Comscore Tracker

5 Tips Merawat Ripped Jeans supaya Awet Ketika Dikenakan, Coba Bro!

Ripped jeans-mu akan awet dan warnanya tak mudah memudar

Penggunaan ripped jeans kini semakin populer. Banyak orang terutama anak muda yang menggandrunginya. Meskipun tak sedikit orang yang mengoleksinya, namun banyak di antara mereka yang tak tahu bagaimana cara merawatnya.

Sebenarnya jika kamu ingin ripped jeans-mu awet dan warnanya tetap terlindungi, tidaklah sulit, malahan kamu bisa melalukan berbagai cara sederhana berikut ini. Yuk, simak!

1. Cuci manual dengan menggunakan tangan 

5 Tips Merawat Ripped Jeans supaya Awet Ketika Dikenakan, Coba Bro!ilustrasi pria memakai celana warna biru jeans (unsplash.com/Klaudia Piaskowska)

Mencuci dengan memakai mesin cuci memang lebih praktis dan cepat. Akan tetapi, untuk mencuci ripped jeans kamu disarankan untuk menghindari menggunakan mesin cuci karena dapat membuat sobekan pada celana semakin besar, jadi dapat mengurangi kesan trendi pada celana.

Kamu sebaiknya cukup menyikatnya dengan tangan. Sikat perlahan-lahan, jangan terlalu keras supaya tidak merusak benang dan menambah sobekan baru.

2. Mencuci dengan memakai garam dan cuka 

5 Tips Merawat Ripped Jeans supaya Awet Ketika Dikenakan, Coba Bro!ilustrasi garam (unsplash.com/Faran Raufi)

Jika pada bagian sekitar sobekan terkena noda yang cukup membandel yang membuatnya nampak kusam dan kurang menarik, kamu dapat membubuhkan garam dan cuka terlebih dahulu. Caranya cukup sederhana, kamu perlu merendam ripped jeans terlebih dahulu dengan menggunakan air dingin yang telah dicampur dengan garam atau cuka sebelumnya.

Rendamlah selama kurang lebih 1 malam. Setelahnya cuci bersih dengan air bersih. Garam dan cuka dipercaya dapat membasmi kotoran yang membandel dengan optimal, celanamu pun kembali bersih dan enak dipandang.

3. Jangan sering-sering dicuci 

5 Tips Merawat Ripped Jeans supaya Awet Ketika Dikenakan, Coba Bro!ilustrasi pria yang memakai celana warna putih (instagram.com/finnerz.uk))

Bila biasanya kamu langsung mencuci pakaian yang telah digunakan, namun tak berlaku untuk ripped jeans. Kamu dapat merawatnya dengan cara tidak mencucinya terlalu sering karena dapat membuat warnanya menjadi mudah luntur dan sobekan di jeans pun akan makin cepat rusak serta melebar. 

Kamu sebaiknya mencucinya sebulan sekali atau 2 minggu sekali. Dengan begitu, kain celana bisa lebih awet dan tetap bagus ketika dipakai.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Merk Celana Jeans Pria, Ada yang Lokal Juga!

4. Membaliknya ketika dicuci 

5 Tips Merawat Ripped Jeans supaya Awet Ketika Dikenakan, Coba Bro!Brotherholic | Short Skinny Jeans Soft Blue Stich (bukalapak.com)

Cara merawat ripped jeans selanjutnya supaya tahan lama adalah dengan membaliknya ketika akan dicuci. Kamu juga harus memastikan untuk tak sering menggosoknya agar robekan tidak bertambah besar.

Untuk cara penjemurannya, kamu dapat menghindarkannya dari paparan sinar matahari secara langsung untuk melindungi warnanya. Jangan sampai salah, ya!

5. Perhatikan penyimpanannya 

5 Tips Merawat Ripped Jeans supaya Awet Ketika Dikenakan, Coba Bro!ilustrasi celana jeans (unsplash.com/Waldemar Brandt)

Selanjutnya kamu dapat memperhatikan cara penyimpanan celana ripped jeans agar terjaga keawetannya. Akan lebih baik bila menyimpannya dengan cara digantung atau dengan cara memasukkannya ke dalam lemari dengan kondisi yang sejuk, bukan lembap.

Sebagai penambahan, kamu juga harus memastikan bahwa lokasi penyimpan jauh dari benda tajam, sepertu gunting, aksesori, ataupun ikat pinggang.

Nah, itulah beberapa cara agar celana ripped jeans-mu tetap awet. Caranya mudah dan tak merepotkan, kan?

Baca Juga: 9 Tips Merawat Celana Denim Pria, Warna Gak Cepat Pudar!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya