Cerita Unik Jalani Ramadan di Prancis

Ternyata supermarket di sana juga ikut menyambut Ramadan, lho!

Jakarta, IDN Times – Menjalani puasa Ramadan di luar negeri memang selalu menarik. Seperti yang dialami Mochamad Wahyu Hidayat, mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di Prancis. Seperti apa keseruannya?

1. Euforia Ramadan di Prancis

Cerita Unik Jalani Ramadan di PrancisIDN Times/ Wahyu Hidayat

Prancis punya acara unik menyambut Ramadan. Sejumlah supermarket di sana, misalnya, memperbanyak makanan halal selama bulan puasa. Makanan halal tersebut ditaruh di rak khusus, sehingga umat muslim bisa dengan mudah memilihnya.

“Menariknya, selama bulan Ramadan, jaringan supermarket itu seolah-olah turut memeriahkan. Produk-produk halal ditempatkan di posisi yang strategis dan dekat kasir. Bahkan beberapa toko daging halal juga lokasinya di sekitaran masjid,” ujar Wahyu kepada IDN Times. 

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Mudik

2. Beri pengertian terhadap nonmuslim

Cerita Unik Jalani Ramadan di PrancisIDN Times/ Wahyu Hidayat

Selama tinggal di Prancis, teman-teman dan para dosen menyadari, sebagai seorang muslim Wahyu tidak mengkonsumsi alkohol dan daging babi. Hal ini pun dipahami betul oleh mereka dengan sikap hormat yang diberikan kepada Wahyu. 

“Sejauh ini, sebelum Ramadan, saya pernah beberapa kali makan siang dan makan malam bersama mereka. Mereka juga sudah tahu kalau saya seorang muslim, tidak minum alkohol dan daging babi. Tidak ada trik khusus sih, yang penting bisa kasih penjelasan yang tepat dan dibicarakan dengan baik-baik,” ucapnya. 

3. Berkumpul dengan mahasiswa lainnya

Cerita Unik Jalani Ramadan di PrancisIDN Times/ Wahyu Hidayat

Momen Ramadan ini juga dimanfaatkan Wahyu untuk berkumpul dengan sesama mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia di kota Nancy. 

“Saya hampir setiap hari buka puasa dan sahur masak sendiri, karena memang saya sedang senang memasak. Akhir pekan lalu juga sempat buka puasa bersama dengan teman-teman dari PPI di kota ini. Lebaran pun nanti akan kumpul lagi,” jelasnya.

Baca juga: 5 Tips Mudik Asyik Menggunakan Mobil Pribadi, Dijamin Gak Jenuh

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya