Mahasiswa Akan Gelar Demo Hari Ini, Begini Kondisi Sekitar Gedung DPR

Mahasiswa disebut-sebut akan demo di Istana

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa dari berbagai kampus akan menggelar demonstrasi di Jakarta, hari ini, Senin (21/10). Aksi ini merupakan bagian dari lanjutan demo sebelumnya, yang menuntut Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), untuk menolak Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

Namun, dari pantauan IDN Times pada pukul 11.00 WIB, situasi di sekitar gedung DPR RI terlihat lengang, dan tidak ada tanda-tanda akan ada demonstrasi. Ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, juga tidak terlihat blokade jalan. Arus lalu lintas pun berjalan normal, baik arah Slipi, Jakarta Barat, maupun ke arah Semanggi, Jakarta Pusat. Jalur busway juga terlihat normal, tidak ada pengalihan. 

Namun, dikutip dari akun Instagram bem_si memang diumumkan rencana demonstrasi hari ini di Istana Negara, dengan titik kumpul massa di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat.

Beberapa hari ini memang beredar kabar mahasiswa akan menggelar demonstrasi, namun kepolisian tidak menerima izin unjuk rasa hingga hari pelantikan presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin. Karena itu, mahasiswa menunda aksi massa hingga hari ini.

Selain mendesak Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu UU KPK, mahasiswa menolak revisi sejumlah undang-undang, yang dinilai merugikan rakyat kecil. UU KPK yang belum lama ini disahkan DPR RI, juga dianggap melemahkan lembaga antirasuah itu, dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Baca Juga: Sehari Pasca-Pelantikan, Mahasiswa UIN Jakarta Akan Demonstrasi Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya