Begini Pengamanan Capres-Cawapres dari Kepolisian

Setiap pasangan capres-cawapres dikawal 37 personel

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 452 personel kepolisian akan mengawal penuh kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden selama masa Pilpres 2019. Pengamanan tersebut akan dilakukan selama 24 jam melekat kedua pasangan calon.

"Telah dipetakan sebanyak 452 personel yang akan melekat kepada paslon capres-cawapres," ujar Wakapolri Ari Dono Suimanto di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (20/9).

Daftar pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah diumumkan KPU hari ini. Beserta dengan calon legislatif lainnya yaitu DPR RI dan DPD RI. Sementara untuk DPRD ditentukan KPU kabupaten/kota.

1. Masing-masing pasangan capres-cawapres akan dikawal puluhan kepolisian

Begini Pengamanan Capres-Cawapres dari KepolisianANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Setiap pasangan capres nantinya akan dikawal 37 personel keamanan. Mereka semua akan mengawal selama 24 jam penuh. 

"Tiap calon presiden nanti melekat 37 orang personel keamanan. Kami siapkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan kepada para calon selama 24 jam melekat di Jabodetabek," ujar Wakapolri.

Baca Juga: [KATA MILLENNIALS] Polemik Debat Capres Cawapres Gunakan Bahasa Asing

2. Polda di daerah juga turut memberikan pengamanan

Begini Pengamanan Capres-Cawapres dari KepolisianANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sementara, untuk pengamanan yang dilakukan di luar kota, kata Wakapolri, Polda akan melakukan kegiatan mulai dari penjemputan hingga sampai ke lokasi kegiatan paslon capres-cawapres.

3. Personel keamanan terdiri dari satuan yang sudah diseleksi

Begini Pengamanan Capres-Cawapres dari KepolisianIDN Times/Vanny El Rahman

Kepolisian sendiri tidak main-main dalam mempersiapkan pasukan keamanan bagi paslon presiden dan wakil presiden. Pasukan keamanan ini menurut Wakapolri telah melakukan seleksi ketat. 

"Dari Mabes Polri berdasarkan keputusan ini, Mabes Polri telah melaksanakan seleksi pengamanan capres cawapres kurang lebih dua bulan seleksi. Kesehatan fisik juga dilakukan," ujar Ari Dono.

Semoga Pilpres berjalan aman dan damai ya guys.

Baca Juga: KPU Tetapkan Pasangan Capres dan Caleg

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya