Comscore Tracker

Trik Bikin Sepatu Kulit Lama Jadi Kinclong Seperti Baru, Berani Coba?

Praktik yuk, bro!

Sepatu kulit adalah salah satu must have item untuk para pria. Sayang, sepatu berbahan dasar kulit itu rentan rusak jika tak dirawat dengan baik dan susah diperbaiki kalau sudah mulai rusak atau kulitnya sudah boncel-boncel.

Namun tahukah kamu, ada cara mudah untuk membuat sepatu kulit lamamu yang mulai boncel-boncel penampakannya menjadi kinclong seperti baru? Ya, dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah kamu bisa 'menyulap' sepatu kulit lama menjadi baru. Begini caranya!

Pertama, buat campuran minyak olive dengan cuka plus.

Trik Bikin Sepatu Kulit Lama Jadi Kinclong Seperti Baru, Berani Coba?facebook.com/BuzzFeedVideo

Untuk membuat sepatu kulitmu jadi seperti baru lagi, maka kamu bisa manfaatkan minyak olive. Campurkan minyak olive terutama yang alami dengan cuka secukupnya.

Jangan lupa campurkan minyak olive dan cuka dengan essential oil alias minyak esensial beberapa tetes. Aduk ketiga bahan itu hingga tercampur dengan rata.

Baca Juga: Biar Kinclong, Ikuti Langkah-Langkah Bersihkan Sepatu Sneaker Berikut Ini Bro!

Kedua, oleskan campuran minyak tadi ke permukaan sepatu kulit dengan merata.

Trik Bikin Sepatu Kulit Lama Jadi Kinclong Seperti Baru, Berani Coba?ties.com

Ya, setelah campuran minyak siap langsung oleskan ke permukaan sepatu kulit. Oleskan merata jangan hanya di permukaan yang rusak saja. Hal ini perlu dilakukan agar tampilan kinclong sepatu kulitmu bisa merata dan jadi nampak seperti baru.

Jika sudah dioleskan, maka ratakan campuran minyak dengan sikat gigi bekas atau sikat lainnya yang berbulu lembut. Sikat dengan perlahan dan lembut, usahakan pula sikatannya searah supaya minyak dapat merata dengan baik.

Ketiga, jika sudah disikat maka ratakan dengan kain lap.

Trik Bikin Sepatu Kulit Lama Jadi Kinclong Seperti Baru, Berani Coba?ties.com

Ya, saat kamu sudah meratakan campuran minyak dengan sikat maka saatnya untuk lebih meratakannya dengan mengoles menggunakan kain lap yang bersih. Selain berfungsi meratakan, kain lap bersih juga berfungsi mengeringkan bekas minyak yang masih belum mengering.

Nah, kalau langkah-langkah di atas sudah dilakukan maka kamu tinggal menunggu keringnya olesan minyak secara merata. Kamu gak perlu mencuci bekas minyak olesan kok bro, karena mencuci malah bisa bikin sepatu kulit jadi tambah rusak. Biarkan saja mengering.

Fyi, campuran minyak ini gak cuma bisa memuluskan permukaan sepatu kulit yang mulai boncel-boncel. Namun juga bisa digunakan untuk semua aksesori berbahan dasar kulit, seperti jaket kulit, dompet kulit, ikat pinggang kulit dan lain sebagainya.

Gimana, mudah bukan bro? Segera praktik deh, gak perlu beli sepatu kulit baru kan kalau bisa bikin kinclong sepatu kulit yang lama?

Baca Juga: Biar Gak Ketipu, Begini Cara Bedakan Produk Levi's yang Asli dan Palsu

Topic:

Just For You