Damkar Bantaeng Evakuasi Ular Kobra dari Salon Warga

Ular ditangkap hidup-hidup, tapi mati di perjalanan

Makassar, IDN Times - Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantaeng menangkap seekor ular kobra yang memasuki kawasan pemukiman warga, Senin (16/12). Ular itu dievakuasi dari sebuah tempat usaha potong rambut atau salon di Banyorang, Kecamatan Tompobulu.

Tidak ada yang jadi korban dalam kejadian itu. Namun kehadiran ular sempat membuat geger pemilik salon dan warga sekitar.

Menurut video dokumentasi Damkar Bantaeng, ular ditangkap dalam keadaan hidup. Ukurannya diperkirakan dua meter.

"Ularnya ditangkap di dalam lemari Salon Emonk," kata Kepala Seksi Operasi Dinas Damkar Bantaeng Irfan Nurmin melalui telepon, Senin (16/12).

Baca Juga: Teror Ular Kobra, Wali Kota Jakarta Barat Minta Warga Waspada

1. Ular sempat menyerang seekor kucing

Damkar Bantaeng Evakuasi Ular Kobra dari Salon WargaPenangkapan ular dari pemukiman warga. Dok. Damkar Bantaeng

Irfan mengatakan, penangkapan ular berdasarkan laporan yang diterima dari masyarakat. Petugas yang diturunkan ke lokasi sempat kaget karena tidak menyangka ular itu berjenis kobra yang bisanya mematikan.

Menurut pengakuan warga di lokasi, ular sempat menyerang seekor kucing. Saat ditemui petugas pun, posisinya dalam siap menerkam. Binatang melata itu akhirnya ditaklukkan dengan peralatan seadanya, bukan alat khusus penangkap ular.

"Waktu anggota tiba, ular menaikkan kepalanya seperti mau menyerang," kata Irfan.

2. Setelah ditangkap, ular mati di perjalanan

Damkar Bantaeng Evakuasi Ular Kobra dari Salon WargaPenangkapan ular dari pemukiman warga. Dok. Damkar Bantaeng

Petugas Damkar menangkap ular kemudian memasukkannya ke dalam jaring. Untuk menghindari sengatan, bagian mulutnya direkatkan dengan lakban.

Disampaikan Irfan, ular awalnya hendak dibawa ke Kota Bantaeng. Namun di perjalanan ularnya mati. Diduga saluran pernafasannya ikut tertutup.

3. Masyarakat diimbau waspadai kemunculan ular

Damkar Bantaeng Evakuasi Ular Kobra dari Salon Warga(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Setelah penemuan ular di Bayorang, petugas Damkar Bantaeng sempat memeriksa di sekitar lokasi. Petugas menduga masih ada kawanan lain, namun pencarian tidak membuahkan hasil.

Irfan mengimbau masyarakat mewaspadai kemunculan ular di wilayah pemukiman. Jika menemukan, warga diimbau menghubungi unit Animal Rescue di Damkar.

"Supaya berhati-hati, karena ular ini sangat berbahaya," ucap Irfan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracun

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya