Comscore Tracker

4 Peralatan untuk Menyemir Sepatu yang Perlu Dipersiapkan, Perhatikan!

Sesuaikan jenis semir dengan warna sepatu

Tampil keren rasanya gak lengkap tanpa sepatu atau sneakers sebagai pelengkap penampilan. Tapi, kalau sepatumu kusam dan pudar, bukannya tambah kece, kamu malah kelihatan kurang terawat. Karena itu, merawat sepatu menjadi hal yang gak boleh dilewatkan.

Bila sepatu dirawat dengan baik, dijamin akan tetap awet dan nyaman dipakai meski telah lama dibeli. Selain dicuci, merawat sepatu bisa dilakukan dengan cara rutin disemir.

Teknik menyemir sepatu tentunya gak bisa dilakukan secara asal. Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dulu. Mulai dari semir hingga kain, inilah empat peralatan untuk menyemir sepatu yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Semir Sepatu Terbaik yang Perlu Pria Perhatikan

1. Semir sepatu

4 Peralatan untuk Menyemir Sepatu yang Perlu Dipersiapkan, Perhatikan!Semir sepatu sebagai peralatan untuk menyemir sepatu (canva.com)

Dalam urusan menyemir sepatu, semir sepatu tentunya gak boleh ketinggalan. Semir sepatu hadir dalam berbagai warna, seperti hitam, cokelat, dan netral. Peralatan untuk menyemir sepatu ini bisa kamu sesuaikan dengan warna sepatu yang hendak disemir.

Uniknya, kamu bisa menggunakan bahan alami di sekitarmu sebagai semir, seperti kulit pisang, minyak kelapa, serta minyak zaitun dan lemon. Meski ramah lingkungan, semir sepatu alami cenderung kurang tahan lama dibandingkan semir buatan pabrik.  

2. Sikat semir

4 Peralatan untuk Menyemir Sepatu yang Perlu Dipersiapkan, Perhatikan!Sikat semir sebagai peralatan untuk menyemir sepatu (canva.com)

Menyemir sepatu tentunya gak mungkin menggunakan tangan. Ada sikat khusus untuk menyemir sepatu yang bisa kamu pilih. Tapi bila sedang kepepet, kamu bisa memanfaatkan spons, sikat cuci baju, atau sikat gigi bekas sebagai peralatan untuk menyemir sepatu.

Gunakan sikat berukuran besar untuk area sepatu yang lebar. Sebaliknya, sikat gigi cocok untuk menyemir bagian sepatu yang tersembunyi dan sulit dijangkau.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Sepatu Terbaik, Bikin Sepatu Kinclong!

3. Koran bekas

4 Peralatan untuk Menyemir Sepatu yang Perlu Dipersiapkan, Perhatikan!Koran bekas sebagai peralatan untuk menyemir sepatu (unsplash.com/mahdi17)

Menyemir sepatu sebaiknya tidak dilakukan langsung di atas lantai. Bila tidak, noda-noda bekas semir sepatu bisa tertinggal dan tidak sengaja terinjak sehingga menyebabkan lantai kotor.

Solusinya, kamu bisa menggunakan sesuatu sebagai alas, misalnya koran bekas. Peralatan untuk menyemir sepatu ini berfungsi menampung bekas semir dan menjaga lantai tetap bersih. Bila tidak memiliki koran bekas, kamu bisa menggunakan kertas bekas sebagai alternatif.

4. Kain bekas

4 Peralatan untuk Menyemir Sepatu yang Perlu Dipersiapkan, Perhatikan!Kain bekas sebagai peralatan untuk menyemir sepatu (canva.com)

Dalam hal menyemir sepatu, kain bekas menjadi benda yang penting dipersiapkan. Peralatan untuk menyemir sepatu ini terbilang multifungsi. Selain bisa dijadikan untuk membubuhkan semir, kain bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai alas atau sikat untuk menyemir.

Hal terpenting, pilihlah kain yang memiliki sedikit serat atau tidak sama sekali, contohnya kain chamois dan kain katun. Kain jenis ini bisa mengurangi gesekan dan guratan pada sepatu. Terlebih bila sepatu yang kamu semir adalah sepatu kulit. 

Itulah empat peralatan untuk menyemir sepatu yang dibutuhkan. Bila seluruh peralatan sudah siap, kamu bisa langsung menyemir sepatu, Bro!

Baca Juga: 23 Sneakers Pria Terbaik di Tahun 2022 ala Street Style, Sudah Punya?

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya