Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Uno Hanya Mencapai Rp 2 Miliar

Sumber dana kampanye bersumber dari Prabowo dan Sandiaga

Jakarta, IDN Times - Setelah Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) menyerahkan laporan dana awal kampanye. Kini giliran TKN Indonesia Adil Makmur, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang melaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mengenakan kemeja berwarna biru muda, Sandiaga Uno mengantarkan sendiri laporan dana awal kampanye tersebut. Kedatangannya juga ditemani oleh Danhil Anzar Simanjuntak sebagai koordinator juru bicara. 

Dalam keterangan di konferensi pers, Danhil mengatakan dana kampanyenya berasal dari dua tokoh penting republik ini. "Hari ini kami melaporkan dana awal kampanye. Dari mana asalnya? Dari dua tokoh penting (di) republik ini," ujarnya di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (23/9).

Lalu, siapa dua tokoh penting di Indonesia yang menjadi penyumbang dana kampanye paslon nomor urut dua itu?

1. Sumber dana hanya berasal dari dua orang

Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Uno Hanya Mencapai Rp 2 MiliarANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Danhil menyampaikan dana sebesar Rp 2 miliar yang masuk dalam laporan dana awal kampanye berasal dari dua orang penting. Mereka adalah Prabowo Subianto yang menyumbang Rp 1 miliar dan Sandiaga Uno sebesar Rp 1 miliar.

" Bang Sandi audah berkomitmen dan Pak Prabowo juga berkomitmen agar seluruh sumber bisa digunakan untuk kepentingan kampanye. Pendanaan kami dimaksimalkan dari Prabowo dan Bang Sandi. Jadi pasangan ini tidak akan menggadaikan dirinya ke cukong atau yang mengatur pemerintahan. Ini komitmen sejak awal," katanya.

Baca Juga: KPU: Sebarkan Terus Virus Kampanye yang Tertib

2. Sandi tawarkan dua terbososan baru dalam pendanaan kampanye

Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Uno Hanya Mencapai Rp 2 MiliarIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sandiaga Uno di hadapan awak media menjelaskan mengenai dua terobosan baru yang akan diaplikasikannya dalam pendanaan kampanye. Pertama, dengan melakukan pelaporan dana kampanye dalam sebulan sekali.

"Kedua, menghadirkan internal audit sendiri. Yang akan langaung mendapatkan akses dari Prabowo dan Sandiaga jika terdapat potensi kecurangan," ujarnya.

3. Dana kampanye Prabowo - Sandiaga Uno lebih kecil 6 kali lipat dari Jokowi - Ma'ruf Amin

Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Uno Hanya Mencapai Rp 2 MiliarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sandiaga sendiri mengakui bahwa dana kampanye yang dimiliki oleh timnya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kubu paslon nomor urut satu yang mencapai Rp 11 miliar. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun terus berusaha untuk bisa menggalang dana.

"Kami berusaha menggalang dana tapi kami mengutamakan resource kami dulu," katanya.

Baca Juga: Dana Kampanye Tim Jokowi - Ma'ruf Mencapai Rp 11 Miliar

Topik:

Berita Terkini Lainnya