Comscore Tracker

Viral Kuli Bangunan Dipecat Gegara Tak Pakai Masker, Kini Wirausaha

Kegigihan Sudrajat mengantarnya dapat bantuan modal usaha

Subang, IDN Times - Nasib seseorang memang tidak bisa ditebak. Bisa jadi peristiwa pedih yang dialami seseorang malah membuat orang tersebut bangkit dan berhasil. Cerita hidup ini juga dialami seorang kuli bangunan. Sudrajat, demikian namanya, dipecat karena tak memakai masker saat bekerja.

Peristiwa yang menimpa pemuda 24 tahun ini pun menyedot perhatian warganet, hingga video Sudrajat viral dan banyak dibagikan melalui aplikasi pesan singkat akhir-akhir ini.    

Sudrajat berasal dari Desa Dukuh, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Setelah kehilangan pekerjaannya, dalam perjalanan pulang ke kampung halaman, ia justru mendapatkan bantuan untuk modal usaha.

Baca Juga: Viral, Dokter Paru Tolak Ventilator demi Pasien Lain di Akhir Hidupnya

1. Pasrah saat diberhentikan dari proyek

Viral Kuli Bangunan Dipecat Gegara Tak Pakai Masker, Kini WirausahaFacebook

Sudrajat bekerja untuk proyek perumahan di wilayah Jakarta Barat. Dalam video yang beredar, terlihat Sudrajat yang mengenakan celana robek hanya bisa pasrah. Ia tak berdaya saat atasannya dan seorang penjaga keamanan memberhentikan dia dari proyek pembangunan dan segera memintanya meninggalkan lokasi.

Padahal Sudrajat sudah bekerja 1,5 bulan di proyek tersebut, dengan bayaran Rp95 ribu per hari. "Saya ikut kerja sama mandor yang asal Cirebon," katanya.

2. Tidak memakai masker karena sedang minum es

Viral Kuli Bangunan Dipecat Gegara Tak Pakai Masker, Kini Wirausahagoogle

Menurut Sudrajat, dia tidak memakai masker saat itu karena sedang minum es yang dia beli di luar kawasan proyek.

"Minum es buka masker kemudian ketahuan sekuriti disuruh pulang. Sebenarnya pakai masker cuma diturunin pas mau minum es," kata Sudrajat meyakinkan dirinya tak bersalah.

Namun, ia pun tak punya pilihan untuk menerima keputusan diberhentikan secara sepihak. Padahal, ia seharusnya bekerja di proyek tersebut selama dua tahun ke depan sesuai kesepakatan di awal.

3. Sudrajat tulang punggung keluarga sejak lulus SMP

Viral Kuli Bangunan Dipecat Gegara Tak Pakai Masker, Kini WirausahaAbdul Halim/IDN Times

Tak banyak yang tahu, Sudrajat bekerja di proyek pembangunan perumahan itu untuk menafkahi orang tuanya. Sudrajat bahkan mengaku sebagai tulang punggung keluarganya sejak lulus SMP pada usia 14 tahun.

"Kebutuhan sehari-hari untuk makan, jajan, dan lainnya Rp45 ribu. Saya tidak merokok jadi bisa nabung Rp50 ribu. Sebulan kasih orang tua minimal Rp500 ribu, sisanya buat saya," tutur Sudrajat.

4. Sudrajat diarahkan membuat usaha kedai kopi

Viral Kuli Bangunan Dipecat Gegara Tak Pakai Masker, Kini WirausahaAbdul Halim/IDN Times

Namun, nasib Sudrajat setelah kehilangan pekerjaannya kini justru lebih baik. Ia mendapatkan bantuan modal dan pelatihan untuk mengembangkan usaha kedai kopi, dari anggota DPR RI yang juga mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

"Di sini saya ada kafe dan pelatihan bikin kopi. Nanti kerja di sini kamu bisa belajar, kalau sudah terampil dan memang ingin punya usaha sendiri saya kasih modal termasuk alat kopinya," tutur Dedi kepada Sudrajat.

Menurut Dedi Mulyadi, pandemik COVID-19 berdampak besar bagi masyarakat kecil seperti Sudrajat. Akibat kehilangan pekerjaan, ia pun jadi tidak memiliki penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun, Dedi mengapresiasi kegigihan Sudrajat untuk mencari pekerjaan yang halal di tengah situasi yang sulit saat ini.

Baca Juga: Usai Viral Video Karaoke, Bupati Bogor Copot Kepala Puskesmas

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya