4 Alasan Kenapa Millennials Tak Perlu Baju Baru di Lebaran

Bukan lagi anak kecil yang perlu baju lebaran kan?

Jakarta, IDN Times – Hari Raya Idul Fitri tidak hanya dimanfaatkan sebagai ajang untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan teman.

Bagi generasi millennials, berburu pakaian lebaran juga menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan pada momen tersebut. Tidak heran, jika menjelang lebaran tiba, banyak tempat perbelanjaan yang dipenuhi dengan pembeli yang ingin mempersiapkan tampilan terbaik mereka dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Pakaian baru yang digunakan saat lebaran sebenarnya bukanlah hal wajib. Karena itu, tidak semua tertarik untuk membeli pakaian baru, apalagi hanya dikhususnya untuk digunakan pada lebaran tiba.

1. Bukan lagi prioritas

4 Alasan Kenapa Millennials Tak Perlu Baju Baru di Lebaranunsplash.com

Hari Raya Idul Fitri bukan hanya soal pakaian baru, namun yang terpenting adalah momen dimana keluarga besar dapat berkumpul dan merayakannya bersama-sama. Sehingga, prioritas untuk membeli baju baru pun tidak lagi menjadi prioritas.

Baca juga: 9 Kerja Sambilan yang Bisa Menambah Uangmu Sebelum Lebaran

Terlebih lagi kebutuhan menyambut lebaran juga tidak hanya berfokus pada pakaian baru. Namun juga pada hidangan yang akan disandingkan, angpau  yang akan dibagi-bagikan oleh sanak keluarga, hingga budget yang dihabiskan untuk mudik ke kampung halaman.

2. Meminimalisir anggaran lebaran

4 Alasan Kenapa Millennials Tak Perlu Baju Baru di LebaranIDN Times/Sukma Shakti

Banyaknya hal yang perlu dipersiapkan menjelang perayaan Idul Fitri juga menjadi salah satu alasan membeli pakaian baru bukan lagi hal yang prioritas. Saat masih kecil, kebiasaan untuk membeli pakaian baru mungkin menjadi hal yang wajib bersama keluarga sembari menunggu berbuka puasa.

Seiring berjalannya waktu, generasi millennials pun menyadari bahwa momen lebaran adalah waktu berkumpulnya dengan keluarga. Budget yang biasanya dikeluarkan untuk merayakan juga bisa diminimalisir dengan memutuskan tidak membeli pakaian baru.

3. Bisa untuk ditabung

4 Alasan Kenapa Millennials Tak Perlu Baju Baru di LebaranIDN Times/Sukma Shakti

Ketimbang membeli pakaian baru yang hanya dipakai satu atau dua kali, alangkah baiknya anggaran tersebut dialokasikan untuk ditabung. Hal tersebut tentu akan lebih bermanfaat, sekaligus melatih diri untuk bisa belajar berhemat dan berbelanja dengan bijak sesuai dengan kebutuhan.

4. Modifikasi baju lebaran lama

4 Alasan Kenapa Millennials Tak Perlu Baju Baru di LebaranUnsplash/Ahmad Azwan Azman

Bagi generasi millennials yang senang berekspresi, kamu juga bisa menyulap pakaian-pakaian lama menjadi tampak baru kembali. Kamu bisa gunakan berbagai aksesoris, mix and match yang sesuai hingga berkreasi pakaian yang sudah ada.

Tampil menarik tidak selalu harus menggunakan barang baru. Sehingga kamu juga bisa tetap menggunakan pakaian lama yang sedikit dimodifikasi agar tampak berbeda dan fresh. Terutama saat menyambut hari Raya Idul Fitri nanti.

Baca juga: 3 Tips Sederhana Agar Ramadan Tetap Membekas

 

 

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya