti baru dibeli, ada teknik khusus untuk menyimpannya. Caranya, simpanlah kemeja flanelmu di lemari dengan gantungan baju. Dengan begitu, tetap bisa mempertahankan bentuk kemeja flanel yang rapi, sehingga enak dipandang. 

5. Teknik mencuci manual disarankan agar kain kemeja flanel awet dan bertahan lama

Ini 5 Tips Merawat dan Mencuci Kemeja Flanel, Dijamin Bakal Awet Bro!unsplash.com/Nathan Dumlao

Apa yang membuat kemeja flanel bisa bertahan lama dan awet dipakai? Mencuci dengan teknik manual adalah jawabannya. Memiliki kain yang lembut dan tidak terlalu tebal, membuat kemeja flanel harus kamu cuci dengan tangan. Sebab, penggilingan mesin cuci dapat membuat kemeja menjadi melar dan rentan robek. 

Nah, itu tadi beberapa tips yang wajib kamu ketahui supaya kemeja flanel kesayangan bisa awet dan dipakai dalam waktu lama. Selamat mencoba, Bro.

Baca Juga: 5 Tips yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Mix and Match Kemeja Tropical

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya