KPK Tangkap Nurdin Abdullah:  Instagram Diserbu Netizen, TT di Twitter

Warganet bereaksi soal penangkapan Nurdin oleh KPK

Makassar, IDN Times - Kabar penangkapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ramai dibahas warganet. Setelah penangkapan pada Sabtu dini hari (27/2/2021), banyak pengguna media sosial yang menyambangi akun sang gubernur.

Seperti yang terlihat pada akun Instagram pribadinya, @nurdin.abdullah. Banyak warganet yang mengomentari unggahan teranyar, sebagai respons atas kabar yang beredar sejak Sabtu pagi.

1. Banyak yang mempertanyakan kebenaran berita penangkapan

Akun Instagram Nurdin Abdullah terakhir mengunggah konten berupa IGTV pada Jumat petang (26/2/2021). Unggahan itu berupa video berdurasi 2 menit lebih seputar pelantikan kepala daerah se-Sulsel.

Pada Jumat pagi, Nurdin melantik 11 pasang kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020. Pelantikan digelar secara tatap muka di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka Makassar.

Di kolom komentar unggahan itu, warganet menyampaikan opini dan reaksinya seputar penangkapan Nurdin. Ada yang menyayangkan, sedangkan sebagian lagi mempertanyakan kebenarannya. Berikut ini beberapa di antaranya:

"Berharap berita yang beredar tidak betul pak Gub," tulis akun @erickjafar.

"Prof... Please... Ini pagi2 kami dpt berita mengejutkan. Kalau sudah berurusan dgn KPK sudah beda lg citra positif Bapak Prof...mohon Prof, diklarifikasi berita itu. Setidaknya kami, pengikut setiamu bisa paham," kata @iandarwis.

Ada juga pengguna Instagram yang mendoakan Nurdin bisa melewati pemeriksaan di KPK.

"Kami percaya pak Prof. Selalu melakukan yang terbaik. Bahkan secara pribadi sangat mendukung pak Prof untuk maji sebagai RI1. Saya hanya berharap bahwa bapak tidak terlibat dalam hal ini. Bapak hanya terseret saja tapi bukan pelaku. Doa saya selalu menyertai bapak dan keluarga," tulis @mr_reyyyyy.

"Doa saya selalu yang terbaik buat bapak dan keluarga , apapun yang terjadi semoga bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya," kata @muhammadfatrahr.

2. Nama Nurdin Abdullah jadi trending topic di Twitter

KPK Tangkap Nurdin Abdullah:  Instagram Diserbu Netizen, TT di TwitterGubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah bersiap menjalani pemeriksaan setibanya di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (27/2/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selain Instagram, pengguna Twitter juga ramai membahas kabar penangkapan Nurdin Abdullah. Hingga Sabtu pukul 17.00 Wita, nama Nurdin menjadi salah satu topik terpopuler atau trending topic.

Beragam reaksi ditunjukkan lewat cuitan. Misalnya, ada yang membandingkan dengan citra Nurdin sebelum jadi gubernur dan setelah ditangkap KPK.

Tidak sedikit juga yang terkejut dengan kabar penangkapan Nurdin. Sebab selama ini, mantan Bupati Bantaeng itu dikenal berprestasi dengan berbagai gelar dan penghargaan yang dia raih.

3. Nurdin Abdullah diperiksa di KPK

KPK Tangkap Nurdin Abdullah:  Instagram Diserbu Netizen, TT di TwitterGubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam rakor pengawasan daerah Sulsel di Hotel Four Points Makassar, Kamis (12/11/2020). Humas Pemprov Sulsel

Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dari Makassar ke Jakarta, Sabtu pagi (27/2/2021).

Nurdin akan menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, terkait operasi tangkap tangan di Makassar pada Jumat malam (26/2/2021). Selain Nurdin, KPK menangkap lima orang di Makassar.

"Pihak-pihak yang diamankan telah  sampai Jakarta dan sekitar jam 09.45 WIB tiba di Gedung Merah Putih KPK," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Ali menyebut enam orang yang ditangkap berlatar belakang kepala daerah, pejabat Pemprov Sulawesi Selatan, dan swasta. Namun, ia belum merinci identitas masing-masing orang yang diamankan. Belum dijelaskan pula kasus apa yang tengah diselidiki KPK.

Topik:

  • Aan Pranata
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya