Comscore Tracker

Dijamin Awet, Simak 5 Tips Merawat Sepatu Basket dengan Tepat

Jangan ngaku pencinta sepatu basket kalau belum tahu tipsnya

Bagi para pencinta olahraga basket, sepatu termasuk bagian paling penting yang memberi rasa kepuasan tersendiri. Bahkan, gak jarang banyak orang menjadi kolektor dan rela merogoh kocek dalam demi membeli sebuah sepatu basket yang diidam-idamkan.

Nah, koleksi sepatu basketmu tentu harus dijaga dan dirawat dengan benar. Jadi, baik penampilan dan nilai keistimewaannya akan tetap terjaga hingga waktu lama. So, apakah kamu sudah tahu belum bagaimana cara merawatnya dengan benar? Simak yuk, 5 tips merawat sepatu basket berikut ini.

1. Sikat bagian sol sepatu dengan sikat gigi dan baking powder

Dijamin Awet, Simak 5 Tips Merawat Sepatu Basket dengan Tepatunsplash.com/@whoistaylorsmith

Punya koleksi sepatu basket yang bagian solnya sudah kusam? Nah, kamu harus membersihkan kotoran dan debu yang menempel dengan bantuan baking powder. Campurkan 2 sendok makan baking powder dengan beberapa tetes air hingga menjadi pasta. Kemudian ambil sikat gigi bekas untuk membantu menggosok bagian sol sepatu secara merata. Setelah itu, diamkan selama 20 sampai 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

2. Hindari menggunakan alkohol, pemutih, atau detergen pelembut kain beraroma

Dijamin Awet, Simak 5 Tips Merawat Sepatu Basket dengan Tepatunsplash.com/@whoistaylorsmith

Jika ada noda atau warna yang memudar pada sepatu basketmu, sebaiknya jangan bersikap gegabah. Jangan membersihkannya dengan bantuan alkohol atau pemutih. Keduanya justru bisa membuat permukaan sepatu menjadi retak dan warnanya meluber.

Kamu juga sebaiknya tidak mencuci sepatu basket dengan tambahan detergen pelembut kain beraroma. Sebab, itu akan meninggalkan residu minyak yang jelek pada sepatu.

Baca Juga: Sudah Punya Belum? Inilah 5 Rekomendasi Brand Sepatu Basket Terbaik

3. Jauhkan sepatumu dari pengering atau benda panas

Dijamin Awet, Simak 5 Tips Merawat Sepatu Basket dengan Tepatunsplash.com/@hjohnson02

Pada umumnya, sepatu basket bahan utamanya didominasi oleh karet. Karena itulah, sebaiknya jangan sampai terkena suhu panas secara langsung ketika memakainya. 

Kamu juga harus menjauhkan sepatu basket kesayanganmu dari pengering seperti, hair dryer, saat mengeringkan sepatu. Jangan juga terkena benda panas, seperti heater. Jika terkena itu semua maka sepatu basket akan mudah mengerut dan berubah bentuk. 

4. Hindari menggunakan sepatu di luar ruangan

Dijamin Awet, Simak 5 Tips Merawat Sepatu Basket dengan Tepatunsplash.com/@jason_mowry_photo

Jika mendambakan sepatu basket yang awet dan punya penampilan seperti baru, maka hindari menggunakannya di luar ruangan. Cukup pakai sepatu di lapangan indoor, ketika ada pertandingan maupun latihan. Kebersihan, warna, dan keawetan sepatu akan bertahan jauh lebih lama dibanding jika kamu juga memakainya di luar ruangan.

5. Simpan sepatu basket dengan benar

Dijamin Awet, Simak 5 Tips Merawat Sepatu Basket dengan Tepatunsplash.com/@rdh2media

Setelah memakainya, jangan sampai kamu membiarkan sepatu basket favoritmu diletakkan begitu saja di dalam tas sepatu. Meskipun terlihat rapi, namun hal ini dapat menimbulkan efek buruk. Mulai dari kerusakan pada bentuk sepatu, kelembapan sepatu yang melewati batas, hingga aroma tak sedap yang bikin bau kaki. 

Sebaiknya, letakkan sepatu di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus atau bisa juga kamu letakkan di tempat terbuka dengan suhu ruang. 

Itulah 5 cara merawat sepatu basket dengan tepat yang bisa kamu lakukan agar bisa bertahan lama. Biar koleksi sepatu basketmu awet dan bisa bertahan lama, jangan lupa merawatnya dengan cara yang tepat ya, Bro. Selamat mencoba. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Sepatu Basket Cowok dengan Desain Timeless, Keren!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya