Comscore Tracker

5 Model Kacamata Pria Sesuai Bentuk Wajah, Jangan Salah Pilih!

Tampil lebih kece jika tepat memilih kacamata, jangan salah!

Kacamata menjadi kebutuhan para pria tidak hanya sebagai penunjang penampilan, namun juga sebagai pelindung mata. Baik kacamata biasa maupun kacamata hitam untuk menangkal terik matahari, ternyata perlu disesuaikan dengan bentuk wajah agar penampilan jadi lebih maksimal dan terlihat cocok dipakai.

Seperti yang kita tahu, bentuk wajah pria terbagi menjadi beberapa bentuk yang dapat disesuaikan dengan bentuk kacamata yang dipakai, sehingga perpaduan wajah dengan kacamata membuat bentuk wajah semakin proporsional.

Biar gak bingung dan gak salah pilih dalam menentukan kacamata yang paling cocok untuk bentuk wajah kamu, kali ini IDN Times akan bagikan lima jenis kacamata yang paling cocok untuk berbagai bentuk wajah pria. Simak di bawah ini ya, Bro!

1. Pemilik wajah oval dapat memakai hampir semua jenis bentuk kacamata

5 Model Kacamata Pria Sesuai Bentuk Wajah, Jangan Salah Pilih!Ilustrasi kacamata untuk bentuk wajah oval (pexels/N L)

Beruntung bagi kamu yang memiliki wajah oval, karena bentuk wajah ini memiliki bentuk yang seimbang dan proporsional. Ciri-ciri bentuk wajah oval adalah bagian dahi dan dagunya lebih sempit, dan memiliki tulang pipi yang sedikit lebih lebar dari dahi dan dagunya.

Dari ciri-ciri bentuk wajah oval ini akan membuat kamu cocok memakai hampir segala jenis bentuk kacamata. Kamu hanya perlu menyesuaikan ukuran wajah dengan ukuran kacamata yang kamu ingin pakai agar penampilan lebih maksimal.

2. Bentuk wajah hati, cocok pakai kacamata dengan lensa yang membesar di bagian bawah

5 Model Kacamata Pria Sesuai Bentuk Wajah, Jangan Salah Pilih!Ilustrasi kacamata untuk pria bentuk wajah hati (unsplash/Marcos Paulo Prado)

Pria dengan bentuk wajah hati memiliki tulang pipi yang tinggi, dahi yang lebar, dan dagu yang menyempit. Bentuk wajah ini agar lebih seimbang memerlukan kacamata yang memiliki lensa melebar di bagian bawahnya, karena bentuk wajah hati memiliki profil lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah sehingga wajah akan terlihat lebih proporsional dengan tambahan lensa kacamata yang melebar di bagian bawah.

Hindari juga kacamata dengan bingkai yang tebal di bagian samping karena akan membuat tulang pipi kamu semakin menonjol akibat bingkai yang tebal ini. Salah satu kacamata yang juga cocok untuk tipe wajah ini adalah kacamata berjenis aviator.

3. Wajah persegi cocok menggunakan kacamata berbingkai bulat

5 Model Kacamata Pria Sesuai Bentuk Wajah, Jangan Salah Pilih!Ilustrasi kacamata frame bulat (pexels/Anthony Shkraba)

Pria berwajah persegi memiliki bentuk wajah yang cukup proporsional seperti wajah oval, namun memiliki sudut wajah yang lebih solid. Pria dengan bentuk wajah persegi memiliki garis rahang yang kuat, serta dahi yang cukup lebar, sehingga akan cocok menggunakan kacamata yang memiliki bingkai bulat.

Kacamata dengan bingkai bulat atau oval akan memberikan kesan memperhalus sudut-sudut tajam pada wajah dengan tipe persegi. Sehingga penampilan wajah menjadi lebih proporsional. 

Baca Juga: 5 Merek Jam Tangan Pria Buatan Jepang dengan Kualitas Terbaik 

4. Pria dengan wajah berbentuk berlian cocok menggunakan kacamata dengan bingkai tebal di bagian atas

5 Model Kacamata Pria Sesuai Bentuk Wajah, Jangan Salah Pilih!Ilustrasi kacamata untuk bentuk wajah berlian (pexels/Andrea Piacquadio)

Bentuk wajah berlian memiliki ciri-ciri tulang pipi yang kuat dan penuh, sedangkan dahi dan dagunya meruncing cukup tajam. Jika kamu memiliki wajah dengan bentuk hati, maka kamu bisa memilih kacamata yang memiliki lensa tipis dan ringan.

Lalu kamu juga bisa memilih kacamata dengan bingkai yang tebal di bagian atas. Dengan bingkai yang tebal di bagian atas, akan memberikan kesan lebih penuh di bagian dahi sehingga lebih menyeimbangkan bentuk wajah kamu.

5. Pria berwajah bulat cocok memakai kacamata dengan bingkai bersudut tajam

5 Model Kacamata Pria Sesuai Bentuk Wajah, Jangan Salah Pilih!Ilustrasi kacamata untuk pria berwajah bulat (pexels/Kampus Production)

Bentuk wajah bulat juga cukup proporsional, namun agak berbeda dengan bentuk wajah oval. Bentuk wajah bulat memiliki sisi yang lebih lembut dan memiliki profil wajah yang lebih pendek dari bentuk wajah oval. 

Bentuk wajah bulat akan terlihat makin bagus dengan kacamata yang memiliki sudut-sudut bingkai yang tajam di bagian samping atas dan memiliki lensa yang agak tinggi. Dengan kacamata seperti itu, profil wajah bulat akan lebih terlihat memanjang dan mengurangi efek membulat dari karakter bentuk wajah ini.

Kini kamu sudah gak bingung lagi memilih jenis kacamata sesuai dengan bentuk wajah kamu bukan, Bro?

Baca Juga: 5 Cara Seru Padu Padan Kemeja Putih Pria agar Tampak Modis dan Keren

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya