Comscore Tracker

5 Tips Merawat Sepatu Pria Berbahan Suede, Dijamin Gak Cepat Rusak! 

Gak perlu repot buat merawatnya! #IDNTimesMen

Sepatu sudah menjadi salah satu kebutuhan fashion bagi banyak orang, termasuk pria. Ada berbagai macam jenis sepatu yang bisa dipilih untuk menunjang penampilan. Salah satunya adalah sepatu yang terbuat dari bahan suede.

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, sepatu dengan bahan suede memang lebih mudah kotor dan membutuhkan perawatan rutin. Kalau gak dirawat dengan baik, maka sepatu suede bisa saja menjadi rusak.

Berikut ada lima tips merawat sepatu berbahan suede agar tetap awet, tahan lama dan gak cepat rusak. Kira-kira bagaimana caranya? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

1. Hindari terkena air

5 Tips Merawat Sepatu Pria Berbahan Suede, Dijamin Gak Cepat Rusak! Ilustrasi sepatu suede (unsplash.com/m)

Kamu pasti pernah dengar jika sepatu suede gak boleh terkena air. Hal tersebut dikarenakan air bisa mengubah warna dan tekstur suede. Saat musim hujan, sebaiknya hindari menggunakan sepatu berbahan suede.

Jika sepatu suede koleksi kamu basah, segera angin-anginkan sampai kering. Kamu juga bisa menggunakan bantuan hairdryer bersuhu sedang untuk mengeringkannya.

2. Jangan mencuci dengan merendamnya di dalam air

5 Tips Merawat Sepatu Pria Berbahan Suede, Dijamin Gak Cepat Rusak! Ilustrasi sepatu suede (unsplash.com/Noah Smith)

Merendam sepatu suede di dalam air untuk membersihkannya bukanlah hal yang tepat. Jika kamu ingin membersihkannya, sebaiknya sikat permukaan suede secara berkala.

Lakukan perlahan dengan ikut menyikat semua permukaan sepatu biar warnanya sama rata. Kamu bisa menggunakan sikat halus atau sikat gigi biasa untuk membersihkannya. Dijamin, sepatu suede koleksi kamu bakal kinclong seperti baru lagi!

3. Tepung bisa menghilangkan noda pada sepatu

5 Tips Merawat Sepatu Pria Berbahan Suede, Dijamin Gak Cepat Rusak! Ilustrasi sepatu suede (unsplash.com/David Lezcano)

Apa hubungannya tepung dengan sepatu suede? Nah, life hacks satu ini wajib banget kamu tahu. Kalau sepatu suede koleksimu ketumpahan minyak atau kuah makanan, coba taburkan tepung di area yang kotor.

Setelah itu, diamkan semalaman hingga tepung menyerap dan mengangkat noda dari permukaan kulit. Kamu tinggal sikat sisa tepung dengan sikat halus. Mudah banget, kan!

Baca Juga: Pencinta Sneakers Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan BNWB dan BNOB

4. Simpan sepatu di tempat yang kering

5 Tips Merawat Sepatu Pria Berbahan Suede, Dijamin Gak Cepat Rusak! Ilustrasi sepatu suede (unsplash.com/Jake Goossen)

Sama seperti cara menyimpan sepatu bahan kulit pada umumnya, sepatu suede juga gak boleh disimpan di tempat lembap. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat sepatu berjamur atau rusak.

Selain itu, jauhkan sepatu suede dari sinar matahari agar warnanya tidak memudar. Agar tetap aman dan awet, kamu bisa langsung menyimpannya di dalam boks sepatu.

5. Gunakan pelindung khusus

5 Tips Merawat Sepatu Pria Berbahan Suede, Dijamin Gak Cepat Rusak! Ilustrasi sepatu suede (unsplash.com/Arūnas Naujokas)

Sebelum sepatu menjadi kotor terkena noda, kamu bisa melakukan langkah pencegahan untuk melindungi kulit suede dengan menyemprotkan spray khusus. Gak perlu bingung, spray jenis ini bisa dibeli di toko reparasi atau toko sepatu.

Bahan kimia yang ada di dalam spray akan melindungi permukaan suede dari kotoran dan air. Agar permukaan suede tetap rapi, kamu bisa menyisirnya dengan dengan sikat halus.

Itulah lima tips merawat sepatu pria yang berbahan suede agar tetap awet. Kalau kamu penggemar sepatu suede, bisa lakukan salah satu tips di atas! Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Menyemir Sepatu Kulit agar Mengilap dan Gak Cepat Rusak

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya