Kampanye Jokowi di Makassar Target 100 Ribu Pendukung

TKD Sulsel masih menunggu konfirmasi kehadiran Jusuf Kalla

Makassar, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo diagendakan mengunjungi Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (31/3). Capres petahana akan mengisi rapat akbar atau kampanye terbuka di Lapangan Karebosi.

Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Joko Widodo-Ma’ruf Amin tengah mematangkan persiapan kedatangan Jokowi. Kampanye akan digelar di tempat yang sama capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berkampanye pekan lalu.

“Relawan, simpatisan dan masyarakat sangat antusias menunggu kehadiran pak Jokowi. Kami memperkirakan estimasi massa hingga 100 ribu orang,” kata Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sulsel Risfayanti Muin kepada IDN Times di Makassar, Selasa (26/3).

1. Jokowi hadiri beberapa agenda di Sulsel

Kampanye Jokowi di Makassar Target 100 Ribu PendukungIDN Times / Istimewa

Risfayanti mengungkapkan, sejauh ini Jokowi dijadwalkan menghadiri sejumlah agenda selama berada di Makassar. Sepanjang Minggu (31/3), Jokowi tanpa didampingi Ma’ruf Amin akan mendatangi beberapa lokasi di Sulsel.

Selain di Makassar, kampanye akbar juga rencananya digelar di Lapangan Kalegowa, Kabupaten Gowa. TKD KIK menargetkan kampanye di sana dihadiri 30 ribu orang. Pada malam hari, Jokowi akan bertemu tokoh masyarakat lintas elemen di Sulsel.

“Untuk pertemuan tokoh, lokasinya masih tentatif,” ucap Risfa.

Baca Juga: Kampanye Terbuka, Prabowo Kritik Kebijakan Impor Pangan

2. Tokoh elite parpol pengusung bakal mendampingi Jokowi

Kampanye Jokowi di Makassar Target 100 Ribu PendukungIDN Times/Teatrika Handiko Putri

TKD KIK di Sulsel mempersiapkan penyambutan terhadap Jokowi, yang akan datang bersama sejumlah tokoh elite. Mereka yang datang, antara lain para ketua umum partai politik pengusung di barisan koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf. Selain itu akan hadir beberapa anggota DPR serta barisan tokoh Tim Kampanye Nasional.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga memastikan akan hadir pada kampanye akbar Jokowi di Makassar. Saat ini dia tengah berada di Makassar dan berkeliling daerah di Indonesia bagian timur untuk kampanye NasDem.

TKD KIK di Sulsel masih menunggu kepastian datangnya Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sebab dikabarkan dia akan turut mendampingi Jokowi di Lapangan Karebosi nanti.

“Kita masih tunggu konfirmasi kehadiran pak JK. Kita tunggu dari TKN,” kata Risfa.

Baca Juga: Surya Paloh Resmikan 1.000 Lorong Nasdem di Makassar

3. Jokowi datang untuk memastikan kemenangan di Sulsel

Kampanye Jokowi di Makassar Target 100 Ribu PendukungIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Agenda kampanye Jokowi di Sulsel jelang pemungutan suara diharapkan jadi penyemangat bagi relawan pemenangan dan simpatisan. Kedatangan langsung Jokowi bakal memotivasi barisan pendukung untuk mengantarkan kemenangan di Pemilihan Presiden.

Sebelumnya Jokowi menargetkan kemenangan di Sulsel dengan perolehan susara mencapai 70 persen. “Kami harap hadirnya Jokowi dapat mempertebal pencapaian target kemenangan kita di Sulsel,” Risfa menambahkan.

4. Belum ada agenda kedatangan Ma’ruf Amin

Kampanye Jokowi di Makassar Target 100 Ribu PendukungDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Pada masa kampanye terbuka, para calon di Pemilihan Presiden bergantian mengunjungi Sulsel. Dengan daftar pemilih tetap 6,1 juta jiwa lebih, daerah ini jadi salah satu lumbung suara terbesar di Indonesia wilayah timur.

Kedatangan Jokowi di Sulsel menyusul Prabowo Subianto yang berkampanye di Makassar pada hari pertama, Minggu (24/3) lalu. Pada 7 April mendatang, giliran calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno yang akan menghadiri jalan santai relawan pemenangan. Sedangkan Ma’ruf Amin belum punya agenda pasti di Sulsel selama masa kampanye terbuka.

Baca Juga: Soal Fatwa Golput Haram, Ma'ruf Amin: Itu Sudah dari 2014

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya