Comscore Tracker

Suasana Pemilu di Turki, Tenang dan Tertib di Tengah Salju Tipis

#1000MillennialsKawalPemilu Dilaksanakan 13 April lalu

Pemilihan Umum di Indonesia memang dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019. Namun, di luar negeri Pemilu dilaksanakan lebih awal. Nah, khusus pelaksanaan Pemilu di luar negeri, pemilih diberikan dua cara.

Yang pertama, dengan mencoblos langsung pada tanggal 13 April 2019. Sedangkan cara kedua adalah dengan mencoblos melalui surat suara yang dikirimkan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) kemudian dikirimkan melalui pos. 

Nah, mau tahu gimana serunya cerita Pemilu di Turki? Yuk, simak ceritanya di bawah ini.

1. Dilaksanakan pada 13 April 2019, begini suasana TPS di KBRI Ankara

Suasana Pemilu di Turki, Tenang dan Tertib di Tengah Salju TipisDok.Pribadi/Adli Hazmi

Suasana kota Ankara yang dirundung hujan dan bersalju tipis tak menyulutkan WNI yang sudah dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk datang ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara. Di sana sudah terdapat panitia yang bersiap untuk mengakomodasi para pemilih dari absensi pemilih, kotak suara, sampai dengan tinta ungu yang menjadi tanda bahwa kita sudah memilih.

Terdapat beberapa orang yang terdiri dari mahasiswa maupun penduduk Indonesia yang bermukim di Turki memilih Capres, Cawapres maupun Caleg pilihan mereka. Di negeri dua benua ini, pemilih tetap dapat melakukan pencoblosan di ada dua tempat, yaitu di KBRI Ankara dan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Istanbul. Pemilihan umum di KBRI Ankara maupun KRJI Istanbul berlangsung dengan damai dan lancar.

Untuk daerah yang jauh dari KBRI maupun KJRI di Turki, pihak PPLN mengakomodasi pemilih dengan cara mengirim kartu pos ke alamat yang sudah didaftarkan dan nantinya akan dikirim kembali melaui layanan jasa pengiriman dengan tenggat waktu paling lambat tanggal 16 April 2019. Semua biaya pengiriman ditanggung oleh PPLN.

Baca Juga: Ke TPS 17 April, Ini Tahap Mencoblos Surat Suara Pemilu Serentak 2019

2. Cerita dari pemilih

Suasana Pemilu di Turki, Tenang dan Tertib di Tengah Salju TipisDok.Pribadi/Adli Hazmi

Farhan Kurnia Mayendri, mahasiwa Pascasarjana Haccetepe Universitesi Ankara yang memilih langsung di KBRI Ankara menuturkan bahwa Pemilu yang dia ikuti sekarang berbeda karena baru pertama kali memilih di luar negeri.

“Serunya adalah bisa bertemu orang Indonesia yang dulunya belum pernah ketemu di Turki ini. Di sisi lain, saya dan orang lain yang memilih telah memberikan sumbangsih kita untuk Indonesia dengan cara memberikan suara kita,” ujarnya.

Ia juga  berharap bahwa Pemilu kali ini bisa berjalan dengan lancar dan adil sehingga tidak ada kecurangan .

“Saya harap suara rakyat yang sebenarnya bisa menjadi pemenang tanpa ada intervensi dari pihak manapun,” tambahnya.

3. PPLN bekerja keras demi menghindari terjadinya kecurangan dan meminimalisasi kendala

Suasana Pemilu di Turki, Tenang dan Tertib di Tengah Salju TipisDok.Pribadi/Adli Hazmi

Mengenai kendala yang dialami oleh PPLN, Sitti  Aisyah Sungkilang sebagai ketua menuturkan bahwa pendataan calon pemilih tetap merupakan tantangan yang dihadapi tim PPLN.

“Kendala yang utama sebenarnya adalah masalah pendataan, karena orang Indonesia yang datang ke Turki tidak semua melakukan daftar diri,” kata Aisyah.

Di sisi lain banyak masyarakat Indonesia banyak yang masih belum  peka dengan sosialisasi yang sudah dilakukan melalui media sosial.

Demi menjaga integritas dan profesionalisme, Aisyah mengatakan bahwa pihaknya beserta tim sudah bekerja dengan ranah dan koordinasi yang jelas serta melibatkan berbagai pihak.

“Kami sudah melibatkan berbagai pihak untuk memantau kinerja kami dan transparansi kinerja juga kami lakukan sehingga kami bisa meminimalisir adanya kecurangan,” terangnya.

Sebelum Pemilu ini berlangsung, pihak PPLN sudah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah di Turki tentang mendaftarkan diri sebagai calon pemilih sementara dan calon pemilih tetap. Pihak PPLN melakukan verifikasi terkait pendaftaran calon pemilih ini.

Data PPLN mencatat bahwa jumlah semua DPT adalah 1155 pemilih yang mana pemilihan langsung berada di Ankara dan Istanbul, ditambah dengan perhitungan suara melalui pos diterima paling lambat tanggal 16 April 2019 nanti.

Semua penghitungan suara akan dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April mendatang.

Baca Juga: 10 Publik Figur Indonesia Ini 'Nyoblos' di Luar Negeri

Adli Hazmi Photo Writer Adli Hazmi

Perfectionist Gemini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya