Comscore Tracker

3 Item Penting dalam Sustainable Fashion yang Wajib Dimiliki Cowok

Tips ala Hendra Wijaya, pegiat sustainable fashion

Permasalahan iklim yang kian marak menjadi perhatian masyarakat mulai memengaruhi beragam industri, termasuk industri fashion. Salah satu dampaknya, lahir sebuah fenomena bernama sustainable fashion yang digaungkan sebagai gerakan dalam dunia fashion guna membantu meminimalisir risiko pencemaran lingkungan.

Dalam program #101ClimateChangeActions yang dibuat oleh IDN Times pada Kamis (2/12/2021), Hendra Wijaya selaku Content Creator dan Aspiring Fashion Entrepreneur memaparkan bila sebenarnya gerakan sustainable fashion bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi pembelian pakaian. Untuk mewujudkannya, ia pun memberikan beberapa tips agar setidaknya memiliki beberapa item penting saja.

Nah, berikut ini tiga item yang wajib dimiliki cowok untuk membantu mencegah pencemaran lingkungan dan menerapkan konsep sustainable fashion. Yuk, simak!

1. Outfit dengan warna netral

3 Item Penting dalam Sustainable Fashion yang Wajib Dimiliki Cowokpexels.com/Honye Sanges

Sebenarnya gak ada aturan pasti jika seseorang hanya harus memiliki sedikit item untuk menjalani konsep sustainable fashion. Namun, Hendra menyarankan untuk membeli produk fashion di toko second, thrift shop, atau membeli baru di brand lokal. 

"Kalau misalkan kalian merasa tetap mau beli, kalian bisa beli opsi di second market atau beli baru di brand lokal. Selain berkontribusi dengan bisnis lokal, kita juga berkontribusi dengan lingkungan dan sosial," terangnya.

Untuk ragam pakaiannnya, ia mengatakan untuk memiliki item yang basic saja. Dengan begitu, pakaian yang kamu beli akan lebih aman dipakai dalam kondisi apa pun. 

"Mengenai ragam item-nya, yang pasti saran aku harus memilih item yang basic dengan warna netral seperti hitam, putih, dan cream," tambahnya.

2. Pilih pakaian yang gak tergantung dengan musim

3 Item Penting dalam Sustainable Fashion yang Wajib Dimiliki CowokIlustrasi pakaian cowok (pexels.com/Gift Habeshaw)

Dalam dunia fashion, ada beberapa jenis pakaian yang umum dirilis dengan menyesuaikan musim yang ada. Misalnya, pakaian musim semi dan musim dingin. Untuk hal ini, Hendra mengatakan untuk memilih pakaian yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama saja.

"Lalu, pilih pakaian yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu kamu gak perlu beli baju secara rutin dan berakhir boros," ucapnya. 

3. Untuk jangka panjang, miliki pakaian yang mudah dipadukan

3 Item Penting dalam Sustainable Fashion yang Wajib Dimiliki CowokGaya Hendra Wijaya (instagram.com/iamhendraw)

Selain pakaian yang gak bergantung dengan musim, untuk jangka panjang kamu juga bisa memiliki pakaian yang mudah dipadukan. Artinya, pakaian tersebut bisa dipakai dalam keadaan formal maupun gak formal.

"Pilih juga pakaian yang mudah dipadukan sehingga bisa dipakai dalam berbagai occasion," pungkasnya.

Nah, itu dia tiga item penting yang setidaknya kamu harus miliki guna membantu mencegah pencemaran lingkungan yang semakin berbahaya. Tenang, kamu bisa tetap tampil kece meski dengan outfit yang basic, kok!

Baca Juga: 7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!

Izi Mizi Photo Writer Izi Mizi

pecinta film dan makanan yang suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya