Comscore Tracker

Inilah 5 Tips Jitu untuk Mencegah Munculnya Jamur di Sepatumu

Bye-bye jamur

Munculnya jamur pada sepatu biasanya timbul akibat kesalahan dalam merawat dan menyimpan sepatu. Apalagi sepatu berbahan suede, kulit, dan sepatu yang mempunyai sol separti sneakers, pada umumnya sangat rentan terkena serangan jamur. Adanya jamur dapat merusak permukaan sepatu.

Buat kamu yang masih bingun cara harus merawat sepatu agar terhindar dari jamur, yuk simak penjelasannya di bawah ini. Keep reading!

1. Menggunakan silica gel 

Inilah 5 Tips Jitu untuk Mencegah Munculnya Jamur di Sepatumubarreandbag.co

Siapa nih, yang sering nemuin kantung kecil berisikan butiran-butiran kecil di dalam kotak sepatu yang barus saja kamu beli? Yapp, benar sekali itu namanya adalah silica gel. Banyak yang beranggapan bahwa silica gel tak berguna. Sehingga langsung membuangnya tanpa berpikir panjang lagi. Bagi kamu yang sering melakukan hal itu, kamu harus segera berubah. Jika silica gel kamu buang, maka tidak akan ada lagi yang mencegah munculnya jamur di permukaan sepatu kesayanganmu.

Cukup satu pack silica gel, maka sepatumu akan terhindar dari jamur. Taruh silica gel ke dalam kotak penyimpanan sepatumu. Kamu gak perlu khawatir jika sudah terlanjur membuang kemasan silica gel tersebut. Saat ini silica gel sudah banyak dijual secara eceran baik di toko-toko sepatu, maupun toko online.

2. Hindari menyimpan sepatu dalam keadaan basah atau lembab 

Inilah 5 Tips Jitu untuk Mencegah Munculnya Jamur di SepatumuUnsplash.com/Jayson Hinrichsen

Gak bisa dipungkiri, jika meniyimpan sepatu dalam keadaan basah atau lembab, bisa menjadi pemicu utama munculnya jamur. Karena itulah, kamu harus memperhatikan sepatumu. Jika masih basah usai membersihkannya dengan air, pastikan kering sempurna sebelum menyimpannya. 

Gak cuma bikin jamuran, sepatu yang kamu simpan saat basah atau lembab juga bisa membuat sepatu bau. Nah, kamu gak mau kan hal itu terjadi?

3. Bersihkan sepatu dengan benar sebelum menyimpannya 

Inilah 5 Tips Jitu untuk Mencegah Munculnya Jamur di Sepatumucleaning.lovetoknow.com

Bagi kamu yang malas membersihkan sepatu setelah menggunakannya dan langsung menyimpannya, sebaiknya hal itu tidak kamu lakukan lagi. Alasannya, debu dan kotoran yang menempal bisa membuat permukaan sepatumu berjamur, Bro. 

Sepatu yang kamu simpan dengan kotoran dan debu yang masih menempel juga dapat mempengaruhi daya tahan sepatu secara drastis. Apalagi, untuk sepatu berbahan suede dan kulit.

Segera bersihkan sepatumu sebelum kamu simpan. Caranya gampang. Kamu cukup membersihkannya menggunakan sikat lembut atau kain lembut saja sudah cukup, kok!

4. Simpan sepatu pada tempat yang benar 

Inilah 5 Tips Jitu untuk Mencegah Munculnya Jamur di Sepatumusg.carousell.com

Saat menyimpan sepatu, kamu gak boleh asal-asalan menyimpannya di sembarang tempat. Jangan menyimpan sepatu pada tempat yang memiliki kelembaban tinggi dan bersuhu rendah. Pasalnya, kondisi seperti ini bisa memicu tumbuhnya jamur pada permukaan sepatu yang nantinya lama-kelamaan dapat merusak kualitas sepatumu.

Gak mau kan, sepatu kesayangan jadi cepat rusak karena ulah si jamur nakal? Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus lebih hati-hati dalam memilih tempat yang pas untuk menyimpan sepatu kesayangan, ya!

5. Hindari membungkus sepatu dengan plastik 

Inilah 5 Tips Jitu untuk Mencegah Munculnya Jamur di Sepatumutodby.com

Meyimpan sepatu dengan cara membungkus dengan plastik, bukan pilihan yang tepat untuk menjaga sepatu dari serangan jamur. Bahan plastik yang cenderung rapat, bisa membuat sepatumu menjadi lembab, alhasil sepatumu pun akan berjamur. Daripada membungkus sepatu menggunakan plastik, kamu bisa membungkusnya menggunakan acid-free tissues atau kertas bebas asam.

Nah, sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara merawat sepatu yang benar agar gak mudah berjamur? Yuk, langsung terapin kelima tips di atas! Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Sepatu Ini Cocok Buat Kamu Padukan dengan Celana Chino

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya