Comscore Tracker

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!

#IDNTimesMen Sering ditemui saat beli sneakers online

Hobi mengoleksi sneakers bagi cowok memang menyenangkan. Karena sneakers tak hanya berfungsi sebagai alas kaki namun juga memiliki sisi yang menarik bagi cowok. Mulai dari kebanggaan saat memiliki sneakers dari sebuah merek ternama, sejarah masa lalu sneakers yang melegenda, hingga edisi terbatas yang collectible.

Biasanya para penjual sneakers sering memberikan istilah-istilah untuk menjelaskan kondisi sneakers yang dijual. Sehingga jika kamu gemar berburu sneakers, maka kamu juga perlu tahu arti dari istilah-istilah tersebut. Nah, kali ini IDN Times bagikan istilah-istilah di dunia sneakers yang wajib kamu ketahui.

1. Brand New In Box (BNIB)

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Iustrasi sneakers BNIB (pexels/Ox Street)

Merupakan istilah yang menunjukkan bahwa sneakers tersebut masih baru dan dijual lengkap dengan dus bawaannya, serta belum dibuka dari dalam kardusnya. BNIB juga bisa menjadi salah satu acuan keaslian sneakers karena produknya belum pernah dibuka dari dus aslinya.

2. Brand New With Box (BNWB)

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers BNWB (pexels/Ox Street)

Biasa juga ditulis dengan Brand New With Replaced Box, yang merupakan istilah untuk menunjukkan bahwa sneakers tersebut adalah barang yang masih baru namun dijual tanpa dus asli bawaannya. Biasanya dus yang disertakan dengan sneakers adalah dus pengganti yang mirip dengan dus bawaan atau dus yang mirip dengan dus standar dari masing-masing merek sneakers.

3. Deadstock

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilsustrasi sneakers deadstock (pexels/Ox Street)

Istilah deadstock menunjukkan bahwa sneakers tersebut adalah stok yang sudah lama disimpan, namun belum pernah dipakai bahkan belum pernah dicoba. Sneakers ini biasa tersimpan dengan baik di gudang toko, namun biasanya sneakers ini juga keluaran lama yang sengaja disimpan oleh seorang kolektor untuk dijual kembali di masa mendatang.

4. Very Near Deadstock (VNDS)

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers VNDS (pexels/MART PRODUCTION)

Istilah VNDS berarti sneakers yang sudah dipakai beberapa kali namun kondisinya masih sangat bagus, nyaris seperti sneakers yang masih baru dengan dus yang masih lengkap. Biasanya sneakers ini memiliki harga yang lebih murah dari yang baru.

5. New Old Stock (NOS)

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers NOS (pixabay/cegoh)

NOS adalah istilah yang menunjukkan bahwa sneakers ini adalah stok baru yang sudah lama tersimpan di gudang. Biasanya kondisi dus dan sedikit kotor karena sudah lama tersimpan di gudang, namun kondisi sneakers belum pernah dipakai sama sekali. Istilah ini juga sering ditemukan pada barang-barang elektronik maupun onderil kendaraan bermotor.

6. Steal deal

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilsutrasi sneakers steal deal (pixabay/Positive_Images)

Istilah ini menunjukkan bahwa sneakers yang dijual memiliki harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Istilah ini bisa dipakai untuk sneakers baru maupun bekas. Jika kamu menemukan istilah ini dan menyukainya, jangan pakai lama untuk meminangnya karena biasanya sneakers dengan istilah ini cepat laku karena harga murahnya.

Baca Juga: 7 Merek Sneakers Lokal Harga Terjangkau dengan Kualitas Terbaik!

7. Bespoke

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers bespoke (pixabay/PIRO4D)

Isitilah ini digunakan untuk sneakers yang dibuat khusus sesuai pesanan pembeli atau juga bisa disebut dengan custom. Biasanya sneakers bespoke membutuhkan waktu pengerjaan untuk menuruti permintaan dari pemesan. Permintaannya tidak hanya berupa ukuran, namun bentuk hingga warna juga bisa dipesan khusus sesuai dengan ketentuan masing-masing penyedia sneakers bespoke.

8. Limited Edition (LE)

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers LE (pexels/Erik Mclean)

Istilah ini menunjukkan bahwa sneakers merupakan edisi terbatas, baik karena stoknya sangat sedikit atau memang dibuat terbatas oleh merek sneakers yang mengeluarkan. Sneakers limited edition biasanya diburu oleh para kolektor.

9. Player Exclusive (PE)

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers PE (pexels/Wesner Rodrigues)

Istilah ini digunakan oleh sneakers olahraga yang dipesan dan dibuat khusus dengan model dan teknologi yang diinginkan oleh atlet tertentu. Biasanya sneakers seperti ini juga diproduksi massal dan dijual ke pasaran agar penggemar atlet tersebut juga bisa memilikinya. Ciri khas sang atlet biasanya melekat erat pada sneakers PE tersebut.

10. OG

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers OG (pexels/Guillermo Arroyo)

Istilah ini merujuk pada kata original. Namun bukan original lawan dari palsu atau KW, namun merupakan istilah yang digunakan sebuah seri sneakers saat pertama kali dirilis. Biasanya sebuah sneakers yang menjadi hype atau ikonik akan diproduksi ulang dengan beberapa perubahan minor atau variasi warna berbeda. Jadi istilah OG ini digunakan untuk membedakan seri sneakers yang sudah diproduksi ulang dengan seri original desain dan model sneakers saat pertama kali dirilis.

11. Retro

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers retro (pixabay/putradewarahadi)

Biasanya beberapa merek sneakers merilis kembali seri sneakers yang ikonik atau sempat menjadi tren di masa lalu. Perilisan ulang ini disebut dengan istilah retro. Biasanya hanya dilakukan sedikit perubahan minor pada sneakers dengan warna yang masih sama dengan warna sneakers saat dirilis.

Istilah retro ini sering digunakan oleh Nike dan Air Jordan dengan menambahkan tahun rilis ulang sneakers tersebut. Misalnya Air Jordan 5 Retro 'Fire Red' 2020, yang menunjukkan seri tersebut adalah Air Jordan 5 warna fire red yang dirilis ulang pada tahun 2020. Air Jordan 5 sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1990.

12. SB

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers SB (pixabay/jillrose999)

Istilah SB menandakan bahwa sneakers tersebut memiliki model dan peruntukan olahraga skateboard. Biasanya sneakers SB memiliki bentuk khas layaknya keluaran Vans. Juga memiliki bahan upper dan sol yang kuat sehingga aman digunakan untuk skateboard.

13. Reflective material (3M)

13 Istilah di Dunia Sneakers yang Wajib Banget Kamu Tahu, Bro!Ilustrasi sneakers dengan reflective material (instagram.com/stepa_stepochkin)

Istilah ini digunakan untuk sneakers yang menggunakan bahan-bahan reflektif di mana bahan ini dapat memantulkan cahaya saat disorot oleh lampu. Biasanya sneakers dari New Balance menggunakan bahan ini di beberapa panel sneakers mereka.

Karena salah satu penyedia terbesar bahan ini adalah perusahaan dengan nama 3M, maka bahan reflektif pada sneakers ini jadi sering disebut dengan 3M.

Dengan mengenal istilah tentang sneakers ini akan dimudahkan saat ingin atau akan berbelanja khususnya secara online. Jadi, jangan lupa kenali tiga belas istilah tentang sneakers di atas ya, Bro!

Baca Juga: 7 Tips Membedakan Sneakers Asli dengan Palsu, Jangan Sampai Kena Tipu!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya