Comscore Tracker

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!

Terbuat dari serat alami, sintetis, dan campuran

Hubungan pacaran yang naik kelas ke jenjang pernikahan pastinya jadi harapan setiap pasangan. Sebagai momen sakral yang lama dinantikan, pernikahan perlu dipersiapkan dengan matang, mulai dari pakaian hingga dekorasi.

Berbicara soal pakaian pernikahan, tak sedikit pengantin yang memilih mendesainnya sendiri. Menariknya, gak hanya pakaian adat daerah tertentu, mengenakan pakaian pernikahan modern kini tengah menjadi tren.

Tentunya pakaian pernikahan pengantin pria identik dengan jas (suit). Gak cuma memberikan tampilan terbaik, jas pengantin yang bagus idealnya menawarkan kenyamanan bagi pemakainya. Lantas, apa saja jenis bahan jas pengantin yang bagus? Simak daftarnya di bawah ini, Bro!

Baca Juga: 5 Perbedaan Jas dan Tuxedo yang Perlu Diketahui, Bukan Hanya Harga!

1. Wol

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!Wol sebagai bahan jas pengantin yang bagus (pexels.com/jeremy-wong-382920)

Bahan wol cocok untuk digunakan sebagai bahan jas pengantin yang bagus di negara tropis. Gak hanya memberi kenyamanan optimal, bahan wol juga tidak terasa panas sehingga aman dikenakan untuk pernikahan dengan durasi lama.

Berasal dari serat alami, bahan wol tidak mudah berubah dan terbakar ketika disetrika dengan suhu tinggi. Bahan jas pengantin yang bagus ini pun gak gampang kusut meski kamu banyak bergerak.

Karena pilihan warna bahan wol terbatas, kamu bisa menyiasatinya dengan mengombinasikannya bersama bahan jas pengantin bagus lain, seperti linen, sutra, dan katun.

2. Semi wool

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!Semi wool sebagai bahan jas pengantin yang bagus (pexels.com/lewis-ashton-117694088)

Rekomendasi bahan jas pengantin yang bagus selanjutnya adalah semi wool. Untuk mendapatkan kualitas yang gak beda jauh dari bahan wol asli, bahan semi wool menggabungkan bahan wol dengan bahan poliester.

Dibandingkan bahan wol, bahan semi wool dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau dan mudah didapatkan di pasaran. Keunggulan lain dari bahan jas pengantin yang bagus ini adalah sifatnya yang tidak terlalu panas, tidak mudah kusut, dan mudah dibersihkan.

Baca Juga: 6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!

3. Wool silk

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!Wool silk sebagai bahan jas pengantin yang bagus (unsplash.com/marcospradobr)

Bahan wool silk dijamin bikin penampilanmu semakin menarik dan elegan di pernikahan. Berbeda dengan bahan semi wool, bahan jas pengantin yang bagus ini mengombinasikan bahan wol dengan bahan poliester.

Di sisi kualitas, bahan wool silk gak jauh berbeda dari bahan wol asli, sedangkan kalau masalah harga, bahan ini terbilang lebih terjangkau daripada bahan wol. Berbeda dengan bahan semi wol, tampilan bahan wool silk terkesan lebih mengkilap sehingga tampak glamor ketika dikenakan. Tak hanya itu, bahan jas pengantin yang bagus ini memiliki pilihan warna yang lebih beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan.

4. High twist

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!High twist sebagai bahan jas pengantin yang bagus (pexels.com/kampratt)

Untuk mendapatkan bahan jas pengantin yang bagus, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada bahan high twist. Berkat teksturnya yang elastis dan tebal, bahan ini cocok dijadikan material utama pembuatan jas dan blazer

High twist memiliki permukaan halus dan mengkilap sebab terbuat dari serat poliester sintetis. Gak hanya itu, bahan jas pengantin yang bagus mudah dibersihkan dan tetap rapi meski kamu banyak bergerak.

Uniknya, bahan high twist gak kalah tahan lama dari bahan wol sehingga bisa dikenakan untuk jangka panjang. Sayangnya, bahan ini sulit menyerap keringat dan terasa panas bila terlalu lama dipakai, khususnya saat cuaca panas.

Baca Juga: 7 Model Dasi Pria untuk Acara Formal, Bukan Cuma Bentuk Kupu-Kupu!

5. Tetoron rayon

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!Tetoron rayon sebagai bahan jas pengantin yang bagus (canva.com)

Dikenal dengan istilah poliester rayon, tetoron rayon termasuk bahan jas pengantin yang bagus. Bahan ini tersedia dalam beragam pilihan warna dan tekstur yang bervariasi.

Dalam hal penggunaan, tetoron rayon lebih cocok dijadikan sebagai bahan campuran daripada bahan utama. Adapun jenis jas yang ideal untuk bahan ini adalah jas pria modern yang kini tengah hits.

6. Drill

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!Drill sebagai bahan jas pengantin yang bagus (unsplash.com/heathamilla)

Bahan drill hadir dengan karakteristik ringan dan mudah menyerap keringat. Berbeda dengan bahan semi wool dan wool silk, bahan jas pengantin yang bagus ini memanfaatkan bahan katun dan bahan poliester sebagai material utama.

Bahan drill hadir dalam dua jenis, yaitu japan drill yang tebal dan kuat serta american drill yang memiliki permukaan halus dan lembut. Untuk memperindah tampilan jas, tambahkan motif dengan cara bordir, sablon manual, dan printing.

Memiliki permukaan yang halus, bahan drill nyaman untuk dikenakan dalam waktu lama. Poin plus dari bahan jas pengantin yang bagus ini adalah daya tahannya yang lama dan harganya yang lebih ekonomis dibandingkan bahan wol.  

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jas Pengantin Pria untuk Dikenakan di Hari Istimewa

7. Corduroy

7 Bahan Jas Pengantin yang Bagus dan Bikin Nyaman, Pilih!Corduroy sebagai bahan jas pengantin yang bagus (canva.com)

Menyerupai kain katun, bahan corduroy terbuat dari kapas tebal bertekstur halus. Bedanya, kapas dipuntir sehingga tampak terbuat dari beberapa tali yang diletakkan sejajar satu sama lain lalu dijahit bersamaan. Tak hanya itu, bahan jas pengantin yang bagus ini ideal dikenakan jangka panjang sebab memiliki daya tahan yang baik.

Itulah rekomendasi tujuh bahan jas pengantin yang bagus. Sesuaikan bahan jas yang kamu pilih dengan kebutuhan dan keinginan agar tercipta jas yang sempurna, Bro!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jas Pria Terbaik, Berkualitas dan Gak Mahal!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya