Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan dan Merawat Sneakers Putih, Awet Terus!

Sneakers kesayanganmu tak akan kehilangan warnanya

Merawat sepatu sneakers warna putih tentulah tak mudah. Karena warna putih mudah kotor dan jika tidak dicuci secara teratur maka bisa menyebabkan kotoran yang menempel sulit dihilangkan.

Untuk menjaganya tetap awet dan tahan lama, kamu bisa melakukan cara berikut ini yang dijamin bikin sneakers putihmu tetap keren dan tidak membuat warnanya menjadi berubah. Yuk, lakukan!

1. Jangan menggunakan mesin cuci 

5 Tips Membersihkan dan Merawat Sneakers Putih, Awet Terus!ilustrasi mesin cuci (unsplash.com/PlanetCare)

Jika ingin sepatu sneakers putihmu awet dan tahan lama, kamu disarankan untuk sebisa mungkin menghindari mencuci atau mengeringkan sneakers dengan menggunakan mesin cuci.

Hal tersebut dapat membuat mesin cuci rusak dan sepatumu pun dapat mudah tergores. Yang lebih parah, warna putih pada bagian karet sepatu dapat berubah menjadi kuning, yang disebabkan karena terkena suhu panas dari pengering.

2. Cucilah secara manual 

5 Tips Membersihkan dan Merawat Sneakers Putih, Awet Terus!ilustrasi bahan pembersih sepatu (shopee.co.id/annisaylnti31)

Bila kamu tak ingin mengambil risiko sneakers rusak, maka sebaiknya kamu mencucinya dengan cara manual dengan memakai tangan supaya lebih aman. Kamu dapat menggunakan sabun, pasta gigi, cuka, atau pembersih khusus sepatu supaya makin bersih dan kinclong. 

Jika kamu menggunakan sabun detergen, maka larutkan terlebih dahulu detergen dengan sedikit air. Setelahnya gunakan sikat gigi untuk menggosok sepatu perlahan-lahan secara menyeluruh. Biarkan selama kurang lebih 5 menit dan bilas hingga busa benar-benar bersih.

3. Menyisipkan tisu ke dalam sepatu 

5 Tips Membersihkan dan Merawat Sneakers Putih, Awet Terus!ilustrasi tisu (freepik.com/Xvect)

Agar sepatu kesayangan cepat kering, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menyisipkan tisu ke dalam sepatu. Cara ini bisa mempercepat penyerapan air dan tak akan membuat sepatu mudah bau.

Selain itu, cara ini juga bisa menghemat waktu bila kamu sedang buru-buru dan ingin segera memakai sneakers kamu. Kamu sebaiknya menghindari memakai gumpalan koran karena warna tintanya dapat menyerap ke sepatu atau bahkan bisa meninggalkan noda.

Baca Juga: 6 Jenis Sepatu Vans Klasik yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

4. Simpanlah sneakers di tempat yang sejuk 

5 Tips Membersihkan dan Merawat Sneakers Putih, Awet Terus!ilustrasi sepatu yang disimpan di tempat yang sejuk (shopee.co.id/ronshop7)

Setelah sepatu kering, kamu sebaiknya menyimpannya di tempat yang sejuk karena tempat yang seperti inilah, menjadi tempat yang paling aman untuk menyimpan sepatu.

Kamu tidak disarankan untuk menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena dapat menjadikan sepatu putih berubah kecokelatan. Kamu juga harus menghindari tempat penyimpanan yang lembap, karena dapat membuat sepatu mengeluarkan bau tak sedap dan bahkan jamuran.

5. Hindari berjalan di tempat yang basah 

5 Tips Membersihkan dan Merawat Sneakers Putih, Awet Terus!ilustrasi pria yang berjalan di atas air (unsplash.com/Lukas Godina)

Sepatu bisa lebih awet jika tidak sering dipakai pada area yang basah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menghindari untuk berjalan di area-area yang tergenang air atau membuat sepatu rawan basah. Hal tersebut selain membuat sepatu mudah kotor, juga menjadikan sepatu menjadi mudah rapuh dan pada akhirnya tidak bertahan lama.

Jika memang sedang hujan dan kamu harus menggunakan motor, maka sebaiknya menaruh sepatu di jok sepeda atau bila tetap ingin mengenakan sepatu, maka sebaiknya menunggu hujan reda.

Nah, itulah beberapa cara dalam membersihkan dan merawat sepatu sneakers putihmu. Bila ingin sepatumu tetap awet, maka lakukan tips-tips di atas, ya!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Sepatu Couple Warna Putih, Cocok untuk Gaya Kasual!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya