Satu Personel TNI yang Tertembak di Papua Berasal dari Sulsel

Serda Yusdin dan dua rekannya tertembak gerombolan KKSB

Luwu, IDN Times - Serda Yusdin adalah salah satu dari tiga anggota TNI Angkatan Darat yang tewas tertembak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), Kamis kemarin (7/3/2019), di Kabupaten Nduga, Papua, berasal dari Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kepala Penerangan Kodam XIV/Hasanuddin, Letkol Maskun Nafik, yang dikonfirmasi IDN Times, menyebutkan alamat rumah duka Serda Yusdin di Dusun Paraboting, Desa Pongko, Kec. Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulsel. 

Pihak Kodam XIV/Hasanuddin belum mendapat informasi jadwal pemulangan jenazah Serda Yusdin melalui jalur penerbangan dari Papua ke Makassar. Selain Serda Yusdin, dua prajurit TNI lainnya yang gugur adalah Serda Mirwariyadin dan Serda Siswanto Bayu Aji.

1. Serda Yusdin gugur saat bertugas mengamankan pembangunan infrastruktur Trans Papua

Satu Personel TNI yang Tertembak di Papua Berasal dari SulselIstimewa

Dari keterangan Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Kolonel Muhammad Aidi, ketiga anggota TNI yang gugur sedang bertugas  bersama pasukan Satgas Penegakan Hukum (Gakkum) yang melakukan pengamanan proses pergeseran pembangunan infrastruktur Trans Papua Wamena-Mumugu di Kabupaten Nduga. 

Satgas Gakkum yang berjumlah 25 personel tiba-tiba mendapat serangan dari anggota KKSB pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mugi yang berjumlah sekitar 50 hingga 70 orang, sekitar pukul 08.00 WIT, Kamis kemarin. Anggota KKSB diketahui menggunakan senjata standar militer dan senjata tradisional seperti tombak dan panah.

Baca Juga: Begini Kronologi Penyerangan Personel TNI di Papua 

2. Keluarga Serda Yusdin menanti pemulangan jenazah ke kampung halamannya di Luwu

Satu Personel TNI yang Tertembak di Papua Berasal dari SulselIstimewa

Keluarga besar Serda Yusdin di Desa Pongko, Kecamatan Walenrang, Kab. Luwu, menanti pemulangan jenazah Serda Yusdin untuk dimakamkan di kampung halamannya. Sejak tadi malam, puluhan keluarga dan kerabat Almarhum Serda Yusdin berkumpul di rumah orang Serda Yusdin.  Paman korban, Samsir Dumang yang juga Kepala Desa Pongko menyebutkan pihak keluarga mendapat informasi meninggalnya Serda Yusdin Kamis siang kemarin. 

3. Kekasih Serda Yusdin tulis ungkapan hati di laman Facebook-nya

Satu Personel TNI yang Tertembak di Papua Berasal dari SulselFacebook/AtikCandrawaty

Kekasih Serda Yusdin, Atik Candrawaty, menulis curahan hati atas kepergian pria yang dicintainya di akun facebook dengan logat Ternate. Atik menyebutkan Serda Yusdin sebelumnya pamit untuk tugas hanya sepuluh hari dan berjanji akan pulang. Atik juga memiliki firasat kalau Serda Yusdin akan pergi untuk selamanya.

Di laman Facebook Serda Yusdin, dengan akun Setan Merah Asia, ia juga memamerkan foto-foto keakraban pasangan kekasih ini. Di status Facebook-nya juga, Serda Yusdin menulis status hubungannya sudah bertunangan dengan Atik Candrawaty.

Baca Juga: Jadi Korban Penembakkan KKB di Papua, Jenazah Serda Handoko Dievakuasi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya