Comscore Tracker

5 Rekomendasi Jenis Jas Pria yang Wajib Kamu Koleksi, Catat Bro!

#IDNTimesMen kamu udah punya yang mana?

Gak bisa dipungkiri bahwa nilai kerapihan seseorang bisa bertambah hingga berkali lipat berkat outfit dengan jas. Jas sendiri merupakan pakaian formal khas pria yang ampuh meningkatkan rasa percaya diri saat hadir ke acara resmi.

Nah, jas juga punya banyak jenis yang harus diketahui biar pemakaiannya tepat dan gak salah kostum. Berikut ini jenis jas pria yang wajib kamu ketahui, Bro!

1. Classic fit suit 

5 Rekomendasi Jenis Jas Pria yang Wajib Kamu Koleksi, Catat Bro!Jenis jas pria (unsplash/Nick Karvounis)

Ada alasan mengapa jenis jas ini dinamai classic fit suit, tidak lain karena modelnya yang memang terlihat klasik dan simpel serta cocok dipadukan dengan berbagai jenis bawahan. Kamu bisa memadukan classic fit suit dengan celana chino, velvet, atau celana hitam standar yang biasa dipakai untuk ke kantor. Nah, rekomendasi yang paling pas untuk jenis jas timeless ini adalah nuansa monokrom dengan dasi hitam, kemeja putih, dan ikat pinggang kulit, Bro!

2. Modern fit suit 

5 Rekomendasi Jenis Jas Pria yang Wajib Kamu Koleksi, Catat Bro!Jenis jas pria (unsplash/Alexander Naglestad)

Berbeda dari jenis sebelumnya, jas bernama modern fit suit ini merupakan kombinasi jas klasik dan slim fit yang bagus untuk OOTD ala eksekutif muda. Penampilanmu dengan jas ini tidak terkesan terlalu formal, tapi tetap rapi dan juga trendi. Umumnya modern fit suit memiliki motif yang beragam dan lebih berwarna. Kamu bisa menyesuaikannya dengan berbagai jenis sepatu formal selain pantofel yang juga lebih eye catchy, seperti loafers, suede boots, atau slip on. 

3. Single breasted suit

5 Rekomendasi Jenis Jas Pria yang Wajib Kamu Koleksi, Catat Bro!Jenis jas pria (unsplash/Sherrold Valentin)

Kalau kamu mau cari jas yang aman untuk dipakai berbagai kesempatan, single breasted suit bisa jadi alternatifnya. Jas ini biasanya dipakai untuk acara formal seperti pertemuan dengan klien atau acara pesta perayaan. Supaya terlihat lebih menarik dan tetap chic, kamu bisa memilih single breasted suit dengan warna cerah dengan perpaduan kemeja atau dasi motif. Buat dipakai kencan atau ketemu calon mertua juga cocok banget, nih!

Baca Juga: Simak Dulu Bro! Ini 5 Tips Merawat Jas Kesayanganmu Biar Awet

4. Double breasted suit 

5 Rekomendasi Jenis Jas Pria yang Wajib Kamu Koleksi, Catat Bro!Jenis jas pria (unsplash/🇸🇮 Janko Ferlič)

Perbedaan single breasted suit dengan double breasted suit berada pada bagian kancingnya. Sepert namanya, single breasted suit hanya memiliki sejajar kancing di bagian depan. Sedangkan double breasted suit memiliki empat hingga enam kancing dan memiliki kesan yang lebih berisi, sehingga cocok dipakai oleh cowok dengan proporsi dada bidang. 

5. Tuxedo

5 Rekomendasi Jenis Jas Pria yang Wajib Kamu Koleksi, Catat Bro!Jenis jas pria (unsplash/Benjamin Rascoe)

Satu lagi nih Bro, mungkin kamu sudah sering mendengar istilah ini ya? Betul, tuxedo! Jas yang paling sering digunakan pada acara pernikahan atau makan malam semi formal ini memiliki ciri khas pada bagian kerahnya, karena pada umumnya terbuat dari bahan satin atau velvet. Tuxedo paling cocok dipadukan bersama dasi yang juga berbahan satin dan sepatu pantofel.

Nah, mulai sekarang kamu bisa mempertimbangkan aneka model jas di atas tadi untuk dikoleksi, Bro. Karena fungsinya gak cuma buat acara formal, tapi bisa kamu pakai buat kencan, kerja, atau mampir ke acara semi formal yang mengkhususkan penampilan rapi Jadi, kamu paling suka yang nomor berapa nih?

Baca Juga: 9 Ide OOTD dengan Setelan Jas ala Yoo Yeon Seok, Super Gagah!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya