Comscore Tracker

Terungkap, Ini Trik Mencuci Knit Sneaker Agar Gak Gampang Rusak

Praktik deh kalau gak percaya

Beberapa waktu belakangan, knit sneaker alias sneaker dengan motif rajutan tengah jadi tren. Keren dan stylish, knit sneaker memang pilihan buat cowok kekinian bergaya sehari-hari. Sayangnya, meski nampak keren ternyata perawatan knit sneaker ini gak mudah lho bro! Wajib hati-hati, merawat knit sneaker terutama saat mencuci gak bisa sembarangan jika tak ingin berakhir pada kerusakan.

Kendati susah, bukan gak mungkin kan ada cara mudah nan jitu untuk merawat terutama mencuci knit sneaker. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut IDN Times berikan cara mudah nan jitu nih untuk mencuci knit sneaker agar gak gampang rusak. Simak deh!

Sebelum mencuci, siapkan dulu peralatan ini!

Terungkap, Ini Trik Mencuci Knit Sneaker Agar Gak Gampang Rusakgoodhousekeeping.com

Ya, sebelum kamu mencuci knit sneaker kesayanganmu pastikan dulu kamu sudah menyiapkan peralatan berikut ini. Gak susah kok, peralatan untuk mencuci knit sneaker bisa kamu dapat dengan mudah. Bahkan kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar rumah seperti sikat gigi bekas pakai.

Lalu kamu juga wajib menyiapkan mangkuk kecil, air dingin secukupnya, sabun dengan konsentrasi rendah seperti sabun cuci piring atau sabun cari khusus laundry, kain lap bersih serta yang terakhir adalah kain microfiber. Jika peralatan di atas sudah kamu siapkan, maka kamu siap deh ke langkah selanjutnya yakni mencuci knit sneaker-mu.

Mulai dengan mencopot semua tali knit sneaker sambil campur racikan pembersihnya.

Terungkap, Ini Trik Mencuci Knit Sneaker Agar Gak Gampang Rusakslickieslaces.com

Lepas semua tali yang ada pada knit sneaker. Hal ini perlu dilakukan agar kamu lebih mudah membersihkannya, terutama bagian yang selama ini tertutup tali. Fyi, bagian tersebut biasanya yang paling kotor dan berdebu karena jarang banget tersentuh sikat pembersih.

Sambil mencopoti semua tali, siapkan juga racikan pembersihnya yang terdiri dari air dingin dan sabun cuci piring atau sabun cair untuk laundry. Campur kedua bahan ini di mangkok kecil dengan komposisi air dingin separuh permukaan mangkuk dan sabun sekitar 2 sampai 3 tetes saja. Jika sudah aduk sehingga air berubah menjadi berbusa.

Perlu kamu tahu, sabun cuci piring atau sabun cair untuk laundry dipilih untuk mencuci knit sneaker kesayanganmu bukan tanpa alasan. Kedua sabun itu dipercaya gak terlalu keras konsentrat-nya, sehingga dijamin gak akan merusak permukaan sepatu saat dicuci.

Baca Juga: Biar Kinclong, Ikuti Langkah-Langkah Bersihkan Sepatu Sneaker Berikut Ini Bro!

Oles racikan pembersih ke permukaan knit sneaker dengan kain lap bersih!

Terungkap, Ini Trik Mencuci Knit Sneaker Agar Gak Gampang Rusaksneakerlab.com

Bukan dengan sikat, gunakan kain lap bersih yang sudah terlebih dahulu direndam selama beberapa saat di dalam racikan cairan pembersih. Setelah itu peras kain yang sudah dicelupkan, lalu gosok deh ke permukaan knit sneaker yang terlihat kotor. Gunakan tekanan kuat tapi lembut saat menggosok. Hal ini penting dilakukan agar permukaan gak kotor tapi juga gak rusak seperti robek saat dibersihkan.

Ulangi hal di atas selama beberapa kali ke permukaan knit sneaker lainnya. Jika sudah bilas kain dalam air bersih dan gunakan kain tersebut untuk membersihkan bekas racikan pembersih seperti busa yang masih tertinggal di permukaan knit sneaker.

Jika knit sneaker masih kotor, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan!

Terungkap, Ini Trik Mencuci Knit Sneaker Agar Gak Gampang Rusakasrakestraw.com

Ya, jika cara di atas kurang tokcer untuk membersihkan knit sneaker-mu yang kotor cobalah memakai sikat gigi bekas. Sama dengan langkah-langkah di atas, rendam sikat gigi bekas dengan permukaan halus di racikan cairan pembersih. Lalu, gosok secara halus dan seirama pada permukaan knit sneaker yang kotor.

Tapi ingat, jangan gosok sikat gigi bekas terlalu keras ya, gunakan kekuatan yang biasa saja tapi intens jika ingin membersihkan permukaan knit sneaker yang kotor. Menyikat terlalu keras bisa menyebabkan robeknya benang dan bikin benang jadi berjumbai. Sayang kan!

Kalau sudah, cukup keringkan knit sneaker dengan kain saja!

Terungkap, Ini Trik Mencuci Knit Sneaker Agar Gak Gampang Rusakasrakestraw.com

Jangan jemur knit sneaker sembarangan terutama di bawah sinar matahari langsung. Cukup keringkan knit sneaker yang telah kamu cuci dengan kain kering. Jika mau kamu jemur, cukup taruh di lokasi yang teduh dan angin-anginkan saja. Bisa juga kamu masukkan gumpalan kertas koran di dalam knit sneaker agar cairan bekas cuci meresap ke koran dan knit sneaker pun jadi cepat kering.

Gimana, mudah bukan bro! Gak perlu dibawa ke laudry khusus sepatu, kamu pun bisa mencuci knit sneaker kesayanganmu dengan baik dan benar. Aman dan tentunya lebih hemat deh.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Bedakan Sneaker Asli vs. Sneaker Tiruan

Topic:

Berita Terkini Lainnya