Ini Kronologi 2 Anak Tenggelam di Kali Molenvliet

Seorang anak selamat sedangkan lainnya ditemukan meninggal.

Jakarta, IDN Times - Aiman Faiz, bocah yang tenggelam di Kali Molenvliet, Taman Sari, Jakarta Barat pada Kamis sore (5/7), akhirnya ditemukan oleh tim SAR dalam kondisi meninggal. Faiz, sapaan akrabnya, kala itu sedang bermain bersama temannya Reihan, tepatnya di atas rakit yang ada di kali tersebut.

Menurut Mochammad Adha, salah satu warga yang ikut menyelamatkan dua bocah yang terseret arus kali itu, faktor yang membuat keduanya tenggelam yakni lantaran arus kali yang deras karena pintu air yang terbuka.

Arus di kali itu sendiri biasanya dalam keadaan tenang dan hanya sedalam leher orang dewasa.

"Biasanya tidak deras. Itu karena pintu airnya kemarin dibuka, jadi ada arus. Terus anak-anak yang main di rakit itu terjatuh," ujarnya kepada IDN Times.

1. Adha dan pengemudi ojek online terjun ke kali untuk menolong

Ini Kronologi 2 Anak Tenggelam di Kali MolenvlietIDN Times/Afriani Susanti

Salah satu penolong, Mochammad Adha mengatakan bahwa kala itu berada di taman yang terletak tepat di samping kali, mendengar banyak tukang ojek yang berteriak ada anak yang tenggelam, sisi humanisnya pun keluar dan langsung menolong. Tanpa berpikir panjang, Adha langsung membuka sepatu dan menaruh ponselnya, lalu menceburkan diri ke kali.

"Saya langsung saja mencebur ke kali. Buka sepatu dan menaruh handphone. Kemudian ada juga pengemudi ojek online yang ikut menolong, menyebur ke kali," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (6/7).

2. Korban selamat menyebut-nyebut nama Faiz

Ini Kronologi 2 Anak Tenggelam di Kali MolenvlietIDN Times/Afriani Susanti

Saat korban selamat, Reihan berhasil diangkat dari kali, ia terus-menerus menyebut nama Faiz. Adha pun menanyakan ada apa dengan Faiz.

"Saya tanya, kamu tadi main sama berapa orang? Terus dia jawab, berdua. Berarti masih ada lagi yang belum diangkat dan tenggelam," kata Adha.

3. Tim SAR dan Polisi datang 30 menit setelah kejadian

Ini Kronologi 2 Anak Tenggelam di Kali MolenvlietDok. IDN Times

Adha mengatakan polisi dan tim SAR baru datang 30 menit setelah kejadian. Evakuasi pun segera dilakukan, hingga pada Jumat siang ini jasad Faiz akhirnya ditemukan.

"Kemarin jadi ramai sekali. Polisi dan tim evakuasi baru datang kira-kira 30 menitan," tuturnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya