Comscore Tracker

5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu Biar Selalu Kinclong

Jangan dicuci pakai banyak air!

Sepatu pantofel menjadi salah satu sepatu yang perlu dimiliki cowok. Meski gak sering dipakai, namun kehadiran sepatu pantofel sangat dibutuhkan menghadiri untuk acara-acara penting dan formal.

Harga sepatu pantofel relatif gak murah. Selain itu, sepatu pantofel juga tidak terlalu sering dipakai. Sehingga sepatu pantofel membutuhkan perawatan khusus agar selalu tampak bagus dan kinclong saat baru akan dipakai.

Nah, biar gak penasaran lagi cara membersihkan sepatu pantofel, yuk simak 5 caranya di bawah ini, Bro! Check this out.

1. Bersihkan dari debu setelah dipakai

5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu Biar Selalu KinclongPexels/Dom J

Sepatu pantofel yang sudah kamu pakai akan banyak terkena debu dan menempel di bagian outsole maupun upper sepatunya. Kotoran maupun debu akan menumpuk, jika tidak kamu bersihkan sebelum disimpan. Selain itu, lama-kelamaan sepatu akan menjadi sulit untuk dibersihkan. Jadi, sebaiknya sepatu pantofel harus kamu bersihkan sesaat setelah digunakan.

Jika memiliki sepatu pantofel berbahan kulit asli maupun kulit sintetis, kamu bisa membersihkan kotorannya dengan menggunakan sikat khusus sepatu. Selain sikat, kamu juga bisa menggunakan kain yang lembut kok, Bro.

2. Gunakan sedikit larutan air sabun

5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu Biar Selalu KinclongPexels/Karolina Grabowska

Sepatu pantofel biasanya memiliki bahan kulit, baik itu kulit asli maupun kulit sintetis. Sehingga ketika cara mencucinya pun berbeda dengan sepatu olahraga atau sneakers.

Kamu bisa membersihkan sepatu pantofel dengan menggunakan larutan air sabun. Campurkan air dengan sabun pencuci piring atau deterjen secukupnya. 

Lalu, celupkan sikat yang lembut ke dalam larutan tersebut. Setelah itu, gosokkan sikat itu ke bagian yang kotor saja, agar bahan kulitnya lebih awet dan tidak cepat rusak.

Hindari mencuci sepatu pantofel sampai basah. Gunakan larutan sabun secukupnya saja, karena bahan kulit mudah rusak jika terlalu banyak terkena air.

Baca Juga: Sudah Punya Belum? Inilah 5 Rekomendasi Brand Sepatu Basket Terbaik

3. Gunakan kain lembap untuk membilas

5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu Biar Selalu KinclongUnsplash/photostockeditor

Agar larutan sabun tidak tertinggal di sepatu, kamu perlu membilasnya. Namun, membilasnya bukan dengan air mengalir, melainkan menggunakan kain lembap. Gunakan kain mikrofiber yang lembut untuk mencegah sepatu pantofel kesayanganmu tergores debu yang terperangkap di kain.

Untuk membilasnya, basahi kain terlebih dahulu dengan sedikit air. Usapkan kain yang basah tadi ke bagian upper sepatu. Usapkan kain hingga seluruh sisa-sisa air sabun dan noda bekas sabun sudah hilang.

4. Keringkan sepatu pantofel dengan cara yang benar

5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu Biar Selalu KinclongPixabay/anncapictures

Setelah dibilas, kamu bisa mengeringkan sepatu pantofel dengan cara diangin-anginkan saja. Hindari untuk menjemur langsung di bawah terik matahari, karena bisa merusak bahan kulit sepatu pantofel yang baru saja kamu cuci.

Untuk alternatif lain yang lebih cepat, kamu bisa mengelap sepatu pantofel yang masih basah menggunakan kain mikrofiber yang kering. Lap secara menyeluruh dan pastikan tidak ada sisa air yang menempel pada sepatu.

5. Gunakan semir agar sepatu pantofel kembali kinclong

5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu Biar Selalu KinclongPixabay/quinntheislander

Setelah kering, kilau warna sepatu pantofel biasanya akan memudar akibat kamu cuci. Nah, cara untuk mengembalikan kilauan sepatu pantofelmu adalah dengan menggunakan semir.

Ada berbagai macam jenis semir sepatu yang bisa kamu beli di pasaran. Mulai dari semir instan yang berbentuk cair hingga semir yang berbentuk pasta.

Semir instan dapat dengan cepat digunakan, namun efek kilaunya tidak akan bertahan lama. Sedangkan semir pasta membutuhkan cukup banyak waktu untuk menggunakannya, namun kilaunya dapat bertahan lama. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhanmu ketika menggunakan semir. 

Untuk semir, hal yang perlu kamu perhatikan adalah membeli semir sepatu sesuai dengan warna sepatu kamu. Jika warna sepatu hitam, kamu harus membeli semir berwarna hitam, begitu juga dengan warna lainnya. Jika sepatu pantofel kamu warnanya unik dan tidak tersedia warna semirnya, kamu bisa memilih semir warna netral.

Itulah 5 cara membersihkan sepatu pantofel kesayangan agar selalu kinclong, Bro! Selamat mencoba. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sepatu Pantofel Sesuai Kepribadianmu, Simak Bro!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya