Comscore Tracker

5 Tips Merawat Dasi, Bikin Penampilanmu Sekece Eksekutif Muda!

Kamu sudah tahu belum, Bro?

Meskipun sering tidak diperhatikan, namun memakai dasi ketika mengenakan pakaian formal sangat penting. Mengenakan dasi membuat kesan penampilanmu jadi rapi dan semakin berkarisma. Setelan jas dan kemeja yang kamu pakai dijamin makin kece jika ada dasi sebagai aksesori pelengkapnya. 

Kamu bisa mengoleksi berbagai jenis dasi untuk berbagai momen penting. Akan tetapi jangan lupa untuk memperhatikan 5 tips merawat dasi yang ada di bawah ini, ya!

1. Cuci dasi dengan cara manual

5 Tips Merawat Dasi, Bikin Penampilanmu Sekece Eksekutif Muda!unsplash.com/Hunters Race

Cara mencuci dasi yang paling tepat adalah dilakukan secara manual menggunakan tangan. Sebab, cara ini tidak akan mengubah bentuk dasi, sehingga dasi menjadi lebih tahan lama dan awet. Selain itu, ukurannya yang kecil, membuat dasi juga lebih efektif dan mudah dicuci secara manual dengan tangan.

2. Beri lapisan kain saat menyetrika dasi

5 Tips Merawat Dasi, Bikin Penampilanmu Sekece Eksekutif Muda!unsplash.com/Rhii Photography

Bahannya yang tipis dan licin membuat dasi rentan saat disetrika. Untuk mencegah dasi menempel pada setrika, sebaiknya kamu lapisi dasi dengan kain sebelum disetrika. Tips ini sangat ampuh untuk mencegah dasi berkerut akibat suhu setrika yang terlalu panas.

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Aturan Memakai Dasi yang Benar Buat Cowok

3. Hindari menyimpul dasi terlalu ketat 

5 Tips Merawat Dasi, Bikin Penampilanmu Sekece Eksekutif Muda!unsplash.com/Ruthson Zimmerman

Jika menyimpul dasi, usahakan kamu mengencangkannya tidak terlalu ketat. Selain bisa mengurangi estetika penampilan, dasi yang disimpul terlalu ketat juga tidak akan bertahan lama. Tekstur dan bentuknya akan berubah karena tekanan yang berasal dari simpulan dasi itu sendiri. 

4. Simpan dasi dalam keadaan rapi dan tidak terikat

5 Tips Merawat Dasi, Bikin Penampilanmu Sekece Eksekutif Muda!unsplash.com/chuttersnap

Menyimpan dasi yang paling disarankan adalah dengan cara melipatnya menjadi tiga atau empat lipatan. Hindari menyimpan dasi dalam lemari dengan keadaan terikat atau tersimpul di kemeja yang menggantung. Jika ada, sediakan khusus lemari kecil untuk dasi, sehingga penyimpanannya bisa membuat dasi kesayangan lebih awet dan tersusun rapi.

5. Bersihkan noda dengan detergen dan air hangat

5 Tips Merawat Dasi, Bikin Penampilanmu Sekece Eksekutif Muda!unsplash.com/Les Triconautes

Dasi kerap kali terkena noda saat kamu makan. Nah, untuk menghilangkan noda itu, kamu bisa merendam dasi dengan air hangat. Lalu, bilas dan cuci menggunakan detergen. Jika noda membandel, pilih tepung jagung atau maizena untuk menghilangkan nodanya. 

Dasi menjadi salah satu fashion item yang sering diabaikan perawatannya. Tapi, dengan kehadiran dasi, penampilan formalmu akan terlihat lebih keren dan rapi. Pastikan kamu mencatat tips-tips di atas tadi ya, Bro!

Baca Juga: 10 DIY Mudah Sulap Dasi Lama Jadi Kreasi Tak Terduga, Yuk Dicoba!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya