Comscore Tracker

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!

Tampil elegan dengan smart casual

Ketika kita ingin bersantai dan menggunakan busana kasual. Namun mendadak ada momen di mana kamu harus berpenampilan rapi. Jangan khawatir, ada solusi yang bisa kamu lakukan untuk terlihat rapi dengan pakaian yang simpel.

Kamu bisa mengenakan pakaian yang bergaya smart casual. Gaya ini adalah padu padan outfit pria yang rapi, konvensional, namun cenderung tidak terlalu formal. Walaupun bersifat kasual bukan berarti kita bebas memilih pakaian apa pun saat menerapkan gaya tersebut.

Intinya, gaya berpakaian ini berkaitan dengan keseimbangan antara gaya kasual yang santai dan formal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tujuh fashion item pria untuk tampil smart casual yang bisa dengan mudah kamu sontek. Simak sampai habis!

1. Blazer dan jaket

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!Ilustrasi blazer pria (unsplash.com/Lars Kienle)

Memang, pakaian yang berkesan serius sangat cocok dengan gaya smart casual daripada kita berpenampilan seadanya. Tapi, jangan terlalu resmi dengan memilih setelan khususnya saat kerja misalnya.

Kamu bisa memilih blazer sebagai atasan untuk gaya yang smart casual. Piliihlah blazer yang berbahan katun dan linen agar tidak membuat gerah di cuaca tropis, khususnya di Indonesia.

Untuk menentukan warna, jangan selalu terpaku dengan warna-warna polos. Kamu bisa bereksperimen dengan mencoba warna biru yang lebih berani, burgundy, cokelat tanah, atau pola yang unik. Namun, hindari warna atau motif yang sangat mencolok.

2. Kemeja kasual

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!Ilustrasi kemeja kasual pria (unsplash.com/Ihor Rapita)

Dalam berpadu padan dengan kemeja kasual, sebaiknya pilih kemeja dengan satu warna saja karena jauh lebih aman dan tidak ribet. Dengan kemeja kasual bermotif garis-garis atau kembang bisa menonjolkan kepribadian kita.

Supaya tidak terlalu terlihat berlebihan, kamu bisa kenakan potongan yang lebih klasik di bagian lain. Lalu, jangan menabrakkan terlalu banyak warna. Jika desain ujung kemeja cenderung panjang, maka masukan ke dalam celana. Begitu juga sebainya, jika ujung kemeja pendek, maka biarkan saja.

3. T-shirt

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!Ilustrasi t-shirt pria (unsplash.com/Kukuvaja Feinkost)

Jika kamu malas memakai pakaian yang berkancing dan ingin terlihat santai, kamu bisa menggunakan kaus. Tetapi, bukan sembarang kaus, ya! Pastikan kamu memilih kaus yang berukuran pas dan memiliki garis leher bulat atau crewneck.

Hindari pemakaian kaus yang berbahan tipis, karena bisa menonjolkan bagian puting. Selain itu, jangan memilih kaus yang mempunyai kerah v-neck karena orang yang melihatmu akan berpikiran negatif.

Baca Juga: 9 Gaya Outfit Aktor di FFI 2021 dalam Balutan Jas, Tampil Super Elegan

4. Celana panjang kasual

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!Ilustrasi celana panjang kasual pria (unsplash.com/Santhosh Vaithiyanathan)

Sama halnya dengan atasan, kamu juga bisa mendapatkan kesan smart casual pada bawahan. Kamu tidak perlu memakai celana bahan yang terkesan serius. Cukup kenakan celana chino atau celana jeans dengan potongan yang ramping sudah memadai untuk gaya smart casual kamu.

Namun, ada beberapa aturan yang harus kamu turuti. Pastikan celana jeans atau celana chino yang kamu pakai berukuran pas, berwarna netral, dan bagian ujung celana bisa dilipat. Hindari pemakain ripped jeans atau celana jeans yang belel dan sudah robek di beberapa bagian. 

Ketika kamu ingin memakai celana jeans, carilah yang berwarna biru gelap atau hitam. Kemudian, padukan dengan kemeja atau t-shirt dan blazer.

5. Celana pendek

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!Ilustrasi celana pendek pria (unsplash.com/snaploon)

Penggunaan celana pendek kargo dan celana pendek apapun yang memiliki potongan di atas lutut patut kamu hindari. Sebab, penggunaan celana model tersebut jauh dari penampilan gaya smart casual.

Celana pendek dengan pola tertentu boleh digunakan jika bagian lain dalam tampilan kita bersifat polos atau tidak terlalu berlebihan. Jika atasan kita memiliki model bermotif, maka carilah celana pendek polos dalam warna biru tua, abu-abu, atau cream.

6. Sepatu

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!Ilustrasi sneakers pria (unsplash.com/Brooke Cagle)

Fashion item ini sangat berperan penting dalam sebuah penampilan, baik formal maupun kasual. Aturan memilih sepatu dalam gaya smart casual sangat mudah kamu lakukan. Usahakan pilih sepatu dengan warna yang serasi dengan warna atasan dan bawahan.

Misalnya, ketika kamu memadukan kemeja linen dan celana pendek jangan menggunakan sepatu oxford melainkan pakai loafers sebagai alas kaki. Kemudian, ketika kamu pergi ke acara pesta ulang tahun kerabat, kenakan saja sneakers berwarna putih atau sepatu boots.

7. Aksesori

7 Fashion Item Pria untuk Tampil Smart Casual, Wajib Coba!Ilustrasi aksesoris pria (unsplash.com/Nab Visuals)

Penggunaan aksesori untuk gaya smart casual tidak boleh asal pilih. Misalnya dasi, item tersebut bukanlah aksesoris untuk gaya smart casual. Untuk gantinya kamu bisa membawa saputangan. Kombinasikan warna saputangan dengan warna kemeja dan hindari saputangan yang berbahan tebal.

Kemudian, untuk ikat pinggang kamu tidak perlu memakai ikat pinggang yang berbahan kulit mahal rancangan desainer dan brand ternama. Cukup memilih ikat pinggang berbahan kain saja.

Itulah tujuh fashion item pria untuk tampil smart casual yang bisa dengan mudah kamu sontek. Padukan beberapa fashion item tersebut supaya gaya smart casual kamu terlihat elegan dan maksimal. Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: 9 Fashion Style Pria dengan Oversized Outfit di JFW 2022, Unik!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya