4 Tips Memilih Kemeja Batik Cowok untuk Ngantor, Keren dan Elegan!

Jangan salah pilih biar makin memesona

Kemeja batik bisa jadi pilihan yang cukup populer untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan acara, termasuk pergi kerja ke kantor. Selain motifnya yang unik dan indah, kemeja batik juga memberikan kesan formal dengan sentuhan budaya lokal.

Namun, memilih kemeja batik yang cocok buat pergi ke kantor terkadang gak gampang. Nah, biar bisa bikin kamu semakin terlihat keren dan elegan, ketahui empat tips memilih kemeja batik buat para cowok pergi kerja ke kantor berikut ini. Simak supaya kamu juga bisa menunjukkan kesan rapi, ramah, dan berkelas.

1. Pilih kemeja batik yang berlengan pendek untuk hari kerja biasa

4 Tips Memilih Kemeja Batik Cowok untuk Ngantor, Keren dan Elegan!ilustrasi kemeja batik lengan pendek (shopee.co.id/Maginot Official Shop)

Kemeja batik dengan lengan pendek cocok buat para cowok pergi ngantor. Nyaman dan praktis, apalagi saat musim panas dan banyak kegiatan. Namun, kalau ada acara khusus yang memintamu mengenakan batik dengan lengan panjang, silakan ikuti aturan. Misalnya, ada rapat penting dengan kolega atau akan ada acara formal lainnya.

Jika kamu berposisi sebagai atasan yang sering bertemu dengan orang-orang penting, supaya dapat kesan lebih formal dan berwibawa, kemeja batik lengan panjang juga bisa meningkatkan citra profesionalmu di mata mereka.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Kemeja Batik Lengan Panjang Pria, Desainnya Kekinian!

2. Pilih corak klasik atau modern yang beraturan maupun yang simetris

4 Tips Memilih Kemeja Batik Cowok untuk Ngantor, Keren dan Elegan!ilustrasi corak garis batik Jogja (youtube.com/SuryaKKS)

Pemilihan corak kemeja batik yang tepat untuk pergi ke kantor sebaiknya yang klasik atau modern dengan corak beraturan. Corak ini lebih cocok untuk kegiatan kerja dan mengesankan tampilan yang elegan. Hindari corak kontemporer yang gak simetris, biar kamu semakin keren dipandang atasan, rekan, karyawan, dan staf lainnya.

Kemeja batik lengan pendek juga termasuk dalam kategori busana setengah resmi. Artinya, pakaian ini dianggap menyerupai dengan kemeja yang berdasi dalam konteks gaya berbusana ke kantor. Namun, tetaplah memperhatikan aturan dan norma yang berlaku di tempat kerjamu, ya!

3. Sesuaikan warnanya dengan warna kulit wajah

4 Tips Memilih Kemeja Batik Cowok untuk Ngantor, Keren dan Elegan!ilustrasi kulit wajah (pexels.com/SHVETS production)

Pemilihan warna kemeja batik juga sebaiknya dipertimbangkan, kamu bisa menyesuaikan dengan warna kulit wajah biar tampak semakin gagah. Kalau kamu memiliki warna kulit wajah yang gelap, sebaiknya hindari batik berwarna cokelat atau sogan. Warna tersebut kurang cocok dan membuat wajahmu tampak kusam.

Sebaliknya, kalau kulit wajahmu berwarna lebih cerah, kamu boleh lebih leluasa memilih warna kemeja batiknya. Terpenting, pastikan kemeja batik dengan pilihan warna yang bikin wajahmu tampak segar dan memesona, serta menaikkan kepercayaan dirimu ketika mengenakannya.

4. Tunjukkan gaya profesionalmu dengan tetap memperhatikan etika dan aturan

4 Tips Memilih Kemeja Batik Cowok untuk Ngantor, Keren dan Elegan!ilustrasi laki-laki mengenakan kemeja batik (shopee.co.id/MY AKSA OFFICIAL SHOP)

Setiap perusahaan punya aturan berpakaian. Jika diperbolehkan mengenakan pakaian bebas, batik bisa jadi pilihan. Tentu dengan tetap menjaga etika berbusana ke kantor, pastinya sesuaikan juga dengan aturan di kantor masing-masing. Jangan malah mengikuti aturan kantor sebelah, karena akan terkena teguran juga nantinya jika itu gak diperkenankan di tempat kerjamu.

Tampillah menawan saat pergi ke kantor supaya kamu semakin semangat kerja. Kepercayaan diri meningkat, rekan kerja terkesan, atasan senang saat memandang dan kamu akan sering ditunjuk untuk mewakilinya menghadiri acara-acara penting perusahaan. Ini membuka peluang dapat promosi jabatan, kamu juga bisa menambah kenalan, semakin besar jalan sukses dalam kariermu.

Batik bukan sekadar pakaian, tapi juga bagian dari warisan budaya yang sangat pantas kamu banggakan. Hari-hari biasa pun bisa mengenakan batik untuk kerja, dan dengan menerapkan tips-tipsnya, kamu akan berjalan sambil memancarkan pesona diri dan Indonesia.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria, Tampilan Berkelas! 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya