Comscore Tracker

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia Militer

Pasti ada fashion item favoritmu, Bro! #IDNTimesMen

Meski sering tidak disadari, namun dunia militer memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia fashion. Bahkan, ada beberapa fashion item yang hype dan sering kamu gunakan saat ini, ternyata berakar dari dunia militer, lho!

Pasti ada fashion item favoritmu, berikut ini IDN Times telah merangkum tujuh fashion item pria yang ternyata terinspirasi dari dunia militer. Mau tahu apa aja? Simak pembahasannya sampai selesai!

1. T-shirt putih

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia MiliterIlustrasi pria yang sedang memakai t-shirt putih (Unsplash.com/Sahil Moosa)

T-shirt atau kaus putih memang menjadi salah satu fashion item yang jadi favorit para pria. Apalagi saat ingin menerapkan effortless style, t-shirt putih sering jadi andalan, nih!

Namun, tahukah kamu jika t-shirt putih menjadi salah satu fashion item pria yang terinspirasi dari dunia militer, lho! Pasti banyak dari kamu yang tidak mengetahui akan hal ini, kan?

FYI, t-shirt putih awalnya muncul sebagai bagian dari seragam Angkatan Laut AS pada tahun 1913. Pada saat itu, t-shirt putih berguna sebagai sarana untuk mengalahkan panas di iklim tropis dan di atas kapal selam, serta untuk menghindari mengotori seragam mereka saat melakukan pekerjaan kotor.

2. Celana kargo

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia MiliterHarris Illanno Vriza (Instagram.com/harrisvriza)

Menurut Ben Grant dari Oxford University, celana kargo pertama kali dipakai pada tahun 1938 oleh personel militer Inggris. Celana kargo ini merupakan bagian dari Battle Dress Uniforms (BDU) mereka. Model celana kargo asli menampilkan satu saku di paha samping dan satu di pinggul depan.

Hingga saat ini, celana kargo pun masih terus eksis sebagai salah satu fashion item yang sering jadi andalan pria untuk membuat penampilan makin kece dan kasual. Fashion item favorit siapa nih? 

3. Kardigan

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia MiliterIlustrasi pria yang memakai kardigan (Unsplash.com/Karsten Winegeart)

Fashion item pria ketiga yang juga terinspirasi dari dunia militer adalah kardigan. Agar tetap modis dan hangat di musim hujan, biasanya banyak pria yang mengenakan kardigan sebagai outer

Meski sulit dipercaya, kardigan ternyata berakar dari dunia militer, lho! Perlu kamu ketahui, kardigan awalnya dipakai oleh tentara Inggris selama Perang Krimea, yakni pertempuran yang terjadi antara kekaisaran Rusia melawan sekutu yang terdiri dari Prancis, Britania Raya, Kerajaan Sardinia dan Kesultanan Utsmaniyah. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kemeja Formal Pria yang Nyaman untuk Dipakai ke Kantor

4. Trench coat

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia MiliterIlustrasi pria yang sedang memakai Trench Coat (Unsplash.com/Taras Chernus)

Buat kamu yang suka suka travelling ke luar negeri, pastinya sudah tidak asing lagi dengan trench coat. Outer yang sering jadi andalan cowok-cowok saat musim dingin tiba ini ternyata juga berakar dari dunia militer, Bro!

Singkatnya, trench coat muncul pada tahun 1853 yang dibuat khusus untuk para perwira dalam Perang Krimea dengan bahan wol tahan air. Hingga akhirnya, pada tahun 1901 Thomas Burberry membuat jas hujan ini menggunakan kain katun gabardine yang sekarang menjadi salah satu luxury brand dengan trench coat andalannya.

5. Pea coat

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia MiliterIlustrasi pria yang sedang memakai Pea Coat (businessinsider.com)

Gak cuma trench coat, pea coat juga berakar dari dunia militer, lho! Outer ini pertama kali dipopulerkan pada abad ke-16.

Memiliki sifat yang tahan lama dan menghangatkan, membuat pea coat digunakan oleh angkatan laut Belanda untuk berlayar. Hingga akhirnya, outer ini pun dengan cepat ditiru dan dimodifikasi sesuai dengan jumlah wol yang dibutuhkan, tergantung pada wilayah di mana seseorang berlayar.

6. Jaket bomber

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia MiliterIlustrasi pria yang sedang memakai jaket bomber (Unsplash.com/Ashu Dadwal)

Jenis outer yang satu ini memang sudah gak asing lagi di dunia fashion pria. Bahkan, jaket bomber menjadi salah satu paduan yang pas untuk berpakaian sehari-hari. 

Asal kamu tahu, fashion item yang sering kamu gunakan sebagi daily outfit ini awalnya lahir untuk keperluan kegiatan militer Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) pada perang dunia pertama. Saat itu, jaket bomber untuk pertama kali dibuat dari bahan kulit domba yang berlapis-lapis demi memenuhi kebutuhan para pilot di Royal Air Force. Pasalnya, sebagian besar pesawat tidak memiliki kokpit tertutup, sehingga para pilot dilengkapi dengan jaket bomber yang cocok untuk iklim berkecepatan tinggi dan dingin di ketinggian. 

7. Celana chino

7 Fashion Item Pria Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia MiliterIlustrasi pria yang memakai chino pants (Unsplash.com/Redd)

Siapa nih yang suka mengoleksi celana chino di lemarinya? Celana yang identik dengan warna khaki ini ternyata pertama kali digunakan oleh tentara Inggris yang ditempatkan di India, lho. Gak cuma itu saja, Angkatan Darat AS juga pernah menggunakan celana ini di Filipina selama perang Spanyol-Amerika tahun 1890-an.

Meski identik dengan warna khaki, namun kini celana chino telah berevolusi dari seragam militer kolonial menjadi celana rapi klasik. Bahkan, celana chino telah tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti hitam, cokelat hingga putih. 

Well, itu dia tujuh fashion item pria yang terinpirasi dari dunia militer. Siapa nih yang baru sadar kalau fashion item di atas berakar dari dunia militer? Absen di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hoodie Brand Lokal untuk Pria, Kualitasnya Jempolan!

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya