Comscore Tracker

5 Tips Hilangkan Bau Apak pada Pakaian saat Baju Susah Kering

Sering terjadi di musim hujan!

Musim hujan kini telah tiba. Hampir setiap hari diguyur oleh hujan. Hal tersebut tentu berdampak pada pakaian yang akan sulit mengering karena udara yang cenderung lembap dan dingin serta kurangnya cahaya matahari.

Keadaan ini dapat pula membuat pakaian menjadi bau apak yang kurang sedap, sehingga kamu menjadi malas memakainya dan terkadang mencucinya kembali. Terkadang dicuci kembali pun juga bukan solusi terbaik. Bingung bagaimana cara menghilangkannya? Berikut beberapa cara yang dapat kamu ikuti. 

1. Menaburkan baking soda untuk menghilangkan bau apak pada pakaian

5 Tips Hilangkan Bau Apak pada Pakaian saat Baju Susah Keringilustrasi produk baking soda (tokopedia.com/Toko bahankue Bakingland)

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menaburkan baking soda. Kamu hanya perlu membentangkan pakaian yang berbau apak di atas meja. Kamu juga perlu memastikan tak ada sisi-sisi pakaian yang terlipat. Kemudian baru kamu bisa menamburkan baking soda pada seluruh sisi pakaian tersebut.

Lalu diamkan hingga semalaman. Sesudahnya, kamu dapat menggantung pakaian tersebut. Supaya tak ada sisa-sisa baking soda yang tertinggal, maka kamu sebaiknya menepuk-nepuk pakaian. Bila dirasa kurang bersih, kamu dapat memakai sikat lembut untuk menghapus sisa baking soda sampai bersih.

2. Merendam pakaian di larutan detergen dan lemon

5 Tips Hilangkan Bau Apak pada Pakaian saat Baju Susah Keringilustrasi lemon (unsplash.com/Moritz Nie)

Lemon dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya untuk menghilangkan bau apak pada pakaian yang tak kering. Kamu dapat merendam pakaian bau apakmu ke dalam larutan detergen yang telah dicampur dengan air perasan lemon.

Untuk takarannya, setengah gelas air perasan lemon dicampur dengan 1 sendok takar detergen. Kemudian rendamlah seperti instruksi perendaman yang telah ada pada bungkus detergen. Untuk memastikan baunya hilang, kamu dapat mencucinya kembali.

Sesudahnya, kamu dapat menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari. Bila di luar masih lembap yang disebabkan oleh hujan, maka ada baiknya untuk menjemurnya di dalam rumah, supaya pakaian tidak lagi mengeluarkan bau apak.

3. Menggunakan sabun batang untuk menghilangkan bau apak

5 Tips Hilangkan Bau Apak pada Pakaian saat Baju Susah Keringilustrasi sabun mandi (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Sabun batang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau. Untuk caranya sendiri, pertama-tama merendam pakaian yang berbau ke dalam air bersih. Sesudah seluruhnya basah, ambil pakaian dan bentangkan di atas papan cucian.

Selanjutnya, gosokkan sabun batang pada setiap sisi pakaian. Utamakan pada bagian-bagian pakaian yang tebal dan terdapat lipatan, karena umumnya dari situlah bau berasal. Bila sudah, lalu sikat pakaian pada tiap bagiannya dan bilas sampai bersih.

Baca Juga: 5 Bau Pakaian yang Sulit Dihilangkan dan Cara Mencucinya

4. Memakai cuka

5 Tips Hilangkan Bau Apak pada Pakaian saat Baju Susah Keringilustrasi produk cuka (tokopedia.com/Pantang Mundur Sembako)

Bagi yang ingin menggunakan cuka, kamu hanya perlu melarutkan dua sendok makan cuka ke dalam ember yang telah diisi dengan air hangat dan detergen. Kemudian mengaduknya hingga semua bahan benar-benar menyatu dan larut dengan benar.

Sesudahnya, kamu dapat merendam pakaian yang berbau apek selama kurang lebih 15-30 menit. Selanjutnya, kamu dapat mencucinya dengan cara biasa. Lalu bilas berkali-kali sampai kamu yakin tidak ada lagi sisa-sisa detergen dan cuka.

Kemudian bilas kembali memakai larutan pewangi pakaian dengan kandungan anti bakteri, supaya bakteri pemicu bau apak tak kembali muncul.

5. Mencuci dengan air panas

5 Tips Hilangkan Bau Apak pada Pakaian saat Baju Susah Keringilustrasi air panas (unsplash.com/Joe Pregadio)

Air panas dapat menjadi cara yang optimal lainnya untuk menghilangkan bau apak pada pakaian. Namun, kamu harus memastikan bahwa bahan pakaianmu tahan panas, supaya tak rusak.

Caranya, masukan air panas ke dalam ember atau mesin cuci langsung. Kemudian pilihlah mode warm water pada mesin cuci dan masukan detergen cair. Setelahnya, kucek hingga detergen larut dengan baik. Kamu dapat pula memakai pewangi anti bakteri pada bilasan terakhir.

Jadi, kamu tak usah khawatir dengan pakaian yang apek karena kondisi hujan yang terus menerus. Cara di atas efektif digunakan!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Lemari Pakaian yang Mulai Banyak Jamur, Mudah! 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya