Comscore Tracker

6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Buat anak muda yang tertarik untuk memiliki sepatu Vans

Bicara mengenai sepatu Vans, merk ini sudah sangat populer di dunia terutama di kalangan anak muda pecinta skateboard, BMX, maupun streetwear. Vans pertama kali didirikan oleh Paul Van Doren bersama saudaranya Jim dan dua orang temannya Gordon Lee dan Serge Delia pada tanggal 16 Maret 1966 di Broadway, Anaheim, California AS. Pada saat itu perusahaan milik Paul dan rekannya masih bernama Van Doren Rubber Co, yang sekarang dikenal dengan nama Vans.

Tahun pertama pembukaan toko Vans, perusahaan ini mengeluarkan model sepatu pertamanya, yaitu Vans #44 yang sekarang dikenal dengan nama Vans Authentic. Pada tahun 1976, perusahaan Vans mengeluarkan model sepatu keduanya yaitu Vans #95 yang sekarang namanya menjadi Vans Era. Era ini merupakan awal mula puncak kejayaan perusahaan Vans karena sepatu Vans Era menjadi pilihan utama bagi para Skater dan para BMX di California.

Pada tahun 1977 perusahaan Vans mengeluarkan model sepatu yang menjadi sepatu Vans paling populer hingga saat ini, yaitu Vans Style 36 atau Vans OldSkool. Selang satu tahun, perusahaan Vans mengeluarkan model sepatu terbarunya yaitu Vans Style 38, yang sekarang dikenal sebagai Vans Sk8hi. Hingga akhirnya pada akhir tahun 1970-an perusahaan Vans kembali mengeluarkan model sepatu terbarunya, yaitu Vans Slip On Checkerboard yang sangat laku di pasaran karena saat itu dikenakan oleh aktor Sean Penn dalam Film Fast Times at Ridgemont High (1982). Sudah digemari oleh banyak orang, berikut katalog sepatu Vans klasik yang tidak pernah lekang oleh waktu.

1. Vans OldSkool

6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuVans OldSkool BW (pexels/Athena)

Sepatu Vans klasik pertama yang tidak pernah ketinggalan zaman adalah Vans OldSkool. Sepatu ini pertama kali dibuat dan dipasarkan pada tahun 1977 dan menjadi sepatu Vans paling ikonik sepanjang masa.

Karakteristik Vans OldSkool menjadi sangat ikonik karena adanya garis lekukan jazz stripe pada bagian sisi samping sepatu yang dipadukan dengan bahan canvas dan suede. Vans OldSkool menjadi sepatu pertama di dunia yang memperkenalkan desain sepatu dengan garis lekukan di bagian sisi samping sepatu.

Tidak heran jika sepatu ini banyak digemari dan dipakai oleh masyarakat muda dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga artis top dunia. Bahkan sepatu ini juga menjadi sepatu andalan bagi beberapa rapper terkenal dunia seperti Frank Ocean, Tyler The Creator, dan A$AP Rocky. Model dan karakteristik sepatu ini hampir tidak pernah tergantikan selama hampir 50 tahun terakhir dan menjadi salah satu sepatu tampilan terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Vans Authentic

6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuVans Authentic Red (instagram/vans.indo)

Vans Authentic juga menjadi seri sepatu Vans Klasik yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Vans Authentic merupakan sepatu pertama yang dikeluarkan oleh perusahaan Vans di tahun 1966.

Vans Authentic menjadi ikon mendunianya perusahaan Vans sampai saat ini. Ketimbang Vans OldSkool, Vans Authentic terlihat lebih kalem dan tidak neko-neko karena desainnya yang minimalis, sehingga membuat sepatu ini sangat mudah untuk dipadu-padankan dengan berbagai jenis outfit. Tidak heran jika sampai sekarang masih banyak orang yang memakai sepatu ini dikeseharian mereka.

Baca Juga: 8 Cara Membedakan Sepatu Vans Ori dan KW, Jangan Sampai Tertipu!

3. Vans Sk8hi

6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuVans Sk8hi BW (instagram/vans.indo)

Bernama asli Vans Style 38, Vans Sk8hi pertama kali diproduksi pada tahun 1978. Sepatu ini juga mempunyai jazz strpe  di bagian sisi samping sepatu yang dipadukan dengan bahan canvas, suede, dan kulit di bagian dalam.

Vans Sk8hi didesain untuk memberikan daya cengkram yang lebih kuat pada pergelangan kaki pemakai agar terasa lebih nyaman. Meskipun teknologi yang disematkan di sepatu ini masih sangat minim ketimbang sepatu high end masa sekarang, sepatu ini tetap terlihat sangat ikonik dan keren untuk gaya hidup anak muda. Tidak dapat dipungkiri jika sepatu ini banyak dipakai dan digemari oleh anak muda.

4. Vans Slip On Black White

6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuVans Slip On BW (instagram/vans.indo)

Vans Slip On Black White tidak luput dari list sepatu Vans yang tidak akan tergerus oleh zaman. Vans Slip On didesain tanpa tali di bagian upper yang memudahkan pengguna untuk memakai dan mencopot sepatunya.

Desain yang sederhana dan minimalis sangat cocok bagi anak muda yang ingin tampil gaul tapi tidak lebay. Meskipun sepatu ini sudah ada sejak akhir tahun 70-an, tapi sampai sekarang masih banyak orang yang menyukai dan memakai sepatu slip on ini.

5. Vans Era

6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuVans Era BW (instagram/vans.indo)

Vans Era pertama kali dipasarkan oleh perusahaan Vans pada tahun 1976. Sepatu ini masih ikonik karena desainnya yang khas dan sangat digemari oleh para skateboarder.

Hal yang membedakan dengan Vans Authentic dengan jenis lainnya adalah adanya "kerah empuk" yang berada di bagian upper sepatu. Selain siluetnya yang khas, sepatu ini juga memiliki harga yang terjangkau sehingga sangat layak untuk diperhitungkan oleh pecinta sneakers.

6. Vans Slip On Checkerboard

6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuVans Slip On Checkerboard (pexels/Francelino Lops)

Sepatu Vans terakhir yang tidak akan pernah termakan zaman adalah Vans Slip On Checkerboard. Sepatu ini didesain langsung oleh Paul Van Doren yang saat itu terinspirasi oleh anak kecil yang memakai sepatu Vans dengan digambari kotak-kotak di bagian midsole sepatunya.

Sepatu ini menjadi sangat populer karena dipakai oleh aktor Sean Penn pada tahun 1982. Bagian atas sepatu ini berbahan full canvas bercorak kotak-kotak yang sangat khas yang dilengkapi dengan kerah empuk di bagian sisi belakang, sehingga membuat sepatu ini semakin nyaman untuk dikenakan. Desain slip on sangat memudahkan pemakai untuk memakai maupun melepas sepatu ini. Sampai sekarang sepatu ini masih menjadi salah satu sneaker paling ikonik sepanjang masa.

Nah, itu tadi deretan sepatu Vans klasik yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Bentuknya yang klasik itulah yang membuat sepatu ini selalu digemari oleh pecinta sneakers. Sudah punya koleksinya?

Baca Juga: 10 Cara Merawat Sepatu Vans, biar Tetap Awet Selamanya!

Bayu Pranoto Photo Writer Bayu Pranoto

Hi, what's good!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya