Comscore Tracker

Desainer Ternama Virgil Abloh Meninggal Dunia, Dunia Fashion Berduka

Meninggal karena kanker diusia 41 tahun

Desainer fashion ternama asal Amerika Serikat, Virgil Abloh meninggal dunia pada hari Minggu (28/11/2021) waktu setempat. Hal ini disampaikan oleh akun Instagram Louis Vuitton.

Penyebab Abloh meninggal disebabkan karena penyakit kanker yang dideritanya selama bertahun-tahun. Pria kelahiran Rockford, Illinois, AS ini disebutkan sudah melawan penyakit kanker yang dideritanya.

"Kami semua terkejut atas kabar buruk ini. Virgil tidak hanya seorang desainer yang jenius, visioner, tetapi juga seorang laki-laki dengan jiwa yang indah dan kebijaksanaan yang besar," ujar Kepala Eksekutif LVMH Bernard Arnault dalam pernyataannya, Senin (29/11/2021).

Berikut ini rangkuman informasi mengenai Virgil Abloh meninggal dunia karena penyakit kanker. Simak ulasannya!

1. Abloh menjadi desainer ikonik kreatif busana top dunia

Desainer Ternama Virgil Abloh Meninggal Dunia, Dunia Fashion BerdukaVirgil Abloh (instagram.com/Virgilabloh)

Peran Abloh untuk brand fashion ternama di dunia ini gak sedikit. Ia menjadi pria kulit hitam pertama yang menjadi salah satu unsur pimpinan kreatif di lini busana mewah.

Karena ide desain busananya yang ikonik dan kreatif membuat Abloh dipilih menjadi direktur artistik koleksi pria Louis Vuitton pada 2018 silam. Selain itu, Abloh melalui merek Off-White mampu membawa busana street wear seperti hoodie dan sneakers ke atas panggung catwalk dunia.

2. Abloh mengangkat isu sosial ke dalam desain

Desainer Ternama Virgil Abloh Meninggal Dunia, Dunia Fashion BerdukaVirgil Abloh (instagram.com/Virgilabloh)

Ketika dinobatkan menjadi salah satu punggawa di Louis Vuitton pada 2018 silam, ia mengusung misi pribadi untuk memperkenalkan isu-isu sosial. Isu-isu sosial yang diusung olehnya seperti perjuangan kesetaraan orang kulit hitam, antirasialisme, dan antihomofobia.

Salah satunya, ia sematkan saat pertunjukan busana di Paris pada Januari 2021 silam. Dia juga masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

3. Mengidap kanker sejak 2019

Desainer Ternama Virgil Abloh Meninggal Dunia, Dunia Fashion BerdukaVirgil Abloh (instagram.com/Virgilabloh)

Pada tahun 2019, Abloh didiagnosis menderita kanker langka yang agresif yakni jantung angiosarkoma. Penyakit ini membuatnya harus rehat dari dunia fashion dan menjalani sejumlah perawatan.

Perjuangan Abloh melawan kanker harus terhenti setelah penyakit yang diidapnya merenggut nyawanya. Namun, ide, karya, dan perjuangan Abloh di dunia fashion akan selalu dikenang.

Beberapa direktur fashion kenamaan dunia juga turut berduka atas kepergian Abloh seperti direktur Dior Kim Jones dan rumah mode Gucci. Selain itu, para pesohor dunia juga menyampaikan duka citanya seperti Pharell Williams, Idris Elba, dan aktor Prancis Omar Sy.

Nah, itulah beberapa informasi terkait meninggalnya Virgil Abloh karena penyakit kanker. Semoga arwah Virgil bisa tenang di sana ya, Bro!

Baca Juga: 10 Fashion Style Pria dengan Outfit Denim di Jakarta Fashion Week 2022

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya