Comscore Tracker

Sulbar Tutup Semua Jalur Transportasi untuk Cegah Virus Corona

Penutupan hingga situasi COVID-19 di Sulbar kondusif

Mamuju, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, sejak Sabtu (28/3) menutup seluruh akses masuk dan keluar di daerahnya. Langkah ini ditempuh sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona atau COVID-19.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, penutupan ini menyusul surat pemerintah nomor 3400/642.1a/l/2020 tanggal 24 Maret 2020, tentang Pembatasan Pergerakan Orang di Sulbar. Selain itu, Pemprov mencermati penyebaran COVID-19 di Sulbar sembari mempertimbangkan saran dan masukan dari anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Pemerintah Sulbar menghentikan sementara kegiatan operasi pelayanan semua angkutan bus dan angkutan umum lainnya dari kota Makassar ke wilayah Sulbar, atau menuju wilayah lain sejak 28 Maret 2020 hingga situasi kembali kondusif," kata Ali dilansir Antara, Sabtu (28/3).

Baca Juga: 29 Positif Virus Corona, DPRD Sulsel Siapkan Anggaran Rp500 Miliar

1. Ada pengecualian untuk kondisi tertentu

Sulbar Tutup Semua Jalur Transportasi untuk Cegah Virus CoronaIlustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Ali mengatakan, larangan sementara bagi operasi layanan angkutan umum tetap mempertimbangkan situasi. Jika ada kondisi yang tidak dapat dihindari atau darurat, angkutan bisa beroperasi dengan memberlakukan standar protokol kesehatan bagi pengemudi.

"Awak bus dan penumpang terutama, memastikan penyemprotan kendaraan dengan cairan disinfektan, baik di dalam kabin maupun di luar kabin," ucap dia.

Selain itu, penumpang diarahkan mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak antarpenumpang, serta pengukuran suhu tubuh yang apabila ditemukan melebihi batas suhu di atas 37 derajat Celcius dilarang ikut serta di dalam perjalanan bus angkutan dimaksud.

Sulbar Tutup Semua Jalur Transportasi untuk Cegah Virus Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Layanan Bandara Soetta Dibatasi Mulai 1 April

2. Penyeberangan antar pulau dihentikan sementara

Sulbar Tutup Semua Jalur Transportasi untuk Cegah Virus CoronaPara penumpang yang baru turun dari kapal penyeberangan Banda Aceh-Sabang (IDN Times/Saifullah)

Selain jalur darat, penutupan akses keluar masuk di Sulbar juga berlaku untuk jalur laut. Penyelenggara pelabuhan untuk sementara waktu menghentikan seluruh aktivitasnya. Baik untuk pelabuhan umum, pelabuhan terminal khusus bongkar muat, pelabuhan penyeberangan kapal feri rute Mamuju-Balikpapan dan sebaliknya, serta pelabuhan rakyat.

"Hentikan di pelabuhan hingga situasi kembali kondusif dan dinyatakan aman," kata Ali.

3. Angkutan logistik dan BBM tetap dibolehkan beroperasi

Sulbar Tutup Semua Jalur Transportasi untuk Cegah Virus CoronaTruk tangki Pertamina (Istimewa)

Ali mengatakan, kendaraan angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) dari PT Pertamina maupun angkutan barang dan logistik lainnya, tetap dibolehkan beroperasi di Sulbar.

Syaratnya, kendaraan tersebut dipastikan telah melalui pembersihan atau penyemprotan cairan disinfektan, serta memberlakukan standar protokol kesehatan pada sopir dan awak kendaraan jika hendak melalui wilayah Provinsi Sulbar.

Ali juga mengimbau agar bupati Pasangkayu segera mengambil langkah pencegahan penyebaran virus corona, termasuk membangun posko pengawasan dan pengamanan kendaraan yang melintasi wilayahnya serta menerapkan standar protokol kesehatan.

"Demikian pula kepada para bupati lainnya untuk mengambil langkah antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19 dengan Forkopimda kabupaten masing-masing," kata Ali.

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Keberangkatan 28 Kereta Api Jarak Jauh Dibatalkan 

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya