Comscore Tracker

Indonesia Diwakili Barista Makassar di World Cup Tasters Championship 

Ayo, dukung!

Makassar, IDN Times - Rahmat Fatrianto, barista dari Kopi Teori Makassar, Sulawesi Selatan berhasil mewakili Indonesia untuk bertanding di ajang internasional World Cup Tasters Championship (WCTC) 2019 yang akan digelar di Berlin, Jerman, pada 6-7 Juni mendatang.

Cup taster sendiri merupakan salah satu skill yang harus dikuasai di dunia kopi. Kontestan bakal diuji mengenai keakuratan lidahnya dalam mengenali beragam karakteristik rasa kopi. Kompetisi ini juga mengukur kecepatan dan keterampilan peserta dalam membedakan kopi. Seru, ya!

Baca Juga: 10 Potret Mikael Jasin, Barista Asal Indonesia dalam WBC Boston 2019

1. Bersaing dengan 42 kontestan internasional

Indonesia Diwakili Barista Makassar di World Cup Tasters Championship worldcoffeeevents.org

Trian, sapaan akrab Rahmat Fatrianto, adalah pemilik dari Kopi Teori Makassar. Dia mewakili Indonesia setelah menyisihkan tujuh peserta pada kompetisi Indonesia Cup Tasters 2019 yang digelar di Jakarta, Februari lalu. 

Sebagai barista, Trian memegang lisensi Q Arabica Grader 2017-2020. Di Berlin, Trian akan bersaing dengan 42 cuppers dari berbagai negara. 

"Dengan prestasi itu, penyelenggara event yakni Barista Guild Indonesia dan Speciality Coffee Association of Indonesia menunjuk saya untuk menjadi wakil Indonesia," kata Trian di Makassar, Sabtu (25/5).

2. Latih kepekaan rasa berbulan-bulan lamanya

Indonesia Diwakili Barista Makassar di World Cup Tasters Championship Dok. IDN Times/Istimewa

Trian telah melakukan persiapan berbulan-bulan sebelum kompetisi dimulai. Dia harus terbiasa menetralisir lidahnya untuk bisa mempertahankan kepekaan terhadap rasa kopi yang nantinya dia cicipi.

"Selain fokus terus melatih kepekaan lidah, saya juga menjaga konsumsi makanan yang mengandung garam serta penyedap rasa. Ya, hanya bisa makan nasi putih, roti tawar, intinya makanan yang tidak punya rasa," cerita Trian.

3. Siapkan sendok khusus

Indonesia Diwakili Barista Makassar di World Cup Tasters Championship Instagram/uncle_trian

Tak hanya soal kepekaan rasa, Trian juga mempersiapkan diri dengan trik khusus. Yakni menyiapkan alat spesial berupa sendok kesayangan dalam menguji cita rasa kopi.

"Sendok khusus Cuppers dengan bahan titanium produksi Akira kopi dari Lampung ini, menjadi alat pamungkas saya. Sendok tersebut dapat menyerap panas dengan baik dan tidak menanggalkan rasa kopi lainnya usai dicicipi," dia menerangkan.

4. Butuh dukungan dari pemerintah daerah

Indonesia Diwakili Barista Makassar di World Cup Tasters Championship Dok. IDN Times/Istimewa

Lewat WTCT, Trian ingin mengukir sejarah baru sebagai anak Makassar yang mampu berprestasi di ajang internasional, khususnya di bidang cuppers. Karena itu, Trian berharap bisa mendapat dukungan dari masyarakat dan pemerintah Indonesia umumnya, Sulawesi Selatan dan Makassar khususnya.

Menjelang keberangkatannya, Trian membuka kesempatan kepada siapa pun yang ingin membantunya dalam pendanaan. Apalagi, Trian membawa serta produk lokal Sulawesi Selatan berupa kopi toraja pada event internasional tersebut.

"Saya berharap besar kepada pemerintah daerah semoga bisa mendukung penuh niat baik saya dalam berprestasi. Terlebih lagi, ini membawa nama Makassar dan Indonesia di kancah Internasional," kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Elfida

Just For You