Comscore Tracker

5 Tips Merawat Jaket Bomber Biar Tetap Kinclong Seperti Baru, Simpel!

Jangan lupa untuk memperhatikan tips-tips ini ya, Bro!

Jaket menjadi salah satu item fashion yang sangat digemari cowok. Jaket selama ini memang menjadi penyelamat fashion yang gak pernah mengecewakan. Benar gak, nih? Saking nyamannya, pasti kamu punya minimal satu jenis jaket di lemari pakaianmu. 

Nah, salah satu jenis jaket yang menjadi kegemaran sebagian besar cowok adalah jaket bomber. Jaket jenis ini mempunya model kekinian yang cocok banget sama selera fashion para cowok. 

Kalau kamu sebagai pencinta jaket bomber, sudah tahu belum, bagaimana cara untuk merawatnya? Kamu harus catat baik-baik 5 tips merawat jaket bomber agar tetap kinclong di bawah ini. 

1. Ketahui jenis jaket bomber yang kamu miliki 

5 Tips Merawat Jaket Bomber Biar Tetap Kinclong Seperti Baru, Simpel!unsplash.com/@avirichards

Jaket bomber memiliki banyak model dengan bahan yang berbeda-beda. Mulai dari jaket bomber berbahan polyester, kulit, sutra, atau bahan nylon, semua membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Jadi, kamu tidak bisa menyamakan perawatan setiap jaket bomber yang memiliki berbagai macam jenis bahan. 

2. Cara membersihkan noda yang menempel pada jaket bomber

5 Tips Merawat Jaket Bomber Biar Tetap Kinclong Seperti Baru, Simpel!unsplash.com/@phinehasadams

Noda bekas cairan seperti minuman, cipratan air di pinggir jalan, atau hal lain yang menempel pada jaket bombermu, dapat dihilangkan. Gunakan saja sabun cair, perasan air lemon, atau tisu basah.

Lalu, bagaimana jika jaket bomber terkena noda padat yang sulit hilang seperti, bekas permen karet atau noda yang menempel lainnya? Gak perlu khawatir, Bro. Kamu bisa membersihkannya dengan merendam jaket bombermu ke dalam air hangat sebelum dicuci dengan sabun cair.

Baca Juga: 8 Gaya Kasual Karlie Kloss dengan Jaket Bomber, Bisa Dicontek Nih!

3. Rapikan ritsleting dan kancing sebelum jaket bomber dicuci

5 Tips Merawat Jaket Bomber Biar Tetap Kinclong Seperti Baru, Simpel!unsplash.com/@osamahmd

Keadaan jaket yang terbuka lebar tanpa dikancing atau diritsleting dapat memperbesar risiko terjadinya kerusakan. Oleh sebab itu, pastikan kamu merapikan kondisi jaket sebelum mulai mencucinya. Rapatkan ritsleting, kaitkan kancing, dan masukkan setiap sisi kantongnya dengan rapi. Jadi, gak ada bagian yang tiba-tiba menjadi rusak setelah dicuci. 

4. Usahakan mencuci jaket bomber secara manual 

5 Tips Merawat Jaket Bomber Biar Tetap Kinclong Seperti Baru, Simpel!unsplash.com/@shopitalic

Meskipun sedikit merepotkan dan menggunakan banyak tenaga, namun mencuci jaket bomber secara manual sangat dianjurkan. Mencucinya secara manual dapat menghindarkan jaket bomber dari kerutan, serta kerusakan teksturnya yang bisa terjadi bila dicuci dengan mesin.

So, untuk membersihkannya, kamu cukup gunakan detergen dan kucek jaket secara perlahan. Bersihkan noda dengan bantuan kain basah atau sikat lembut, Bro. 

5. Hindari mengenakan jaket dalam keadaan lembap

5 Tips Merawat Jaket Bomber Biar Tetap Kinclong Seperti Baru, Simpel!unsplash.com/@juligentx

Mengenakan jaket bomber dalam keadaan lembap bukan lah ide yang bagus. Jika itu dilakukan maka secara tidak langsung akan merusak bahan jaketmu. Sehingga rentan terhadap goresan hingga mudah robek.

Kadar air yang mengendap menjadi alasan mengapa jaket bomber tidak boleh kamu pakai dalam keadaan lembap. Lagipula jaket bomber yang lembap bisa membuat aroma tubuh jadi kurang sedap juga, lho!

Nah, itu tadi 5 tips merawat jaket bomber yang harus kamu ketahui agar bisa tetap kinclong seperti baru. Jadi, kamu gak boros beli jaket baru. Selamat mencobanya, Bro!

Baca Juga: Bro, Ketahuilah Ini 5 Saat yang Pas Untuk Gunakan Jaket Bomber!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya