Comscore Tracker

5 Sepatu Sneakers Kolaborasi dengan Series Populer, Cakep!

Mulai dari anime hingga series TV favorit masyarakat

Dalam beberapa tahun terakhir, kets atau sepatu sneakers dari berbagai brand ternama sudah merilis koleksi hasil kolaborasi dengan acara TV, film, dan anime paling populer. Selain film dan anime, judul web series besar seperti Game of Thrones, Stranger Things, Money Heist, dan lainnya kini bekerja sama dengan raksasa pakaian olahraga seperti Nike, Adidas, Reebok, dan PUMA. 

Para pakar style dan penggemar budaya pop sangat menyukai tren ini karena mereka bisa bernostalgia dan menggunakan sepatu yang hype saat ini. Inilah sebabnya mengapa perpaduan alas kaki mewah yang terinspirasi oleh series anime atau TV dan film, jarang gagal. Di bawah ini adalah deretan sepatu sneakers terbaik hasil kolaborasi dengan series populer.

1. Naruto x Jordan Zion 1

Pada April 2022, pebasket Zion Williamson bekerja sama dengan label Nike Jordan untuk membuat koleksi baru yakni Jordan Zion 1. Duo ini, selanjutnya menggandeng series anime asal Jepang, Naruto Shippuden, dan menghasilkan tiga desain baru.

Desain pertama yaitu Naruto x Jordan Zion 1 SP Six Paths Sage, sepatu paling keren dari koleksi ini. Sepatu kets ini menampilkan warna oranye dan kuning, terinspirasi dari Mode Six Paths Sage milik Naruto. Di bagian belakang sepatu menampilkan motif grafis yang mirip dengan yang ada pada mantel Naruto.

Selanjutnya ada Naruto x Jordan Zion 1 SP Six Paths of Madara. Didesain dengan warna putih, merah dan hitam, sepatu ini memamerkan Rinne Sharingan pada lidah-nya. Sepatu kets ini dihiasi dengan warna hitam dan putih dan detail warna merah di seluruh bagiannya.

Ketiga bernama Naruto x Jordan Zion 1 SP Kurama Rage. Sepatu ini hadir dengan warna hitam, oranye dan merah yang berasal dari warna Kurama, Bijuu yang ada dalam diri Naruto. Ketiga sepatu ini dijual oleh situs e-commerce Nike serta outlet tertentu dengan harga 130 dolar atau sekitar Rp1,9 juta.

2. Sonic Hedgehog x Fila

Sepatu kets yang sangat identik dengan karakter Sonic the Hedgehog kembali dihadirkan oleh PARAMOUNT Pictures dan FILA untuk menandai peluncuran film keduanya. Studio film dan produsen sepatu tersebut mengumumkan kolaborasi mereka pada 31 Maret 2022, sejalan dengan perilisan film Sonic the Hedgehog 2 yang dirilis di bioskop pada 8 April di Amerika Serikat.

Ray Tracer Evo x Sonic 2, merupakan sebuah sepatu yang terinspirasi dari film Sonic the Hedgehog 2. Sepatu sneakers tanpa tali berwarna merah dihiasi dengan garis putih yang diletakkan di atasnya. Sepatu slip-on ini juga memiliki sol putih tebal. Sepatu lucu ini diluncurkan seharga $ 110 atau seharga Rp1,6 juta melalui toko online FILA.

3. Nike x Stranger Things Cortez OG Collection

Stranger Things merupakan salah satu series horor yang banyak digemari oleh anak muda. Series yang berjalan selama 4 musim ini berhasil membawa dampak pada dunia fashion mulai dari tee grafis vintage, denim lightwash, kaus bergambar dan banyak lagi.

Pada Juli 2019, Nike memanfaatkan popularitas series ini dan menghadiahkan penggemarnya dengan sepatu kets Cortez yang kolaborasi OG Collection. Sepatu ini dihargai 120 dolar atau sekitar Rp1,7 juta dan dijual melalui toko web Nike.

Dibuat dengan warna merah dan putih, pada bagian atas sepatu ini menggunakan bahan berkualitas terbaik. Bagian body sepatu yang berwarna merah dihiasi dengan dengan logo Nike berwarna putih dan sentuhan putih di tumit. Yang paling eye-catching adalah branding Nike x Stranger Things yang ditempatkan di lidah sepatu.

Baca Juga: 7 Sneakers Kolaborasi dengan Tokoh Kartun, Paling Keren Nih!

4.  Adidas x South Park collection

Selama bertahun-tahun, merek sepatu asal Jerman, Adidas, telah berkolaborasi dengan banyak pihak dan selalu sukses dan disukai penggemarnya. Pada tahun 2022 ini, Adidas mengganndeng series South Park dan merilis lini sepatu sneakers. Kolaborasi ini menciptakan enam desain sepatu baru, yang semuanya berasal dari karakter dalam South Park.

Forum Low adalah model yang terinspirasi bola basket dari tahun 1980-an mengenakan kulit klasik dan warna-warna cerah, terinspirasi oleh pakaian karakter utama, Cartman. NMD R1 V2 mengenakan warna pirus dan perak, warna yang diambil dari alter ego Butters, Profesor Chaos. 

Adidas Superstars menggaet karakter Kyle Broflovski yang hadir dalam warna hijau cerah dan warna jeruk satsuma yang cocok dengan pakaian karakter tersebut. Adidas Stan Smith, diubah agar terlihat seperti topi bola biru dan merah pada karakter Stan Marsh, dengan atasan kulit biru dan sol merah. 

Terakhir ada NMD R1 yang hadir dengan warna yang terinspirasi dari setelan karakter terkenal Kenny. Bagian atas rajutan premium memiliki tali cokelat dan detail merah di bagian samping. Selanjutnya, bagian dalam South Park NMD R1 dibuat samar, mirip dengan lapisan jaket ikonik Kenny.

Semua koleksi ini diluncurkan secara eksklusif melalui Foot Locker dengan harga mulai dari 100 dolar Rp1,45 juta.

5. Adidas x Game of Thrones

Adidas Running berkolaborasi dengan series drama ikonik yang tayang di HBO, Game of Thrones, di tahun 2019. Game of Thrones sangat populer setelah tayang perdana pada tahun 2011 lalu.

Adidas menginterpretasikan ulang House and People of Thrones yang ikonik dalam bentuk sneaker jelang musim kedelapan. Kolaborasi ini menampilkan satu set enam sepatu Ultraboost edisi terbatas. 

Sepatu itu berisi referensi dari berbagai klan Westeros yang bertikai. Di lidah sepatu ada lencana, dan di belakang ada moto klan Westeros. Setiap sepatu di lini ini digabungkan dengan teknologi midsole BOOST. Sepatu hasil kolaborasi ini dijual seharga 180 dolar atau sekitar Rp2,6 juta.

Walaupun harganya lebih mahal dari sepatu sneakers koleksi umum, nyatanya sepatu hasil kolaborasi di atas tetap laku dan serbu oleh penggemarnya. Kamu ada yang punya salah satunya?

Baca Juga: 5 Jenis Sepatu Sneakers yang Ada di Pasaran yang Harus Kamu Ketahui

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya