Comscore Tracker

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!

Jangan sampai salah lagi, ya!

Berpakaian yang keren dan elegan adalah keinginan semua orang dalam menunjang penampilan. Jika berpenampilan baik maka tingkat kenyamanan dan percaya diri akan meningkat.

Dalam berpenampilan kadang kita sudah menganggap pakaian yang kita pilih dan pakai
sudah nyaman dan cocok dengan keadaan. Tapi perlu kamu tahu, dibalik pakaian yang sudah kamu anggap nyaman dan cocok sebenarnya ada beberapa faktor kesalahan yang dilakukan tanpa sengaja.

Berikut ini tujuh kesalahan fashion pria yang dilakukan tanpa sengaja. Simak sampai habis supaya kamu gak salah lagi ya, bro! 

1. Setelan jas tidak seukuran

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!Ilustrasi kesalahan fashion pria (pexels.com/ MART PRODUCTION)

Jas adalah outfit formal  cowok yang dipakai saat waktu tertentu. Karena jarang dipakai, sebagian cowok cenderung lebih memilih membeli di toko dibanding membuat di tukang jahit. Biasanya sangat jarang menemukan ukuran yang pas jika kamu membeli di toko.

Jika ingin memakai jas, pastikan jas yang kamu pakai cocok dan sesuai dengan tubuh kamu. Karena, jika salah memilih jas kamu akan lebih panjang ketimbang kemeja atau celana bisa terlalu mengatung.

2. Mengancing semua kancing jas

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!Ilustrasi kesalahan fashion pria (unsplash.com/Hunters Race)

Kesalahan ini sebenarnya agak sepele, tapi cukup berpengaruh pada penampilan kamu. Sebagian besar cowok kadang masih melakukan kesalahan ini. Aturan yang paling dasar dalam memakai jas adalah meninggalkan kancing paling bawah agar tetap terbuka.

Semua aturan dasar ini berlaku untuk jas yang berkancing dua atau tiga. Dengan meninggalkan kancing terakhir kamu akan lebih nyaman dan leluasa untuk bergerak.

3. Dalaman baju yang terlihat

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!Ilustrasi kesalahan fashion pria (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kaus sangat nyaman digunakan saat beraktivitas karena bahannya yang lembut. Kaus juga bisa dijadikan sebagai dalaman jika kamu sering menggunakan kemeja. Namun, ada bagusnya jika dalaman kaus tidak terlihat.

Karena, jika terlihat bikin penampilanmu menjadi kurang rapi. Jika kamu terbiasa mengancing kemeja sampai ke atas itu tidak masalah. Selain itu, jika kamu ingin kemeja kancing terlihat terbuka, kamu bisa padukan dengan dalaman kaus yang tidak berleher seperti u/v-neck.

Baca Juga: 5 Cara Seru Padu Padan Jas Pria untuk Tampilan Kasual, Simpel!

4. Pakaian saat ke pantai

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!Ilustrasi kesalahan fashion pria (unsplash.com/Johannes Andersson)

Saat ke pantai kadang kita berpenampilan seminimalis mungkin karena cuacanya yang panas. Sebenarnya tidak ada masalah jika kamu melakukan layering saat berkunjung ke pantai, asalkan memakai bahan pakaian yang cocok.

Misalnya, kamu bisa padukan kaus berbahan kain katun yang tipis dengan kemeja bermotif hawaii. Padu padan ini akan membuat penampilanmu tetap keren sekaligus nyaman di bawah terik matahari.

5. Menggunakan sabuk dengan suspender

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!Ilustrasi kesalahan fashion pria (unsplash.com/Inna Lesyk)

Sabuk secara umum digunakan baik di acara kasual maupun formal. Jadi dapat dipasangkan pada celana jeans atau chino. Sedangkan suspender lebih tepat dipakai untuk acara formal sehingga suspender bersembunyi di balik jas.

Sabuk dan suspender memiliki kegunaan yang sama yaitu mengencangkan celana agar tidak kendor. Jadi dua benda tersebut tidak usah digunakan secara bersamaan.

6. Warna celana dan kaus kaki

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!Ilustrasi kesalahan fashion pria (unsplash.com/Clem Onojeghuo)

Sebagian cowok sering kali melakukan kesalahan dalam memadukan warna celana dengan kaus kaki, sehingga membuat penampilan menjadi kurang enak dilihat. Kamu harus menghindari hal ini baik untuk acara formal maupun kasual.

Dengan menyelaraskan warna antara celana dengan kaus kaki penampilan kamu akan lebih senada dan lebih jenjang dari biasanya. Jika tidak mempunyai warna yang sama persis, kamu bisa padukan warna kaus kaki yang sedikit lebih gelap dari warna celana. Cara tersebut juga bisa kamu padukan untuk kaus kaki yang bermotif.

7. Membedakan oxford dan derby

7 Kesalahan Fashion Pria yang Dilakukan Tanpa Sengaja, Perhatikan Bro!Ilustrasi kesalahan fashion pria (unsplash.com/Noah Smith)

Kamu harus bisa membedakan kedua dress shoes ini. Sekilas memang terlihat sama tetapi ada beberapa detail dan kegunaan yang berbeda. Kamu bisa dengan mudah membedakannya dari ikatan tali dibagian sepatu.

Sepatu oxford memiliki tali sepatu tertutup yang membuatnya terlihat kaku dan cocok untuk acara formal. Sedangkan sepatu derby mempunyai ikatan tali sepatu yang lebih terbuka dan cocok dipakai untuk acara kasual.

Itu tadi tujuh deretan kesalahan fashion pria yang tidak sengaja sering dilakukan. Jangan lupa diperhatikan kembali, ya! Kamu bisa mencobanya di rumah dan bikin tambah penampilanmu makin keren dan elegan. 

Baca Juga: Pria Wajib Simak, Ini 7 Tips Belanja Sepatu Biar Gak Salah dan Kalap! 

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya