Comscore Tracker

1.226 Pendaki Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi Pasca-Gempa Lombok

Pendaki didominasi WNA

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan pendataan jumlah pendaki yang berhasil dievakuasi dari Gunung Rinjani, akibat gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 29 Juli 2018.

Pendaki Gunung Rinjani yang berhasil dievakuasi tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga didominasi Warga Negara Asing (WNA).

Pascagempabumi berkekuatan 6,4 SR terjadi di Lombok, Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) melakukan evakuasi korban yang terjebak di Rinjani. Hingga Selasa 31 Juli 2018, semua pendaki telah berhasil dievakuasi.

1. Sebanyak 1.226 pendaki Gunung Rinjani berhasil dievakuasi

1.226 Pendaki Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi Pasca-Gempa LombokBNPB

Guna memastikan semua pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani berhasil dievakuasi, BNPB pun melakukan pencocokan data dari berbagai pihak. Dalam data resmi tercatat keseluruhan pengunjung yang berhasil dievakuasi mencapai 1.226 orang.

Baca Juga: Total 1.091 Pendaki Telah Dievakuasi dari Rinjani

2. Pendaki didominasi WNA

1.226 Pendaki Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi Pasca-Gempa LombokBNPB

Dari total 1.226 pendaki TNGR yang dievakuasi hingga Selasa (31/7), lebih banyak didominasi WNA, yakni 696 WNA dan 530 WNI. Selain itu, juga terdapat pendaki asal Makassar, Sulawesi Selatan, yang menjadi korban dan berhasil dievakuasi tim evakuasi gabungan yakni M Ainul Taslim.

3. Sebanyak 244 tim SAR gabungan membantu proses evakuasi

1.226 Pendaki Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi Pasca-Gempa LombokBNPB

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, BTNGR, TNI, Polri, Dalmas, Mapala, tenaga medis, SAR Unit, hingga relawan, menjadi bagian yang membantu proses evakuasi pendaki Gunung Rinjani. Kawasan BTNGN sendiri kini telah kosong dari pendaki.

Buat kamu yang berencana mendaki Gunung Rinjani ditunda dulu ya guys, demi keselematan.

Baca Juga: Belum Ada Kepastian Kapan Rinjani Kembali Dibuka

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya