Comscore Tracker

5 Tips Memilih Semir Sepatu Terbaik yang Perlu Pria Perhatikan

Biar hasilnya jadi maksimal

Menyemir sepatu menjadi salah satu kegiatan yang cukup rutin dilakukan oleh para pria. Apalagi, jika mempunyai koleksi sepatu kulit yang harus rajin dirawat agar warnanya gak berubah. Tapi, menyemir sepatu juga gak bisa sembarangan, apalagi saat memilihnya. 

Biar gak salah pilih dan hasilnya maksimal, kamu bisa coba nih lima tips memilih semir sepatu pria berikut ini supaya hasilnya maksimal. Penasaran? Baca ulasannya sampai habis, ya!

1. Sesuaikan warna semir dengan sepatu

5 Tips Memilih Semir Sepatu Terbaik yang Perlu Pria PerhatikanIlustrasi perlengkapan menyemir sepatu (unsplash.com/Lina Verovaya)

Selain hitam, semir sepatu ternyata terdiri dari berbagai macam warna. Kamu bisa menyesuaikan warna semir dengan sepatumu. Hal tersebut bertujuan agar sepatu kulit yang akan kamu semir gak kehilangan warna aslinya. 

Berbeda dengan semir hitam, sedikit menjadi tantangan ketika kamu mencari semir warna coklat, merah, dan sebagainya. Tapi kamu gak perlu khawatir, saat ini sudah ada semir sepatu berwarna netral yang bisa kamu coba!

2. Cari bahan semir yang tepat

5 Tips Memilih Semir Sepatu Terbaik yang Perlu Pria PerhatikanIlustrasi perlengkapan menyemir sepatu (unsplash.com/Lina Verovaya)

Ada berbagai macam jenis semir sepatu yang bisa kamu pilih, mulai dari cairan, lilin, dan krim. Kalau kamu mencari semir yang mampu memproteksi lebih maksimal dari kerusakan, maka semir lilin dan krim dapat menjadi pilihan.

Untuk hasil semir yang tahan lama, maka luangkan waktu lebih untuk proses pengeringannya. Kalau semir cair lebih cocok digunakan buatmu yang ingin cepat dan mudah agar kering dalam waktu singkat.

3. Hasil lebih maksimal dengan kondisioner

5 Tips Memilih Semir Sepatu Terbaik yang Perlu Pria PerhatikanIlustrasi sepatu pantofel (unsplash.com/Clem Onojeghuo)

Kalau ingin hasil yang lebih maksimal, ada baiknya kamu juga mencari cairan khusus yang dapat membantu membersihkan permukaan sepatu kulit dari debu dan kotoran. Coba deh gunakan kondisioner.

Cara penggunaan kondisioner pun cukup mudah. Cukup oleskan pada sepatu sedikit demi sedikit dan diamkan 10-20 menit. Setelah itu, keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!

4. Pilih aplikator khusus

5 Tips Memilih Semir Sepatu Terbaik yang Perlu Pria PerhatikanIlustrasi menyemir sepatu (pexels.com/Anna Shvets)

Kalau kamu sudah menentukan mau menggunakan bahan semir dan warna apa, maka langkah selanjutnya adalah memilih aplikator yang tepat. Pilihlah sikat khusus semir sepatu yang dapat membantumu mengaplikasikannya secara merata.

Tapi, kalau kamu lebih menginginkan hasil yang smooth, maka gunakanlah kain khusus semir yang lembut. Cara menggosokannya juga jangan terlalu keras, cukup dilakukan secara perlahan tapi merata.

5. Semir sepatu untuk hasil mengilap

5 Tips Memilih Semir Sepatu Terbaik yang Perlu Pria PerhatikanIlustrasi sepatu kulit (unsplash.com/Noah Smith)

Ada sebagian pria yang menginginkan hasil mengilau ketika menyemir sepatu. Untuk mendapatkan hasil mengilap, pilihlah bahan semir lilin dan kain lembut seperti chamois dalam proses peberusan.

Jika sudah, kamu dapat memberi beberapa tetes air mineral pada sepatu yang sudah disemir. Lakukan kembali hingga menghasilkan permukaan yang lebih licin dan berkilau. Mudah banget, kan!

Nah, itulah lima tips memilih semir terbaik untuk sepatu pria. Selamat mencoba lima tips di atas, Bro!

Baca Juga: 5 Perbedaan Sepatu Converse Ori dan KW, Jangan Salah Beli Bro!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya