Comscore Tracker

Kenalan di Facebook, Siswi SMP di Sulsel Dinikahi Duda 41 Tahun

Orangtua gadis berusia 13 tahun merestui hubungan anaknya

Sidrap, IDN Times - Peristiwa pernikahan dini kembali terulang. Kini kasus yang menghebohkan publik tersebut terjadi di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Seorang bocah perempuan berusia 13 tahun dinikahi pria dewasa dengan selisih usia lebih dari 28 tahun. 

Bocah perempuan berinisial SW telah dinikahi Rustam Ashari (41), di kediaman orangtua SW di Lautang Salo, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap pada Rabu (12/6). Proses pernikahan berlangsung meriah dengan adat Bugis, yang dihadiri keluarga besar kedua belah pihak.

Orangtua SW, Nurhayati menyebutkan ia dan suaminya, Jumaming merestui hubungan putri bungsunya, karena SW dan Rustam saling suka dan keluarga besar Rustam melakukan proses lamaran secara baik dan sesuai adat Bugis.

“Meskipun beda usia, tapi anak saya menyukai suaminya dan tidak ada paksaan, jadi kami tinggal merestui dan mendoakan mereka bisa bahagia membangun rumah tangga,” ujar Nurhayati pada wartawan, Sabtu (15/6). 

Baca Juga: Polres Parepare Tangkap Bocah Pembobol Rumah yang Ditinggal Mudik

1. Berawal dari kenalan di Facebook beberapa bulan lalu

Kenalan di Facebook, Siswi SMP di Sulsel Dinikahi Duda 41 TahunIstimewa

Sebelum memutuskan untuk menikah, keduanya sudah saling kenal dan dipertemukan di media sosial Facebook sekitar tiga bulan lalu. Keduanya saling bertetangga kecamatan. Sang istri di Kecamatan Panca Rijang, sedang sang suami tinggal di Kecamatan Tellu Limpoe. 

Menurut Nurhayati, SW yang masih duduk di kelas 1 di salah satu madrasah tsanawiyah (setingkat SMP) di Sidrap, menerima pinangan Rustam, karena dia menilai suaminya sebagai sosok pekerja keras, mandiri dan bisa diandalkan menjadi kepala keluarga. Kedua pasangan ini belum siap untuk memberi keterangan pada wartawan yang datang ke rumah orangtua SW.

Baca Juga: 5 Pernikahan Dini di Indonesia yang Sita Perhatian Publik, Ada yang 4 Hari Cerai

2. Kedua orangtua SW mendoakan rumah tangga anaknya bahagia

Kenalan di Facebook, Siswi SMP di Sulsel Dinikahi Duda 41 TahunIstimewa

Nurhayati menambahkan, selaku orangtua, bersama suaminya, Jumaming, rela melepas putrinya yang masih sangat belia dan berharap rumah tangga SW dan suaminya berjalan harmonis dan bahagia. Nurhayati berharap menantunya, yang sebelumnya berstatus duda, agar selalu rukun bersama putrinya.

“Selaku orangtua, kami harap Rustam mampu menjadi pemimpin dalam rumah tangganya bersama putri saya, harapan kami pastinya semua yang terbaik untuk keduanya,” kata Nurhayati.

3. Kasus pernikahan beda usia di Sidrap juga pernah terjadi tahun lalu

Kenalan di Facebook, Siswi SMP di Sulsel Dinikahi Duda 41 TahunDok. Pribadi Syahruddin Alrif

Kasus pernikahan terpaut jauh usianya, sebelumnya pernah terjadi di Desa Corawali, Kecamatan Panca Lautang, Sidrap, pada 24 Oktober tahun lalu, antara seorang pemuda bernama Idris, yang masih berusia 20 tahun, menikahi seorang nenek berstatus janda, bernama Inade, yang berusia 65 tahun. Idris mengenal Inade, saat bekerja sebagai pemetik cengkeh di kebun milik Inade di Kecamatan Siwa, Kabupaten Wajo.

Proses pernikahan pemuda asal Kabupaten Enrekang dan seorang nenek di Sidrap, sempat menjadi viral di media sosial. Pesta pernikahan yang digelar meriah di Sidrap, turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sulsel Syahruddin Alrif, dan pejabat di Pemkab Sidrap. 

Baca Juga: Miris, Inilah 5 Kasus Pernikahan Dini di Sulsel Selama Tahun 2018

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You