Comscore Tracker

Gak Susah Kok! Ini 5 Tips Mudah Mencuci Kaus Kaki Secara Manual

Kaus kaki gak cepat molor!

Mencuci kaus kaki secara manual memang lebih disarankan daripada mencuci menggunakan mesin cuci. Meski mencuci secara manual, bukan berarti kamu bisa mencucinya dengan asal-asalan. Kamu juga perlu mengikuti beberapa tips-tips mencuci kaus kaki menggunakan tangan dengan benar.

Berikut ulasannya mengenai 5 tips mudah mencuci kaus kaki menggunakan tangan. Yuk, simak!

1. Sortir kaus kakimu

Gak Susah Kok! Ini 5 Tips Mudah Mencuci Kaus Kaki Secara Manualpatchworktimes.com

Sebelum mulai mencucinya, kamu harus menyortir terlebih dahulu setiap kaus kaki yang akan kamu cuci. Bagilah kaus kakimu menjadi dua tumpukan. Tumpukan pertama untuk kaus kaki putih dan tumpukan lainnya untuk kaus kaki berwarna. Mencuci secara terpisah seperti ini, bertujuan untuk mencegah kaus kaki putih agar tidak luntur dan membantu menjaga agar kaus kaki berwarna w342tidak memudar.

2. Gunakan air dingin dan deterjen lembut

Gak Susah Kok! Ini 5 Tips Mudah Mencuci Kaus Kaki Secara Manualsockdreams.com

Langkah selanjutnya adalah mengisi wadah dengan air dingin. Hindarilah menggunakan air yang hangat. Pasalnya, hal itu bisa menyusutkan serat kaus kaki yang nantinya membuat kaus kakimu menjadi cepat melar. Setelah terisi penuh, tuangkan deterjen lembut ke dalamnya.

Setelah itu, barulah saatnya untuk memasukkan kaus kaki ke dalam wadah yang berisi air dengan campuran deterjen lembut tadi. Namun, satu hal yang perlu kamu ingat, usahakan untuk memasukkan kaus kaki dalam posisi terbalik, ya!

3. Hindari menggosok kaus kaki terlalu kuat

Gak Susah Kok! Ini 5 Tips Mudah Mencuci Kaus Kaki Secara ManualUnsplash.com/mavredium

Saat membersihkan kotoran yang terdapat pada kaus kaki, kamu hanya disarankan untuk memutar dan menguceknya secara perlahan menggunakan tangan. Jangan menggosok ataupun memelintir kaus kaki. Apalagi jika kamu menggosoknya menggunakan alat bantuan yang memiliki permukaan kasar. Sebab, hal itu bisa menyebabkan peregangan dan kerusakan pada kaus kaki kesayanganmu, lho!

4. Rendam kaus kaki selama 5 menit 

Gak Susah Kok! Ini 5 Tips Mudah Mencuci Kaus Kaki Secara ManualUnsplash/Jisu Han

Setelah kamu selesai mencucinya, jangan langsung buru-buru mengangkatnya, ya! Diamkan terlebih dahulu kaus kaki tersebut dalam air sabun selama lima menit. Namun, jika air cuciannya sangat kotor, maka lebih baik untuk mengganti airnya terlebih dahulu dan masukkan kembali deterjen ke dalamnya.

Setelah lima menit, kamu bisa langsung bilas kaus kaki dengan air bersih.

5. Jemur kaus kaki, tapi jangan terkena sinar matahari langsung

Gak Susah Kok! Ini 5 Tips Mudah Mencuci Kaus Kaki Secara ManualUnsplash.com/Nick Page

Selama ini banyak cowok sering mengeluh, karena kaus kaki yang kamu gunakan sangatlah cepat melar dan koyak. Hal itu bisa saja terjadi akibat tidak hati-hati dalam menjemurnya. Ketika menjemur kaus kaki, kamu harus memperhatikkan tempatnya.

Pilihlah tempat yang hangat dan tidak langsung terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Menjemur kaus kaki dalam keadaan terbalik, juga akan menjaga warna kaus kaki agar tidak cepat pudar.

Nah, itu tadi 5 tips mudah mencuci kaus kaki secara manual. Sekarang kamu sudah tahu kan, bagaimana cara mencuci kaus kaki agar gak cepat melar? Jadi hemat deh, gak perlu beli kaus kaki baru sering-sering.

Baca Juga: 5 Kiat Mencuci Kaus Kaki Menggunakan Mesin Cuci, Praktis dan Cepat! 

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya